Manajemen Pembinaan Santri Melalui Kegiatan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Al-Umm Aswaja Ciawi Bogor

Main Article Content

Ita Herlitasari
Mustolah Maufur
Syukri Indra

Abstract

Pembinaan santri merupakan bimbingan yang diberikan kepada santri dalam upaya meningkatkan kedisiplinan dan keterampilan bakat santri. Oleh sebab itu pelaksanaan dalam manajemen pembinaan santri perlu dirumuskan secara tepat dan benar. Baik dari segi perencanaan pembinaan santri, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pembinaan santri yang telah dilaksanakan melalui kegiatan organisasi pelajar serta dapat membantu Pondok Pesantren dalam mencapai visi dan misi Pesantren.   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen pembinaan santri terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji kredibilitas triangulasi data, teknik dan waktu. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran tentang manajemen pembinaan santri  melalui kegiatan organisasi pelajar di Pondok Pesantren Modern Al-Umm Aswaja Ciawi yang terdiri dari : 1) Perencanaan pembinaan santri dilaksanakan di akhir tahun dalam acara Lpj (Laporan pertanggungjawaban) dan pergantian pengurus organisasi; 2) Pengorganisasian pembinaan santri terdiri dari beberapa personalia yang memiliki tugas pokok dan fungsi berbeda-beda; 3) Pelaksanaan pembinaan santri telah berjalan dengan baik melalui kegiatan Muslimah Queen Award , dibantu dengan adanya jenis pembinaan yang dilaksanakan, diantaranya keteladanan (uswah hasanah), pelatihan dan pembiasaan, mengambil pelajaran (ibrah),  memberi nasihat (Mauidzah), dan memberikan reward dan punishment; 4) Pengawasan pembinaan santri dilaksanakan melalui evaluasi pengurus setiap satu pekan sekali, satu bulan sekali dengan bagian pengasuhan Pondok Pesantren dan  pada akhir tahun guna dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan penyusunan kegiatan pada tahun ajaran selanjutnya

Article Details

Section
Articles

References

Asifuddin, A. J. (2016). Manajemen Pendidikan Untuk Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 1. No.2, 361.
Azmi, A. F., Amir, F. R., & Rusli, R. K. (2016). Manajemen pembinaan santri melalui kegiatan organisasi ISTAR. Ta’dibi ISSN 2442-4994 Volume 5 Nomor 1, April 2016, 45.
Rahmawati. (2014). Metode-metode pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri. Al-Izzah, 158.
Risnawati. (2018). Penerapan Manajemen dalam meningkatkan pembinaan santri di pondok pesantren Guppi Samata. 1.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.
Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP