Layanan Bimbingan Pra-Nikah di Sekolah: Studi Komparasi Kebutuhan dan Harapan Remaja

Main Article Content

Zaenal Mustaqim
Abas Mansur Tamam
Imas Kania Rahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kebutuhan dan harapan remaja laki-laki dan perempuan akan layanan bimbingan pra-nikah sebelum menuju jenjang pernikahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparasi. Pengumpulan data dilakukan pada 99 mahasiswa Universitas Djuanda. Hasil analisis data menemukan bahwa layanan bimbingan pra-nikah sangat dibutuhkan dan para remaja berharap bimbingan pra-nikah ini dapat dimasukkan kedalam kurikulum dan menjadi layanan khusus pada program BK di sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan termuan bahwa tidak terdapat perbedaan kebutuhan dan harapan remaja laki-laki dan perempuan akan layanan bimbingan pra-nikah sebelum menuju jenjang pernikahan. Hal ini berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai sig. 0,878, dan nilai ini lebih besar dari 0,05 sehingga H0 diterima, dan H1 ditolak. Hal ini dapat dijadikan dasar dalam pengembangan  program layanan BK di sekolah.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Abas Mansur Tamam, UIKA Bogor

Prodi Pendidikan Agama Islam

Imas Kania Rahman, UIKA Bogor

Prodi Pendidikan Agama Islam

References

Abdurakhman, O., Suherman, I., & Fauziah, R. S. P. (2019). Masalah Sosial dan Social Demand dalam Aksesibilitas Pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 3(2), 183-193

Amelia, N. (2020). Layanan Bimbingan Pranikah dalam Meningkatkan Keharmonisan Keluarga di KUA Cileunyi.

Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. Volume 8, Nomor 1, 2020, 41-58.

Guntara, Y. (2020). Optimalisasi Komunikasi dalam Bimbingan Pra- Nikah Di Kantor Urusan Agama.

Prophetica : Scientific and Research Journal of Islamic Communication and Broadcasting. Volume 4 Nomor 2 (2018) 129-144.

Peraturan DIRJEN BIMAS, (2013). Nomor. DJ.II/542. Pedoman Penyelenggaraan Kurus Pra-Nikah.

Nofiyanti, N. (2018). Layanan Bimbingan Pra Nikah dalam Meningkatkan Kematangan Emosional Berkeluarga dalam Prophetic 1(1).

Nurfauziyah, N. (2017). Bimbingan Pranikah bagi Calon Pengantin dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah dalam Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam 5(4).

Sundani, F. L. (2018). Layanan Bimbingan Pra Nikah dalam Membentuk Kesiapan Mental Calon Pengantin.

Suherman, I. (2018). Pengelolaan Program Ulangan Harian Bersama (UHB) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 2(2), 132-143

Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 400/54/III/Bangda perihal pelaksanaan pembinaan gerakan keluarga sakinah.

Undang-Undang nomor 1, tahun 1974 tentang perkawinan.