Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512Keywords:
Pendidikan Karakter, Budaya SekolahAbstract
Penguatan pendidikan karakter merupakan program yang signifikan yang harus dterapkan di sekolah. Sekolah sebagai rumah kedua bukan hanya sebagai sarana penyampaian ilmu pengetahuan (transfer knowledge) tetapi juga penanaman nilai karakter (transfer of values), sehingga mampu melahirkan peserta didik yang memiliki akhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi penguatan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Amaliah. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1). SD Amaliah telah menerapkan budaya sekolah secara optimal, memiliki prestasi akademik dan non-akademik, serta memiliki program khas penerapan pendidikan karakter, 2) Budaya sekolah di SD Amaliah memiliki peran strategis dalam mengembangkan karakter pada diri peserta didik. Keterbatasan penelitian ini masih belum menyeluruh mendeskripsikan tahapan budaya sekolah di SD Amaliah. Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu adanya nilai-nilai karakter berbasis Tauhid untuk diimplementasikan dalam budaya sekolah yang menjadi ciri khas SD Amaliah.References
Barnawi. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Fauziah, R. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2019). PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 139-154
Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
SISDIKNAS, U.-U. (2013). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Tafsir, A. (2012). Pendidikan Karakter Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Triatna, A. K. (2010). Visionary Laedership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Triatna, A. K. (2016). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Fauziah, R. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2019). PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 139-154
Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
SISDIKNAS, U.-U. (2013). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Tafsir, A. (2012). Pendidikan Karakter Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Triatna, A. K. (2010). Visionary Laedership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Triatna, A. K. (2016). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
2021-04-29
How to Cite
Fauziah, R. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 91–100. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work