Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ciawi Kabupaten Bogor

Main Article Content

Puspa Praditia
Berliana Kartakusumah
Hasan Bisri

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Ciawi Kabupaten Bogor untuk meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan   penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tim supervisi dan guru. Temuan hasil penelitian ini pertama, perencanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah SMPN 3 Ciawi Kabupaten. Bogor dibuat satu kali dalam satu tahun pada bulan Oktober. Proses penyusunan perencanaan supervisi akademik dilaksanakan tim supervisi yang dipilih, ditetapkan dipimpin oleh kepala sekolah. Dokumen perencanaan supervisi akademik yang dihasilkan oleh tim supervisi akademik berupa a. lembar penilaian instrumen kegiatan pembelajaran b. daftar pertanyaan pra observasi c. daftar pertanyaan pasca observasi d. format evaluasi hasil supervisi e. daftar pengamatan kunjungan kelas. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah sesuai dengan program supervisi yang telah dibuat dan dilakukan secara bertahap yaitu pra-observasi, observasi, pasca observasi dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Ketiga, tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah diimplementasikan dengan cara memanggil guru yang disupervisi, memberikan hasil nilai supervisi, memberikan saran dan motivasi dengan tujuan meningkatkan kinerja guru. Keempat, peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah dengan memberikan pembinaan, pelatihan, workshop, in house training (IHT), bimbingan teknis (BIMTEK), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan mendatangkan narasumber yang dibutuhkan guru dalam usaha meningkatkan kinerja guru.

Article Details

Section
Articles

References

Karsiyem, & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 206.
Moleong , L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, & Fahriana , A. S. (2018). Supersi Akademik, Konsep, Teori, Perencanaan, Implikasinya. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.
Mulyasa. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rudi Ahmad Suryadi, A. (2018). Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruslan, & Mahfud, M. E. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Tatang. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.