Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Berbasis Pendekatan Kolaboratif Dan Kekeluargaan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.2879Keywords:
academic supervision, collaborative, friendship, teacher performanceAbstract
Abstrak: Supervisi akademik seharusnya menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar. Namun pelaksanaannya terkadang menjadi menegangkan bahkan menakutkan sehingga tujuan supervisi akademik itu sendiri tidak tercapai. Dibutuhkan sebuah pendekatan yang lebih diterima oleh guru seperti pendekatan kolaboratif dan kekeluargaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil yang diperoleh dari supervisi akademik kepala madrasah dengan pendekatan kolaboratif dan kekeluargaan dalam peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan pelaksanaan supervisi akademik dilakukan melalui pendekatan kolaboratif dengan cara mendekati orang yang akan di supervisi sebagai bentuk upaya dalam memahami orang yang disupervisi agar terjalin hubungan yang baik antara keduanya. Adapun pendekatan kekeluargaan dilakukan oleh kepala madrasah dengan cara membina dan mengayomi guru dalam melakukan proses pelaksanaan supervisi, sehingga terciptanya suasana kerja yang nyaman. Kedua pendekatan tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan suasana tegang, bahkan bisa memunculkan suasana keakraban dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah.
References
Ahmadi, Ali. 2019. “Wawancara Wakil Kepala Bidang Kurikulum.” Kudus.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Barnawi, and Arifin Mohammad. 2014. Instrumen Pembinaan, Peningkatan, & Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Daryanto, and Tutik Rachamawti. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2005. “Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Jakarta: Depdiknas.
———. 2007. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.” Jakarta: Depdiknas.
Erfy Melany Lalupanda. 2019. “Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7 (September): 62–72.
Fathoni, Abdurrahmad. 2006. Metodelogi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skipsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno, and Andi. 2004. Metode Riset. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Herabudin. 2013. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
J Moleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Juni Priansa, Donni, and Sonny Suntani Setiana. 2018. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan,. Bandung: Pustaka Setia.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. 10th ed. Yogyakarta: PT. Andi.
Made Subawa, I, Anak Agung Gede Agung, and I Made Yudana. 2015. “Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Dan Motivasi Berprestasi, Terhadap Kinerja Guru PNS Pada SMP Negeri Di Kecamatan Gerokgak.” E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan 6 (1): 2–3.
Maemanah. 2019. “Wawancara Guru Senior Mata Pelajaran SKI.” Kudus.
Munthoharoh. 2019. “Wawancara Guru Bahasa Indonesia.” Kudus.
Nihayatie, Naf’in. 2019. “Wawancara Kepala MTs NU Wahid Hasyim Salafiah.” Kudus.
Nusa, Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Republika. 2019. “Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia.” Republika, November 15, 2019.
Sagala, Saiful. 2012. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana Ibrahim, Nana. 2001. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Syarif, H Abdullah. 2018. “Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pendidik Dalam Dunia Pendidikan.” Al - Ishlah: Jurnal Pendidikan 10 (1): 79–88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work