PENGELOLAAN PROGRAM ULANGAN HARIAN BERSAMA (UHB) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Main Article Content

Irman Suherman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari program Ulangan Harian Bersama (UHB) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari angket dan dokumen, lalu dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk melihat tingkat pengaruh program UHB terhadap motivasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Bogor yang digambarkan dengan sikap siswa dalam belajar berupa kesiapan siswa dalam belajar, keaktifan siswa dalam belajar, rasa senang saat belajar, pemusatan perhatian, daya serap materi dan kesiapan siswa dalam mengerjakan tugassudah baik. Sedangkan koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square 0,002 atau 0,2%, bermakna niali UHB sebagai bentuk hasil dari program UHB tidak sama sekali memberikan dampak pada peningkatan motivasi belajar siswa dengan melihat sangat rendahnya pengaruh tersebu yaitu hanya 0,2% saja. Sehingga dapat dikatakan 99,8% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.Sedangkan persamaan regresi Y atas X, adalah Ŷ = 71,280+ 0,028X. Dengan persamaan regresi tersebut dapat diinterprestasikan bahwa jika variabel Nilai UHB (X) dengan Motivasi Belajar Siswa (Y) diukur dengan instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini, maka setiap perubahan skor UHB sebesar satu pada satuan dapat diestimasikan skor Motivasi Belajar Siswa akan berubah sebesar  0,028 satuan pada arah yang sama.Program Ulangan Harian Bersama (UHB) yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 4 Kota Bogor sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, pada penelitian ini menunjukkan hasil yang kurang baik dimana pemberian nilai sebagai hasil dari program ulangan harian tidak cukup untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran.Hasil analisis data menunjukkan bahwa betapa rendahnya pengaruh nilai dalam ulangan harian tersebut terhadap motivasi belajar siswa yaitu hanya sebesar 0,02%.Bagi peneliti selanjutnya tentang motivasi belajar siswa, disarankan untuk meneliti faktor yang lebih luas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa tidak hanya terbatas pada pemberian ulangan harian dan nilai saja. Sehingga penelitian yang dihasilkan akan memberikan informasi yang lengkap dan dapat dijadikan pegangan bagi para guru guna memperbaiki pembelajran.

Kata kunci: motivasi belajar siswa, program ulangan harian bersama (UHB).


MANAGEMENT OF DAILY JOINT TEST (UHB) PROGRAM AS EFFORTS TO IMPROVE STUDENT LEARNING MOTIVATION

Abstract

This research aims to see the impact of the daily joint test (UHB) program on increasing students’ learning motivation. The data used in this research were gathered from questionnaires and documents, and were analyzed by using simple linear regression to see the level of influence of the UHB program on students’ learning motivation. The research focused on the students of SMA Negeri 4 in Bogor City. The learning motivation was illustrated by the students' attitudes in learning, readiness in learning, activeness in learning, and joy in learning, along with their concentration and material absorption. The coefficient of determination shows that the value of R Square 0.002 or 0.2%, meaning the value of the UHB program as a form of impact on improving student learning motivation is very low. It can be said that 99.8% of students' learning motivation is influenced by other factors. The regression equation Y over X is Ŷ = 71,280 + 0,028X. With the regression equation, one can see that the UHB (X) Value variable with Student Learning Motivation (Y). When measured by the instrument developed in this study, a change in UHB score of one unit can be estimated to change Student Learning Motivation scores by 0.028 units in the same direction. This study shows, that the daily joint test (UHB) program, carried out by SMA Negeri 4 Bogor, in an effort to improve students’ learning motivation, demonstrated unfavorable results. Giving scores as a result of a daily review program was not enough to motivate students in learning. The results of the data analysis showed a low influence of the daily testing on students’ learning motivation. In further research on students’ learning motivation, it is suggested to examine broader factors regarding the influence on students’ motivation to increase learning not only limited to giving daily tests and grades. This further research is needed to provide complete information that can be used as a guide for teachers to improve learning.

Article Details

Section
Articles

References

A.M, Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Akdon, & Hadi, S. (2005). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.

Arifin, Z. (1988). Evaluasi Intruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, S. (2002). Teori Motivasi dalam Pendekatan Psikologi, Industri dan Organisasi. Jakarta: Syuda Press.

Depdiknas. (2008). KBBI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2011). Guru Profesionalisme. Jakarta: Rajawali Pres.

Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon, H. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rasyid, H., & Mansur. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2011). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sadirman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo.

Sandjaja, B., & Hariyanto, A. (2012). Panduan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.