Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah

Authors

  • R.Siti Pupu Fauziah Universitas Djuanda Bogor
  • Novi Maryani Universitas Djuanda
  • Ratna Wahyu Wulandari Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512

Keywords:

Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah

Abstract

Penguatan pendidikan karakter merupakan program yang signifikan yang harus dterapkan di sekolah. Sekolah sebagai rumah kedua bukan hanya sebagai sarana penyampaian ilmu pengetahuan (transfer knowledge) tetapi juga  penanaman  nilai  karakter  (transfer  of  values), sehingga mampu melahirkan peserta didik yang memiliki akhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi penguatan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Amaliah. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan 1). SD Amaliah telah menerapkan budaya sekolah secara optimal, memiliki prestasi akademik dan non-akademik, serta memiliki program khas penerapan pendidikan karakter, 2) Budaya sekolah di SD Amaliah memiliki peran strategis dalam mengembangkan karakter pada diri peserta didik. Keterbatasan penelitian ini masih belum menyeluruh mendeskripsikan tahapan budaya sekolah di SD Amaliah.  Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu adanya nilai-nilai karakter berbasis Tauhid untuk diimplementasikan dalam budaya sekolah yang menjadi ciri khas SD Amaliah.

Author Biographies

R.Siti Pupu Fauziah, Universitas Djuanda Bogor

Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Novi Maryani, Universitas Djuanda

Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ratna Wahyu Wulandari, Institut Agama Islam Negeri Kediri

Fakultas Tarbiyah

References

Barnawi. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Fauziah, R. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2019). PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 139-154

Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

SISDIKNAS, U.-U. (2013). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Tafsir, A. (2012). Pendidikan Karakter Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triatna, A. K. (2010). Visionary Laedership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Triatna, A. K. (2016). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Fauziah, R. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 91–100. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512
Abstract viewed = 196 times