KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK

Main Article Content

Zaimatun Nisa
Omon Abdurakhman
La Ode Amril

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap self-efficacy peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat hubungan fungsional untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh vaiabel bebas yaitu variabel kedisiplinan belajar terhadap variabel terikat yaitu variabel self-efficacy. Sample pada penelitian ini 81 peserta didik dari 115 peserta didik yang ditentukan dengan meggunakan perhitungan rumus Slovin. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan korelasi antara kedisiplinan belajar peserta didik (X) dengan self-efficacy peserta didik (Y) diperoleh nilai sebesar rhitung = 0.668 dan rtabel untuk 81 adalah 0.216 pada taraf signifikan 5% dengan demikian rhitung > rtabel (0.668 > 0.216) maka H0 ditolak yang artinya terdapat korelasi yang signifikan antara kedisiplinan belajar peserta didik terhadap self-efficacy peserta didik. Signifikansi persamaan regresi dengan hasil nilai Fhitung = 63.535 dan Ftabel dengan dfreg = 1 dfres = 79 adalah 3.96 pada taraf 5% maka Fhitung > Ftabel dengan demikian H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap self-efficacy peserta didik. Hasil koefisien determinasi R2 = 0.446 yang menunjukan adanya 44.6% kedisiplinan belajar peserta didik mempengaruhi self-efficacy peserta didik, sisanya 55,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dianalisa pada penelitian ini.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bandura, A. (1994). Self-efficacy in V.s Racmadhauran (Ed) encylopedia of Human Behaviour. New York: Academi Press. (Repainted in H. Friedman [Ed]
Encylopedia of Mental Healt, San Diego: Academic Press.1998).
Munawaoh, S. (2017). Hubungan Minat dan Effikasi Diri dengan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negri Sekecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negri Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (MIxed Menthod). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi. (2014). Aplikasi Statistik dam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Change Publication.