Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ciawi Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.3274Keywords:
Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Supervisi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Ciawi Kabupaten Bogor untuk meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tim supervisi dan guru. Temuan hasil penelitian ini pertama, perencanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah SMPN 3 Ciawi Kabupaten. Bogor dibuat satu kali dalam satu tahun pada bulan Oktober. Proses penyusunan perencanaan supervisi akademik dilaksanakan tim supervisi yang dipilih, ditetapkan dipimpin oleh kepala sekolah. Dokumen perencanaan supervisi akademik yang dihasilkan oleh tim supervisi akademik berupa a. lembar penilaian instrumen kegiatan pembelajaran b. daftar pertanyaan pra observasi c. daftar pertanyaan pasca observasi d. format evaluasi hasil supervisi e. daftar pengamatan kunjungan kelas. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah sesuai dengan program supervisi yang telah dibuat dan dilakukan secara bertahap yaitu pra-observasi, observasi, pasca observasi dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Ketiga, tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah diimplementasikan dengan cara memanggil guru yang disupervisi, memberikan hasil nilai supervisi, memberikan saran dan motivasi dengan tujuan meningkatkan kinerja guru. Keempat, peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah dengan memberikan pembinaan, pelatihan, workshop, in house training (IHT), bimbingan teknis (BIMTEK), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan mendatangkan narasumber yang dibutuhkan guru dalam usaha meningkatkan kinerja guru.References
Karsiyem, & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 206.
Moleong , L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, & Fahriana , A. S. (2018). Supersi Akademik, Konsep, Teori, Perencanaan, Implikasinya. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.
Mulyasa. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rudi Ahmad Suryadi, A. (2018). Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruslan, & Mahfud, M. E. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Tatang. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Moleong , L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, & Fahriana , A. S. (2018). Supersi Akademik, Konsep, Teori, Perencanaan, Implikasinya. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.
Mulyasa. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rudi Ahmad Suryadi, A. (2018). Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruslan, & Mahfud, M. E. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Tatang. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Downloads
Additional Files
Published
2020-10-27
How to Cite
Praditia, P., Kartakusumah, B., & Bisri, H. (2020). Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ciawi Kabupaten Bogor. TADBIR MUWAHHID, 4(2), 183–202. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.3274
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work