Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Kinerja Guru Madrasah

Authors

  • Ahmad Turmuzi UIN Mataram
  • Yudin Citriadin UIN Mataram
  • Al Kusaeri UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12975

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru, Madrasah

Abstract

Kepemimpinan transformasional dipandang sebagai faktor kunci dalam mempengaruhi kinerja guru, karena kepala sekolah berperan penting dalam mengarahkan, menginspirasi, dan membimbing guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis regresi berganda dan uji hipotesis untuk menentukan keberadaan dan signifikansi hubungan antara variabel independen (kepemimpinan transformasional) dan variabel dependen (kinerja guru). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lombok Barat. Nilai koefisien korelasi antara variabel kepemimpinan transformasional (X1) dan kinerja guru (Y) sebesar 3.190, yang secara statistik signifikan karena melebihi nilai t-tabel (1.66) pada tingkat signifikansi 0.05. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kontribusi kepemimpinan transformasional, semakin tinggi pula kinerja guru di madrasah tersebut.

References

Agustin, A., Arafat, Y., & Rosani, M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2129

Agustina Muliati. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru yang Dimoderasi oleh Iklim Sekolah di MTSN 1 Medan. Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.57251/ie.v2i1.368

Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53

Al Hairi, M. R., & Syahrani, S. Budaya Organisasi dan Dampaknya Terhadap Lembaga Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 2021. 79-87.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Avolio, B.J., Bass, B.M. and Jung, D.I, 1999, “Re-examining the components of transformasional and transactional leadership using the multifactor leadership questionnaire”, Journal of Occupational and Organizational Psychology, Vol. 60 No. 1, pp. 421-449.

Ayu Puspitas Sari, Syarwani Ahmad, & Helmi Harris. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jambura Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i2.642

Badri, B. (2020). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kopetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo). At-Turost : Journal of Islamic Studies, 6(2). https://doi.org/10.52491/at.v6i2.44

Baird, L. 1986. Management Performance. Toronto: John Wiley and Sons, Inc.

Bedein, A.G. & Glueck, W.F. 2013. Management. Chicago: The Dryden Press

Bernadin, H.J. & Russell, J.E.A. 1995 dalam Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset

Bowditch, J.L. & Buono, A.F. 2007. Organization Behavior. New York: John Wiley & Sons, Inc

Calcio, W.F. 2002. Managing Human Resources Productivity. Singapore: McGraw Hill Book Co.

Daheri, M., & Fransiska, J. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dan Kinerja guru terhadap Mutu Madrasah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.707

Desih, Maufur, M., Mudhiyati, I., Ghafur, A. A., & Indra, S. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Di SDN Argapura 02. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(1), 12–27.

De Roehe, E.F. 1997. An Administrator’s Guide for Evaluating Programs and Personel: An Effective School Approach. Boston: Allyn and Bacon

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Dharma, S. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK

Enriko, F. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pembangunan Nagari, 3(2). https://doi.org/10.30559/jpn.v3i2.102

Erowati, H. (2023). Peran Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1314

Farwitawati, R., Fithrie, S., & Masirun, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Daya Saing, 8(3). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i3.1021

Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Handoko, T.H dan Tjiptono, F. 1996, “Kepemimpinan Transformasional Dan Pemberdayaan”, dalam Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, September 1996, hal. 23–33

Haryono Siswono. 2015. Intisari Teori Kepemimpinan.,(Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama.

Indra Jaya, 2010. Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Ismail, Pengaruh budaya organisasi terhadap kepemimpinan dan kinerja karyawan Pemerintah Kabupaten-Kabupaten di Madura. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 12 (2018), 18-36.

Jusmin, A. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Adminitrasi Perhubungan Jayapura. Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1 (1), 13-27.

Kane, J.S. 1986. Performance Distribution Assessment, dalam Berk RA. Performance Assessment. Baltimore: The John Hopkins University Pers.

