MODEL MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Main Article Content

Imam Sambas Arifin

Abstract

Konsep manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah pemberian kewenangan dan tanggung jawab dalam pengelolaan sekolah dari pemerintah pusat kepada sekolah. Kewenanag dan tanggung jawab yang diberikan meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan monitoring. SMK Negeri 1 Kota Bogor salah satu lembaga pendidikan negeri yang saat ini sudah menerapkan manajemen berbasis sekolah. Hal ini didasari adanya partisipasi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu sekolah dan untuk mengetahui dampak penerapan model manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu sekolah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Kota Bogor adalah lembaga pendidikan yang bertanggung jawab dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras dalam perubahan teknologi. Dimana Lembaga tersebut memiliki pola manajerial yang baik sesuai dengan konsep manajemen berbasis sekolah. Dibuktikan dengan adanya kelengkapan komponen manajemen sekolah dankonsisten dalam peningkatan mutu sekolah yang dimulai dari perencanaan yang baik, pengorganisasian yang baik, pelaksanaan yang baik, dan kontrol yang baik, serta kepemimpinan yang terbuka dan demokratis. Faktor pendukung diantaranya adalah dari masyarakat, hal ini dengan banyaknya animo masyarakat untuk memasukan putra-putrinya manjadi siswa di lembaga tersebut.

Article Details

Section
Articles