ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN YANG TERDAPAT DALAM KISAH NABI MUSA A.S DAN NABI KHAIDIR A.S SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (KAJIAN Q.S.AL-KAHFI AYAT 60-82)

Authors

  • Sukri Indra LPPM

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.350

Abstract

Kisah-kisah Al-Quran mengandung banyak ibroh (pelajaran) bagi manusia. Salah satu kisah yang menarik yaitu kisah pembelajaran antara Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S yang banyak mengandung pelajaran bagi kita manusia khususnya di bidang pendidikan. Adapaun aspek-aspek pendidikan yang terdapat dalam kisah Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S sebagaimana yang tertera dalam Q.S.Al-Kahfi ayat 60-82 yaitu: 1) motivasi belajar, 2) bepergian dalam menenuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) kewajiban menyampaikan ilmu, 5) kesabaran, 6) kepatuhan, 7) rasa ingin tahu, 8) Kritis, 9) keikhlasan, 10) metode mengajar berupa metode tanya jawab, karyawisata, demonstrasi, ceramah, 11) media pembelajaran berupa perahu, anak kecil dan dinding rumah. Adapun implikasinya terhadap pendidik adalah: 1) keikhlasan, 2) kewajiban menyampaikan ilmu, 3) pemilihan metode, 4) pemilihan media pembelajaran. Sedangkan implikasinya terhadap peserta didik adalah: 1) motivasai belajar, 2) bepergian dalam menuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) rasa ingin tahu, 5) kritis, 6) patuh kepada pendidik, 7) sabar dalam menuntut ilmu.

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Indra, S. (2017). ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN YANG TERDAPAT DALAM KISAH NABI MUSA A.S DAN NABI KHAIDIR A.S SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (KAJIAN Q.S.AL-KAHFI AYAT 60-82). TADBIR MUWAHHID, 4(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.350
Abstract viewed = 410 times