PENDIDIKAN KEPUTRIAN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIMAH YANG TERAMPIL

Authors

  • Siti Kholifah LPPM

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.337

Abstract

Pendidikan keputrian adalah proses mendidik yang dilakukan oleh pendidik dalam perubahan watak, perilaku dan kepribadian seseorang yang berhubungan dengan segala hal kegiatan keputrian, baik masalah remaja putri maupun wanita dewasa. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan diklat di luar jam yang tercantum pada struktur kurikulum. Tujuan pendidikan keputrian dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu untuk menambah bekal dalam kehidupan sehari-hari santri dan mengeksplor bakat yang dimiliki santri, sehingga bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan berkembang dengan baik.
Kepribadian muslimah yaitu pribadi yang senantiasa segala perbuatan dan ucapannya didasarkan kepada Al-Qur’an dan Hadits. Pribadi muslimah dapat terbentuk dari kebiasaan seseorang dalam bersikap sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendidikan keputrian yang berada di dalam kegiatan ekstrakurikuler tata rias dan kegiatan ta’lim dapat membentuk santri putri menjadi pribadi muslimah yang terampil atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu suatu pendekatan untuk mempelajari, menerangkan, atau menginterpretasikan suatu kasus dalam konteksnya secara natural tanpa adanya intervensi pihak luar. Maknanya peneliti mengadakan telaah secara mendalam tentang suatu kasus. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti memperoleh data bahwa pendidikan keputrian yang diadakan pada kegiatan ekstrakurikuler tata rias dan kegiatan ta’lim belum sepenuhnya dapat membentuk kepribadian muslimah di karenakan waktu kegiatan yang hanya sebentar, namun dalam keterampilan para santri sudah terampil dalam berbagai hal.

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Kholifah, S. (2017). PENDIDIKAN KEPUTRIAN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIMAH YANG TERAMPIL. TADBIR MUWAHHID, 5(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.337
Abstract viewed = 3107 times