Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh Keluarga dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Spiritual Anak
Keywords:
Pola asuh, Pendidikan Orangtua, Moral SpritualAbstract
Tujuan dari penilitian ini peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan peranan latar belakang Pendidikan orang tua dan pola asuh keluarga dalam meningkatkan perkembangan moral spiritual anak. Penelitian ini dilakukan kepada siswa di MTs Al-Khairiyah Pabuaran–Cilegon.Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis liniear berganda. Penelitian ini melibatkan 38 sampel dari jumlah populasi sebanyak 190.Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menyatakan bahwa latar belakang Pendidikan orang tua memiliki peranan dalam meningkatkan perkambangan moral spiritual anak ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (5.030 > 2.0280), dan pola asuh keluarga memiliki peranan dalam meningkatkanperkembangan moral spiritual anak yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (14.743 > 2.0280) serta antara variable X1 dan X2 tampak bawha r hitung yaitu 0,51 yang kesemuanya itu lebih besar dari r tabel 0,329 sehingga dapat disimpulkan bahwa latar belakang pendidikan orang tua dan pola asuh keluarga memiliki peranan dalam meningkatkan perkembangan moral spiritual anak.
References
Dan, S., & Fundus, T. (2011). Bidan Prada : Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 2 No. 1 Edisi Juni 2011 21. 2(1), 21–34.
Daradjat, Z. (2005). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. CV. Ruhama.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.
Edwards. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan bagi Para oRang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Kaifa.
Gunarsa, Ny. Y. Singgih D. dan Gunarsa, S. D. (2007). Psikologi Remaja (Cet.16). Gunung Mulia.
Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.
John W. Santrock. Alih bahasa: Mila Rachmawati, A. K. (2008). Perkembangan Anak Jilid I. Erlangga.
Kartono, K. (2005). Psikologi Anak. Mandar Maju.
Laboratorium, T. (2012). Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Jurusan STAIN Tulungagung.
Soemanto, W. (2000). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Alfabeta.
Suherman. (2000). Buku Saku Perkembangan Anak. EGC.
Thoha, C. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar Offset.
Tirtarahardja, Umar, dan S. L. L. S. (2005). Pengantar Pendidikan. Rieneka Cipta.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work