Bank Mini Sekolah Dalam Tatanan Manajemen Lembaga Pendidikan

Authors

  • Ratna Dewi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Riyanton Riyanton Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Iqbal Bukhori Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.2779

Keywords:

Bank Mini, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Abstrak: Pengelolaan dana memberikan kontribusi terhadap keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Manajemen berbasis sekolah menekankan bahwa lembaga pendidikan diperbolehkan melakukan swakelola keuangan dengan mengacu pada standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Karena itu sejumlah lembaga pendidikan melakukan pengembangan dalam pengelolaan tata administrasi keuangan. Salah satu bentuk upaya pengembangan tersebut adalah dengan mendirikan Bank Mini Sekolah. Penelitian ini adalah penelitian desktriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus Bank Mini Sekolah pada Lembaga Pendidikan Daarul Uluum Majalengka, Jawa Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Bank Mini Sekolah dapat difungsikan sebagai: (1) laboratorium perbankan, (2) fasilitas penyetoran dana pendidikan yang bersumber dari masyarakat, (3) fasilitas peningkatan kesejahteraan guru dan warga sekolah. Dana yang terkumpul pada Bank Mini Sekolah dapat digunakan sebagai dana talang untuk mengatasi permasalahan aktifitas manajerial lembaga pendidikan dengan mengacu pada aturan tata kelola yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Dewi, R., Riyanton, R., & Bukhori, I. (2020). Bank Mini Sekolah Dalam Tatanan Manajemen Lembaga Pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 4(2), 99–115. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.2779
Abstract viewed = 175 times