Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Kinerja Guru Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12975Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru, MadrasahAbstract
Kepemimpinan transformasional dipandang sebagai faktor kunci dalam mempengaruhi kinerja guru, karena kepala sekolah berperan penting dalam mengarahkan, menginspirasi, dan membimbing guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis regresi berganda dan uji hipotesis untuk menentukan keberadaan dan signifikansi hubungan antara variabel independen (kepemimpinan transformasional) dan variabel dependen (kinerja guru). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lombok Barat. Nilai koefisien korelasi antara variabel kepemimpinan transformasional (X1) dan kinerja guru (Y) sebesar 3.190, yang secara statistik signifikan karena melebihi nilai t-tabel (1.66) pada tingkat signifikansi 0.05. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kontribusi kepemimpinan transformasional, semakin tinggi pula kinerja guru di madrasah tersebut.
References
Agustin, A., Arafat, Y., & Rosani, M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2129
Agustina Muliati. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru yang Dimoderasi oleh Iklim Sekolah di MTSN 1 Medan. Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.57251/ie.v2i1.368
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53
Al Hairi, M. R., & Syahrani, S. Budaya Organisasi dan Dampaknya Terhadap Lembaga Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 2021. 79-87.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Avolio, B.J., Bass, B.M. and Jung, D.I, 1999, “Re-examining the components of transformasional and transactional leadership using the multifactor leadership questionnaire”, Journal of Occupational and Organizational Psychology, Vol. 60 No. 1, pp. 421-449.
Ayu Puspitas Sari, Syarwani Ahmad, & Helmi Harris. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jambura Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i2.642
Badri, B. (2020). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kopetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo). At-Turost : Journal of Islamic Studies, 6(2). https://doi.org/10.52491/at.v6i2.44
Baird, L. 1986. Management Performance. Toronto: John Wiley and Sons, Inc.
Bedein, A.G. & Glueck, W.F. 2013. Management. Chicago: The Dryden Press
Bernadin, H.J. & Russell, J.E.A. 1995 dalam Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset
Bowditch, J.L. & Buono, A.F. 2007. Organization Behavior. New York: John Wiley & Sons, Inc
Calcio, W.F. 2002. Managing Human Resources Productivity. Singapore: McGraw Hill Book Co.
Daheri, M., & Fransiska, J. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dan Kinerja guru terhadap Mutu Madrasah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.707
Desih, Maufur, M., Mudhiyati, I., Ghafur, A. A., & Indra, S. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Di SDN Argapura 02. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(1), 12–27.
De Roehe, E.F. 1997. An Administrator’s Guide for Evaluating Programs and Personel: An Effective School Approach. Boston: Allyn and Bacon
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dharma, S. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK
Enriko, F. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pembangunan Nagari, 3(2). https://doi.org/10.30559/jpn.v3i2.102
Erowati, H. (2023). Peran Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1314
Farwitawati, R., Fithrie, S., & Masirun, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Daya Saing, 8(3). https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i3.1021
Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342
Handoko, T.H dan Tjiptono, F. 1996, “Kepemimpinan Transformasional Dan Pemberdayaan”, dalam Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, September 1996, hal. 23–33
Haryono Siswono. 2015. Intisari Teori Kepemimpinan.,(Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama.
Indra Jaya, 2010. Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Ismail, Pengaruh budaya organisasi terhadap kepemimpinan dan kinerja karyawan Pemerintah Kabupaten-Kabupaten di Madura. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 12 (2018), 18-36.
Jusmin, A. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Adminitrasi Perhubungan Jayapura. Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1 (1), 13-27.
Kane, J.S. 1986. Performance Distribution Assessment, dalam Berk RA. Performance Assessment. Baltimore: The John Hopkins University Pers.
Kay, A., Reagan, T.G. & Case, C.W. 2009. Guru Profesional, Penyiapan dan Pembimbingan Praktisi Pemikir. Jakarta: Indeks
Koontz, O’Donnell dan Weihrich. 1986. Intisari Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.
