Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Koperasi Pondok Pesantren

Main Article Content

Ulfah Nurul Badriyatul Fitri
M Fatkhurrahman Nur Jamil Latief
Iqbal Bukhori
Ara Hidayat

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen pembiayaan pendidikan berbasis koperasi pondok pesantren (KOPONTEN) di Pondok Modern Darussalam Gontor. Kopontren merupakan usaha mandiri yang memiliki prinsip dari pesantren, oleh pesantren, dan untuk pesantren. Adanya kopontren ini sebagai wujud kemandirian pesantren dalam mengembangkan potensi manajemen pembiayaan pendidikan. Adanya kopontren ini membantu meningkatkan mutu pendidikan di pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kategorisasi data dan penafsiran data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor tidak jauh berbeda dengan manajemen pembiayaan pendidikan pada umumnya. 2) perolehan biaya pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor diperoleh dengan empat sumber dana. Pertama, diperoleh langsung dari sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) yang diambil setiap bulannya. Kedua, diperoleh dari swadaya masyarakat sekitar pondok melalui infaq dan wakaf. Ketiga, melalui pemerintah yaitu dana BOS yang diberikan setiap tahun. Keempat, dari hasil usaha pesantren yaitu melalui Koperasi Pondok Pesantren. 3) hasil usaha Koperasi Pondok Pesantren seluruhnya dikelola oleh Pondok dan dialokasikan untuk kemajuan pendidikan di Pondok.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ulfah Nurul Badriyatul Fitri, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Manajemen Pendidikan Islam

M Fatkhurrahman Nur Jamil Latief, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Iqbal Bukhori, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Ara Hidayat, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Manajemen Pendidikan Islam

References

Amrullah. (2019). Analisis Manajemen Pengelolaan Koperasi Pesantren dalam Mewujudkan Kemandirian Pesantren Ummul Ayman Samalanga. Tadabbur, 1(2), 257–277.

Azizah, S. N. (2014). Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekoproteksi. EKBISI, IX(1), 103–115.
Jenis Koperasi Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia. (2010).

Marsudi, Usman Arief, dan S. Z. (2011). PENGEMBANGAN MANAJEMEN KOPERASI DI PONDOK PESANTREN PERGURUAN ISLAM SALAFIAH KABUPATEN BLITAR. JSH, 4(2), 164–176.

Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan yang Bermutu. JURNAL ANSIRU, 1(2), 119–145.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (2005), 1–39.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Wiyan, N. F. N. A. (2020). Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Masyarakat di MTs Pakis Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. HIJRI, 9(1), 1–19.