Efektifitas Model Kurikulum Rekonstruksi Sosial Berkarakter Agama Dalam Mencegah Penyimpangan Perilaku Seksual Remaja
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.2552Keywords:
Kurikulum, Rekonstruksi, Karakter, Agama, RemajaAbstract
Kondisi Indonesia dalam keadaan darurat penyimpangan perilaku seksual remaja saat ini. Hal ini akan meningkat terus pada masa mendatang, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, kita harus memiliki perhatian terhadap masalah ini. Sebab, akan berdampak buruk pada kualitas masa depan bangsa. Solusi untuk mencegahnya melalui pendidikan. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui, menganalisis dan mengembangkan kurikulum rekonstruksi sosial berkarakter agama dalam mencegah penyimpangan perilaku seksual remaja. Metode penelitiannya adalah penelitian terapan lapangan dengan lokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, angket, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa kurikulum rekonstruksi sosial berkarakter agama adalah efektif dalam mencegah penyimpangan perilaku seksual remaja. Pada aspek kognitif (nilai Fo = 1,318 dan sig. = 0,225 < 0,05), remaja mampu berpikir positif, sehat dan lurus. Aspek apektif (nilai Fo = 1,578 dan sig. = 0,197 < 0,05), mampu menilai antara perilaku seksual yang benar dan salah. Aspek psikomotorik (nilai Fo = 0,980 dan sig.= 0,404 > 0,05), mampu mewujudkan perilaku seksual remaja yang benar dan mencegah dari yang menyimpang. Maka fungsi sosial agama Islam memberikan solusi untuk mengoreksi, memperbaiki, dan mengarahkan perilaku manusia, sehingga terjadi harmonisasi kehidupan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.References
Daradjat, Zakiah, (1988), Kesehatan Mental, (Gunung Agung: Jakarta).
Elizabeth k. Notingham, (1985), Agama dan Masyarakat, , Suatu Pengantar Sosiologi Agama, (C.V. Rajawali : Jakarta)
E, ottingham. (1990). Agama dan Masyarakat: Suatu Pengarntar Sosiologi Agama. Jakarta: Rajawali.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Hasibuan, Lias, (2019) Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Cet, I, (Gaung Persada : Jakarta).
Halim, A. (2016). Asas-asas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural. Nidhomul Haq, 1(2).
Hasibuan, Lias. 2010. Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada (GP Press).
Hurlock, E.B.(1991), Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Penerjemah: Istiwidayanti dan Soedjarwo, Jakarta : Penerbit Erlangga : Jakarta).
Maclver, R.M. dan Page, Charles H., Society, an Introductory Analysis, (Mac Millan 2 Co Ltd,).
Mongks, F. J. , Knoers, A. M. P. , & Haditono, S. R,.(2000), Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya, (Gadjah Mada University Press : Yogyakarta).
Ridwan Lubis, M., (2010), Agama dalam Perbincangan Sosiologi, (Bandung , Citapustaka : Bandung).
Tanjung, Hasan Basri, Edukasi Islami ( Dalam Jurnal Pendidikan Islam), (STAI Al Hidayah, Bogor, 2015), Vol.04,No.08 Juli 2015.
Elizabeth k. Notingham, (1985), Agama dan Masyarakat, , Suatu Pengantar Sosiologi Agama, (C.V. Rajawali : Jakarta)
E, ottingham. (1990). Agama dan Masyarakat: Suatu Pengarntar Sosiologi Agama. Jakarta: Rajawali.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Hasibuan, Lias, (2019) Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Cet, I, (Gaung Persada : Jakarta).
Halim, A. (2016). Asas-asas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural. Nidhomul Haq, 1(2).
Hasibuan, Lias. 2010. Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada (GP Press).
Hurlock, E.B.(1991), Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Penerjemah: Istiwidayanti dan Soedjarwo, Jakarta : Penerbit Erlangga : Jakarta).
Maclver, R.M. dan Page, Charles H., Society, an Introductory Analysis, (Mac Millan 2 Co Ltd,).
Mongks, F. J. , Knoers, A. M. P. , & Haditono, S. R,.(2000), Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya, (Gadjah Mada University Press : Yogyakarta).
Ridwan Lubis, M., (2010), Agama dalam Perbincangan Sosiologi, (Bandung , Citapustaka : Bandung).
Tanjung, Hasan Basri, Edukasi Islami ( Dalam Jurnal Pendidikan Islam), (STAI Al Hidayah, Bogor, 2015), Vol.04,No.08 Juli 2015.
Downloads
Published
2021-04-27
How to Cite
Mahrudin, A., Ilyas, A., & Humaira, M. A. (2021). Efektifitas Model Kurikulum Rekonstruksi Sosial Berkarakter Agama Dalam Mencegah Penyimpangan Perilaku Seksual Remaja. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 27–46. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.2552
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work