PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rihatul Miski LPPM

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu penunjang yang penting dalam melakukan proses pembelajaran disekolah. Ketiadaan sarana dan prasarana akan mempersulit kegiatan pembelajaran yang nantinya juga akan mempengaruhi tinggi dan rendahnya hasil belajar siswa. Karena pada dasarnya, bagaimana jalannya proses belajar akan mempengaruhi bagaimana hasil belajar. Penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa di SMK Wikrama Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Wikrama Bogor yang berjumlah 61 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik kuisioner (angket) pada variabel sarana dan prasarana dan teknik dokumentasi pada variabel hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Sarana dan prasarana di SMK Wikrama Bogor berada pada kategori baik dengan perolehan prosentase sebesar 42,26% dan gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer SMK Wikrama Bogor tergolong baik dengan perolehan prosentase sebesar 59,01%. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 40,38 %, sedangkan sisanya sebanyak 59,62 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, seperti motivasi, bakat dan minat, dan lain-lainnya. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh indeks koefisien korelasi sebesar R = 0,63 dengan taraf kesalahan 0,05 di dapat hasil Fhitung> Ftabel yaitu 42,7327 > 3,89. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa adalah positif dan signifikan.

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Miski, R. (2017). PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. TADBIR MUWAHHID, 4(2). https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341
Abstract viewed = 8586 times