PENGARUH MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QURAN MUHAMMAD THOHA ALFASYNI BOGOR

Main Article Content

Melita Ayu Neni

Abstract

Salah satu komponen penting untuk dapat hidup ditengah-tengah masyarakat adalah kemampuan untuk mengarahkan emosi secara baik. Kecerdasan emosional memegang peranan penting dalam membantu anak agar dapat mencapai kesuksesan hidup. Sebuah penelitian
mengungkapkan bahwa menghafal Al-Quran berpengaruh terhadap kesehatan psikologis seseorang, termasuk kemampuan mengelola kecerdasan emosionalnya. Berdasarkan hasil penelitian atas perhitungan uji-t yang mempunyai angka kolerasi sebesar 0,884 menyatakan
bahwa variabel menghafal Al-Quran sangat berpengaruh terhadap kecerdasan emosional santri. Sedangkan nilai koefisien determinasi yaitu: (0,884 )2 = 0,78 atau 78%, dengan demikian dapat diketahui bahwa derajat kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 0, 78
atau 78% yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan, sedangkan sisanya 22% disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti faktor intrinsik (dalam diri santri), faktor keluarga, faktor teman, dan faktor lingkungan. Hasil uji hipotesis dengan nilai t hitung 11,052 dan untuk t tabel dengan
df = 34 (n-2) adalah 1,693 karena t hitung (11,052) > t table (1,693) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya memiliki pengaruh yang signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X (menghafal Al-Quran) terhadap variabel Y (kecerdasan emosional santri).

Article Details

Section
Articles