Kinerja Pengawas Madrasah Dalam Perencanaan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Pendidikan

Authors

  • Husnul Faizin UIN Mataram
  • Ahyar UIN Mataram
  • Abdul Malik UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.13190

Keywords:

Kinerja Pengawas Madrasah, Perencanaanpenjaminan mutu, Pendidikan Madrasah

Abstract

Pengawas madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan menjadi aspek kunci yang dieksplorasi, dengan penekanan pada strategi pengawasan yang efektif dan pendekatan pembinaan yang berorientasi pada solusi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama dalam implementasi kebijakan pendidikan, mengukur kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan, dan mengeksplorasi peran pengawas madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan mengikuti pola berfikir induktif terhadap peristiwa lapangan, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pendekatan analisis interaktif, mengacu pada model yang meliputi empat alur kegiatan secara bersamaan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program pengawasan madrasah ibtidaiyah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara melibatkan penyusunan program tahunan, semester, serta rencana pengawasan akademik dan manajerial. Ini mencakup berbagai kegiatan seperti pembinaan guru, pemantauan SNP, penilaian kinerja, dan perencanaan pelatihan professional.  Program disusun secara mandiri dan kelompok di tingkat Pokjawas Kabupaten Lombok Utara, dengan perencanaan dilakukan pada awal tahun.  Pelaksanaan program pengawasan di madrasah ibtidaiyah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara melaksanakan bimbingan, pelatihan guru dan kepala madrasah juga dilakukan melalui kegiatan kolektif dalam forum KKG dan KKM

References

Alawiyah, F. 2014 “Pendidikan Madrasah Di Indonesia,” Jurnal Aspirasi Vol. 5 No. 1, (2014).

Alfiani A. 2016. Metodologi Peneltian Pendidikan. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Anwar, S. 2015. Manajemen Pendidikan. Malang: Winekamedia.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asha, Lukman. 2020. Manajemen Pendidikan Madrasah: Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah Dari Masa Ke Masa. Bantul DIY: Azyan Mitra Media.

Awwaliyah, N. “Madrasah Sebagai Sistem Sosial Perspektif Talcott Parsons,” Rabbani, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 2, No. 1 (2021), http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/rabbani.

Ba’yaqub, Rusdi. 2013. Madrasah Dalam Lintas Sejarah Sistem Pendidikan Nasional. Jember: IAIN Jember Press.

Citriadin, Yudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Suatu Pendekatan Dasar. Mataram: Sanabil.

Dirjen Pendis Nomor 4446 Tahun 2020 Tentang Juknis Asesmen Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah.

Dirjen Pendis Nomor 6934 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah.

Djam’an Satori. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Fathurrohman, Muhammad. 2018 “Quality dalam Perspektif Islam”, Alwijdan: Journal of Education Studies. Vol. 3 No. 2 (2018).

Fitri, AZ. 2022. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Filosofis dan Aplikatif-Best Practice. Malang: Madani.

Hadi. 1986. Metode Research. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hadijaya, Yusuf. 2012. Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Hadis A, & Nurhayati. 2014. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: alfabeta.

Hakim, L. dan Mukhtar. 2018. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Jambi: Penerbit Timur Laut Aksara.

Hasan, T. 2012. Kinerja Pengawas Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Pada MAN Janarata Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Pencerahan.

Hendriyani. 2021. Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kepahiang.

Ikhfan Haris, Fory A. Naway, Wiwy Triyanty Pulukadang. 2018. Manajemen Kepengawasan Fungsional Pendidikan. Gorontalo: UNG Press.

Kamaroellah, RA. 2014. Manajemen Kinerja (Konsep, Desain, Implementasi dan Penilaian Kinerja. Surabaya: Pustaka Radja.

Kemendikbud RI. 2015. Buku Kerja Pengawas Sekolah.

Kemendikbud RI. 2016. Permendikbud RI No. 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Agama RI. 2014. Al-Qur’anulkarim dan Terjemahannya. Jakarta Selatan: PT. Pantja Cemerlang.

