PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SDN CIAWI 1 DAN SDN CIAWI 2 BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.338Abstract
Guru merupakan salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan. Untuk menciptakan mutu pendidikan yang baik dibutuhkan kinerja yang baik pula dari guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Kinerja guru merupakan kemampuan yang ditunjukkan dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang dibebankan. Tingkatan kinerja guru dapat diketahui melalui penilaian kinerja guru, yakni evaluasi yang dilakukan secara periodik dan sistematis tentang kerja termasuk potensi pengembangannya. Unsur yang benar-benar dipertimbangkan dalam penilaian kinerja guru adalah kompetensi guru. Sertifikasi guru merupakan uji kompetensi bagi guru yang ingin mendapatkan pengakuan atas profesinya yang telah memenuhi standar kualifikasi dan standar kompetensi. Melalui program sertifikasi guru diharapkan guru di Indonesia dapat meningkatkan kompetensinya dengan memperbaiki mutu kinerja sehingga tercapai mutu pendidikan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel sertifikasi guru (X) terhadap varibel kinerja guru (Y). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode expost facto atau penelitian kausal komparatif dengan pendekatan komparatif, yaitu membandingkan dua kelompok sampel pada satu variabel. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh data mengenai sertifikasi guru yang diprogramkan oleh pemerintah terhadap kinerja guru di SDN Ciawi 1 dan SDN Ciawi 2 Bogor terdapat pengaruh positif dengan perolehan nilai 8,9>2,027 atau t hitung > t tabel dengan taraf signifikansi 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal tersebut menunjukkan pada tingkat kepercayaan 95% terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perolehan guru yang belum mendapatkan sertifikasi dengan guru yang sudah mendapatkan sertifikasi. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa antara variabel X (sertifikasi guru) dan variabel Y (kinerja guru) terdapat pengaruh yang signifikan.Downloads
Published
2017-03-20
How to Cite
Hafidz, S. F. (2017). PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SDN CIAWI 1 DAN SDN CIAWI 2 BOGOR. TADBIR MUWAHHID, 5(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.338
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work