Kay, A., Reagan, T.G. & Case, C.W. 2009. Guru Profesional, Penyiapan dan Pembimbingan Praktisi Pemikir. Jakarta: Indeks

Koontz, O’Donnell dan Weihrich. 1986. Intisari Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, B., Mitrani, A., Pakar, D. 2005. Competency Based Human Resource Management, Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi, Terjemahan: Dadi Pakar. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Kurniawati, N. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1395

Lembaga Administrasi Negara RI. 1993. Kinerja Aparatur Negara. Jakarta: LAN

Lustriningsih, L. (2021). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.202

Luthans, F. 2002. Organizational Behavior. Singapore:McGraw-Hill Book

Maister, D.H. 2008. True Profesionalism, Profesionalisme Sejati, terjemahan Bern. Hidayat. Jakarta: Gramedia

Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5645

Mei Hardika, Lany Wijaya Ningsih, Mozes Kurniawan, “Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasioanla Dalam Manajemen PAUD di Kec. Sidorejo Salatiga,” Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, no 2. (2018): 201, Diakses 11 September 2022. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1592.

Mujiasih, E., & Zenita Ratnaningsih, I. Meningkatkan work engagement melalui gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. In Seminar Nasional dan Call for Papers. Fakultas Ekonomi Unisbank, 2012.

Mulyani, N. M. H., & Wiarta, I. W. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32117

Northouse. 2019. Leadership: Teory and Practice.

Peter G. Northouse, Leadership: Teory and Practice Seventh Edition. SAGE Publication, 2016.

Prawirosentono, S. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Reni Rosari, Definisi kepemimpinan menurut Bass (refleksi pada diri penulis), Universitas Gadjah Mada.

Restatilah, F., Fauziah, R. S. P., & Maryani, N. (2020). Pengaruh Loyalitas Guru Terhadap Kinerja Guru. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 3(1), 17–30. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/2611

Rivai, V. 2011. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P. 1994a. Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall

Robbins, S.P. 1998. Organizational Behavior. New Jersey: Prentice-Hall Cliffs

Ruyani, I., Ratnasari, S. L., & Susanti, E. N. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru. JURNAL DIMENSI, 10(1). https://doi.org/10.33373/dms.v10i1.2983

Samana, A. 2004. Profesionalisme Kekepala Sekolahan. Yogyakarta: Kanisius

Schermerhorn, J.R. Jr. 2009. Management. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Siswono 2020. Intisari Teori Kepemimpinan.

Solikin M Juhro, Transformasional Leadership: Konsep Pendekatan Dan Implikasi Pada Pembangunan Edsi II, Jakarta: BI Institute, 2020.

Sugiono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Jakarta: Alfabeta.

Sumartini, S. (2021). Upaya Meningkatan Kopetensi Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Kedungdoro V/310 Surabaya. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.636

Supani, “Sejarah Perkembangan Madrasah di Indonesia,” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14, No. 3. 2009.

Suryadi, E. 2010. Analisis Peranan Leadership Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 9 (1), 1-9.

Suryadi, E. Analisis Peranan Leadership Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 9 (1), 1-9. 2010.

Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media

Tilaar, H.A.R. 2007. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi. Jakarta: PT. Grasindo

Timple, A.D. 2000b. The Art and Science of Business Management Performance, Terjemahan: Sofyan Cikmat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Mendiknas No. 11 tahun 2005 beserta Penjelasannya. Bandung: Citra Utama

Usman, M.U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782

Wagner, J.III. & Hollenbeck, J.R. 2005. Management of Organization Behavior. New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Wahyudi, Y. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2046

Wardah Hanafie Das dan Abdul Halik, Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2021.

Warisno, W. (2022). Korelasi Kompetensi Kepala Sekolah Dengan Mutu Sekolah. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.50

Wibowo, B.S. 2002. SHOOT: Sharpening Our Concept and Tools. Bandung: PT. Syamil Cipta Media

Wibowo. 2019. Manajemen Kerja. Jakarta: Raja Grafindo

Wilson, D.C. & Rosenfeld, R.H. 2000. Managing Organization. London: McGraw-Hill Book Company

Withmore, J. 2007. Coaching For Performance: Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja, Terjemahan: Y Dwi Helly Purnomo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Turmuzi, A., Citriadin, Y. ., & Al Kusaeri. (2024). Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Kinerja Guru Madrasah. TADBIR MUWAHHID, 8(1), 141–156. https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12975
Abstract viewed = 4 times