Kementerian Agama RI. 2012. PMA Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah.

Kementerian Agama RI. 2013. PMA No. 31 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas PMA No. 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah.

Kementerian Agama RI. 2013. PMA Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.

Kementerian Agama RI. 2014. Keputusan Dirjen Pendis Nomor 6934 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah.

Kementerian agama RI. 2020. PMA Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024.

Kepmendikbud RI Nomor 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Koentjaraningrat. 2010. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Lathifah, Z. K., Maryani, N., & Vebriyanti, M. M. (2023). The Identification Of Library Management Procedure In The School With C Accreditation Status. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 157-167.

Lexy J. Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Makawimbang, Jerry H. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung: Alfabeta.

Masykur, MR. 2018. “Sejarah Perkembangan Madrasah Di Indonesia,” Jurnal Al-Makrifat Vol 3, No. 2 (2018).

Mendikbud RI. 2016. Permendikbud RI No. 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mendikbud RI. 2020. Kepmendikbud RI Nomor 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah

Mendikbud RI. 2021. Peraturan Pemerintah RI Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Mendiknas RI. 2003. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. 2014. Qualitatuve Data Analysis A Methode Source Book. Third Edition. California: SAGE Publication, Inc.

Muhammad Idrus. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dak Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Nasution. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nugrahaeni Setyowati. 2016. Kinerja pengawas dalam pelaksanaan supervisi pada peningkatan mutu pendidikan agama Islam tingkat sekolah menengah pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta Semarang.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permen PAN & RB Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya

Permendikbud Nomor 143 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah Dan Angka Kreditnya

Permendikbud RI No. 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prayoga, A., Widad, A. L., Marliana, E., Mukarromah, I. S., & Ruswandi, U. 2019. “Implementasi Penjaminan Mutu Madrasah”. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Rahadi, Dedi Rianto. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Raharjo, SB., dkk., 2019. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Puslitjakdikbud.

Ridwan Abdullah Sani, dkk. 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Apriliani, R. ., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Penanaman Pendidikan Karakter dan Nilai-Nilai Budaya di SD Muslim Suksa Thailand. Karimah Tauhid, 3(4), 4018–4031. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12631

Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Setyowati, Nugrahaeini. 2016. Tesis “Kinerja Pengawas Dalam Pelaksanaan Supervisi Pada Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Sukoharjo”, IAIN Surakarta.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Shulhan, Muwahid. 2012. Supervisi pendidikan (Teori dan Praktik Dalam Pengembangan SDM Guru. Surabaya: Penerbit Acima Publishing.

Sidiq, Umar. 2018. Manajemen Madrasah. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukatin. 2021. Administrasi Pendidikan. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Sulastri, T. “Fungsi Madrasah dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Islam,” Jurnal Qathrunâ Vol. 3 No. 2 (2016).

Susetyo, Budi, and Cut N. Ummu Athiyah. 2021. "Peta mutu pendidikan madrasah berdasarkan akreditasi quality of madrasah education based on accreditation."

Tampubolon, Hotner. 2017. Penilaian kinerja manajemen sumber daya manusia pada lembaga pendidikan tinggi. Jakarta: Pustaka Kemang.

Taufikurrahman. 2018. Kinerja Pengawas Dalam Melaksanakan Supervisi Pendidikan Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin.

Tsauri, Sofyan. 2014. Manajemen Kinerja (Performance Management). Jember: STAIN Jember Press.

Umar, Yusuf. 2016. Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung: PT. Refika Aditama.

UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widagdo, Suwignyo, dkk. 2020. Penilaian Kinerja, Budaya Kerja & Kepemimpinan: Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru. Jember: Mandala Press.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Faizin, H., Ahyar, & Malik, A. . (2024). Kinerja Pengawas Madrasah Dalam Perencanaan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 8(1), 157–170. https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.13190
Abstract viewed = 2 times