ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN YANG TERDAPAT DALAM KISAH NABI MUSA A.S DAN NABI KHAIDIR A.S SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (KAJIAN Q.S.AL-KAHFI AYAT 60-82)
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.350Abstract
Kisah-kisah Al-Quran mengandung banyak ibroh (pelajaran) bagi manusia. Salah satu kisah yang menarik yaitu kisah pembelajaran antara Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S yang banyak mengandung pelajaran bagi kita manusia khususnya di bidang pendidikan. Adapaun aspek-aspek pendidikan yang terdapat dalam kisah Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S sebagaimana yang tertera dalam Q.S.Al-Kahfi ayat 60-82 yaitu: 1) motivasi belajar, 2) bepergian dalam menenuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) kewajiban menyampaikan ilmu, 5) kesabaran, 6) kepatuhan, 7) rasa ingin tahu, 8) Kritis, 9) keikhlasan, 10) metode mengajar berupa metode tanya jawab, karyawisata, demonstrasi, ceramah, 11) media pembelajaran berupa perahu, anak kecil dan dinding rumah. Adapun implikasinya terhadap pendidik adalah: 1) keikhlasan, 2) kewajiban menyampaikan ilmu, 3) pemilihan metode, 4) pemilihan media pembelajaran. Sedangkan implikasinya terhadap peserta didik adalah: 1) motivasai belajar, 2) bepergian dalam menuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) rasa ingin tahu, 5) kritis, 6) patuh kepada pendidik, 7) sabar dalam menuntut ilmu.Downloads
Published
2017-03-20
How to Cite
Indra, S. (2017). ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN YANG TERDAPAT DALAM KISAH NABI MUSA A.S DAN NABI KHAIDIR A.S SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (KAJIAN Q.S.AL-KAHFI AYAT 60-82). TADBIR MUWAHHID, 4(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.350
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work