PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA IPB MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR

Authors

  • siti muhani IPB
  • Lukman Mohammad Baga IPB
  • Yunus triyonggo IPB

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v3i2.1869

Keywords:

kewirausahaan, kecerdasan spiritual, metode regresi linear

Abstract

Pengangguran menjadi salah satu masalah negara Indonesia. Salah satu solusi untuk mengurangi pengangguran adalah dengan meningkatkan jumlah wirausaha. Wirausaha baru akan membuka lapangan pekerjaan. Institut Pertanian Bogor adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indoneisa memiliki tanggung jawab untuk mencetak para wirausaha. Berwirausaha bukanlah perkara yang mudah oleh karena itu dibutuhkan mental yang kuat dalam menjalani wirausaha. Kecerdasan spiritual menjadi kunci dalam membentuk  mental seseorang.  Orang-orang yang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi akan mampu mengambil hikmah dalam kehidupannya. Kecerdasan spiritual menurut Bowell adalah kecerdasan yang mampu mengarahkan kehidupan menjadi lebih berharga. Orang-orang yang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi akan mampu menghadapi kehidupan dengan lebih tenang dalam kondisi apapun. Kecerdasan spiritual tersebut akan berdampak positif terhadap kegiatan berwirausaha seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap minat berwirausaha mahasiswa S1 IPB menggunakan metode regresi linear.

References

Amram JY. 2009. THE CONTRIBUTION OF EMOTIONAL AND SPIRITUAL INTELLIGENCES TO EFFECTIVE BUSINESS LEADERSHIP. Palo Alto: Institute of Transpersonal Psychology.
Adnyana, IGL., Purnami, NM. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Locus of Control pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 2, 2016: 1160-1188.
Bowell RA. 2004. The Seven Steps of Spiritual Intelligence: The Practical Pursuit of Purpose, Success and Happiness. London (ENG): Nicholas Brealey Publishing.
Buzan T. 2001. The Power of Spiritual Intelligence: 10 Ways to Tap Into Your Spiritual Genius. New York(USA): Buzan Group.
Caird, Sally (2013). General measure of Enterprising Tendency test. www.get2test.net.
Draper, Brian. 2013. Spiritual Intelligence: A new Way of Being. Englang: Lion Books.
Dusak IKAF. 2016. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Parental, dan Locus of Control terhadap Niat Berwirausaha.[tesis]. Denpasar(ID): Universitas Udayana.
Hamzah, BU. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta(ID): Bumi Aksara.
Ismail, MZ. 2010. Developing Entrepreneurship Education: Empirical Findings from Malaysian Polytechnics. Kingston[ENG]: University of Hull
Marimin, 2004. Teknik dan Aplikasi: Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo. Jakarta
Schuller, Peter A. 2005. Spiritual Intelligence. New York(USA): Author House.
Senduk, FFW. 2016. Pengaruh Sikap, Locus of Control, dan Kreativitas terhadap Entrepreneurial Tendency. [tesis]. Ambon: Universitas Pattimura Ambon.
Shaleh AR, Wahab MA. 2004. Psikologi Suatu Penghantar dalam Perspektif Islam. Jakarta(ID): Prenada Media.
Syahmuharnis, Sidharta H. 2006. Transcendental Quotient Kecerdasan Diri Terbaik: Rahasia Menjadi Manusia Unggul dan Berakhlak Mulia. Jakarta(ID): Republika.
Tridhonato Al. 2012. Meraih Sukses dengan Kecerdasan Emosional: Panduan bagi Orang Tua untuk Mendorong Perkembangan Kecerdasan Emosional (EQ) Anak. Jakarta(ID): Elex Media Komputindo.
Yaumidan M, Ibrahim N. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelliences). Jakarta(ID): Kencana Prenadamedia Group.
Zohar D, Marshall I. 2000. Spiritual Intelligence: The Ultimate Intelligence SQ. London(ENG): Bloomsburry Publishing.

Downloads

Published

2019-10-29

How to Cite

muhani, siti, Mohammad Baga, L., & triyonggo, Y. (2019). PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA IPB MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR. TADBIR MUWAHHID, 3(2), 119–132. https://doi.org/10.30997/jtm.v3i2.1869
Abstract viewed = 354 times