Kunandar. 2011. Guru Profesional: Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, B., Mitrani, A., Pakar, D. 2005. Competency Based Human Resource Management, Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi, Terjemahan: Dadi Pakar. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Kurniawati, N. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1395
Lembaga Administrasi Negara RI. 1993. Kinerja Aparatur Negara. Jakarta: LAN
Lustriningsih, L. (2021). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.202
Luthans, F. 2002. Organizational Behavior. Singapore:McGraw-Hill Book
Maister, D.H. 2008. True Profesionalism, Profesionalisme Sejati, terjemahan Bern. Hidayat. Jakarta: Gramedia
Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5645
Mei Hardika, Lany Wijaya Ningsih, Mozes Kurniawan, “Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasioanla Dalam Manajemen PAUD di Kec. Sidorejo Salatiga,” Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, no 2. (2018): 201, Diakses 11 September 2022. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1592.
Mujiasih, E., & Zenita Ratnaningsih, I. Meningkatkan work engagement melalui gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. In Seminar Nasional dan Call for Papers. Fakultas Ekonomi Unisbank, 2012.
Mulyani, N. M. H., & Wiarta, I. W. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32117
Northouse. 2019. Leadership: Teory and Practice.
Peter G. Northouse, Leadership: Teory and Practice Seventh Edition. SAGE Publication, 2016.
Prawirosentono, S. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE UGM.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Reni Rosari, Definisi kepemimpinan menurut Bass (refleksi pada diri penulis), Universitas Gadjah Mada.
Restatilah, F., Fauziah, R. S. P., & Maryani, N. (2020). Pengaruh Loyalitas Guru Terhadap Kinerja Guru. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 3(1), 17–30. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/2611
Rivai, V. 2011. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Robbins, S.P. 1994a. Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall
Robbins, S.P. 1998. Organizational Behavior. New Jersey: Prentice-Hall Cliffs
Ruyani, I., Ratnasari, S. L., & Susanti, E. N. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru. JURNAL DIMENSI, 10(1). https://doi.org/10.33373/dms.v10i1.2983
Samana, A. 2004. Profesionalisme Kekepala Sekolahan. Yogyakarta: Kanisius
Schermerhorn, J.R. Jr. 2009. Management. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Siswono 2020. Intisari Teori Kepemimpinan.
Solikin M Juhro, Transformasional Leadership: Konsep Pendekatan Dan Implikasi Pada Pembangunan Edsi II, Jakarta: BI Institute, 2020.
Sugiono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Jakarta: Alfabeta.
Sumartini, S. (2021). Upaya Meningkatan Kopetensi Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Kedungdoro V/310 Surabaya. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.636
Supani, “Sejarah Perkembangan Madrasah di Indonesia,” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14, No. 3. 2009.
Suryadi, E. 2010. Analisis Peranan Leadership Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 9 (1), 1-9.
Suryadi, E. Analisis Peranan Leadership Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 9 (1), 1-9. 2010.
Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media
Tilaar, H.A.R. 2007. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi. Jakarta: PT. Grasindo
Timple, A.D. 2000b. The Art and Science of Business Management Performance, Terjemahan: Sofyan Cikmat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Mendiknas No. 11 tahun 2005 beserta Penjelasannya. Bandung: Citra Utama
Usman, M.U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782
Wagner, J.III. & Hollenbeck, J.R. 2005. Management of Organization Behavior. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Wahyudi, Y. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2046
Wardah Hanafie Das dan Abdul Halik, Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2021.
Warisno, W. (2022). Korelasi Kompetensi Kepala Sekolah Dengan Mutu Sekolah. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.50
Wibowo, B.S. 2002. SHOOT: Sharpening Our Concept and Tools. Bandung: PT. Syamil Cipta Media
Wibowo. 2019. Manajemen Kerja. Jakarta: Raja Grafindo
Wilson, D.C. & Rosenfeld, R.H. 2000. Managing Organization. London: McGraw-Hill Book Company
Withmore, J. 2007. Coaching For Performance: Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja, Terjemahan: Y Dwi Helly Purnomo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Turmuzi Tahir, Yudin Citriadin, Al Kusaeri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work