PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341Abstract
Sarana dan prasarana merupakan salah satu penunjang yang penting dalam melakukan proses pembelajaran disekolah. Ketiadaan sarana dan prasarana akan mempersulit kegiatan pembelajaran yang nantinya juga akan mempengaruhi tinggi dan rendahnya hasil belajar siswa. Karena pada dasarnya, bagaimana jalannya proses belajar akan mempengaruhi bagaimana hasil belajar. Penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa di SMK Wikrama Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Wikrama Bogor yang berjumlah 61 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik kuisioner (angket) pada variabel sarana dan prasarana dan teknik dokumentasi pada variabel hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Sarana dan prasarana di SMK Wikrama Bogor berada pada kategori baik dengan perolehan prosentase sebesar 42,26% dan gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer SMK Wikrama Bogor tergolong baik dengan perolehan prosentase sebesar 59,01%. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 40,38 %, sedangkan sisanya sebanyak 59,62 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, seperti motivasi, bakat dan minat, dan lain-lainnya. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh indeks koefisien korelasi sebesar R = 0,63 dengan taraf kesalahan 0,05 di dapat hasil Fhitung> Ftabel yaitu 42,7327 > 3,89. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa adalah positif dan signifikan.Downloads
Published
2017-03-20
How to Cite
Miski, R. (2017). PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. TADBIR MUWAHHID, 4(2). https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work