Hubungan Literasi Digital Guru dan Peran Kepala Sekolah Sebagai Pengelola Satuan Pendidikan Dengan Kinerja Guru Dalam Penilaian Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.11701Keywords:
Literasi Digital, Peran Kepala Sekolah, Kinerja GuruAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami korelasi antara kemampuan literasi digital guru serta peran kepala sekolah dalam mengelola unit pendidikan dengan kinerja guru dalam proses penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 105 guru dan kepala sekolah di gugus 1 Kecamatan Tapos Kota Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara kemampuan literasi digital guru dan kinerja mereka. Selain itu, terdapat hubungan yang signifikan antara peran kepala sekolah dan kinerja guru. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara literasi digital guru dan peran kepala sekolah secara bersamaan dengan kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan yang lebih rendah dari probabilitas yang ditetapkan, yaitu 0,000 < 0,05, dan juga dengan perbandingan nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel, yaitu 46,242 > 3,08. Berdasarkan analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi digital guru dan peran kepala sekolah sebagai pengelola sekolah secara bersamaan dengan kinerja guru dalam mengevaluasi pembelajaran. Kombinasi literasi digital guru dan peran kepala sekolah yang efektif sebagai pengelola satuan pendidikan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada teknologi. Hal ini dapat berdampak positif pada kinerja guru dalam pembelajaran dan pada hasil belajar siswa.
References
Amrizal. (2021). Peningkatkan Kompetensi Literasi Digital Guru Melalui Pelaksanaan Workshop Tingkat Sekolah Pada Sdn 12 Kampung Batu Dalam Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5417–5425.
Arikunto, S. ( 2019) Prosedur Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta
Ayub, U. M., & Syukri, M. (2014). Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).
Bambang, W. (2021). Strategi Pendidikan Digital (1st Ed.). Pt Sarana Multi Infrastruktur.
Gilster, Paul. (1997). Digital Literacy. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan. Ketiga, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Khoirotun, N. (2018). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Di Mts Manbaul Ulum Bungah Gresik.
Lismawati, B. R. K., & Trihantoyo, S. (2021). Peningkatan Literasi Digital Dalam Mewujudkan Profesionalisme Kinerja Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 80–94.
Mathis L. Robert dan John Jackson. 2006. Human Resource Management. Jakarta: Salemba Empat.
Munawar, M., & Jalaluddin, J. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Bireuen. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(2), 14–21.
Musiiin, I. Eko R. (2020). Literasi Digital Nusantara (R. Giovany (Ed.)). Penerbit Andi.
Purnama, D. W. (2016). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Mutu Kinerja Sekolah di SMP Negeri Se-Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 187–193.
Rahman, dkk. (2006). Peran Strategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu. Pendidikan. Sumedang: Alqaprint Jatinangor.
Ridha Aulia Putri, S. L. H. (2021). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sd. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1230
Sudjana. (1996) Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi. Tarsito: Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suhendra, D. J., Noor, M., & Am, S. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Poace: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(1), 24–38. Https://Doi.Org/10.24127/Poace.V2i1.1388
Undang-Undang Republik Indonesia,. Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.
Pemendikbud Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Depdiknas RI : Jakarta
Wagimin, (2017) Hubungan Literasi Digital Guru Dan Kompetensi Pedagogik Dengan Kinerja Guru Di Gugus 1 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek
Wagimin. (2020). Hubungan Literasi Digital Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru. Koleksi Perpustakaan Ut.
Wahjosumidjo. 2001. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Radja Grafindo
Wahyudin. Dan Dahlan, A,J.(2020) Statistika Pendidikan . Tangerang, Penerbit Universitas Terbuka
Yuliati, Yuyu. "Literasi sains dalam pembelajaran IPA." Jurnal cakrawala pendas 3.2 (2017): 266426.
Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=En&Lr=&Id=Gkaqeaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa1&Dq=Hubungan+Literasi+Digital+Guru+Dan+Peran+Kepala+Sekolah+Dengan++Kinerja+Guru&Ots=Uzzujmyl6h&Sig=Nwilazfbm7kpfzzftm26qwm4oyy&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=False , Peran Literasi Digital Di Masa Pandemik, Pengarang Devri Suhedri, Syarifah Fadillah Rezky, Dicky Apdillah, Junus Sinuraya, Andi Sahputra, Dinur Syahputra, Dewi Wahyuni. Penerbit Cattleya Darmaya Fortuna Diunduh Hari Senin, 11 Desember 2022 Pukul 09.00
Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=En&Lr=&Id=Deayeaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa1&Dq=Hubungan+Literasi+Digital+Guru+Dan+Peran+Kepala+Sekolah+Dengan+Kinerja+Guru&Ots=W2ynoxq66d&Sig=Mpnqrox5e6mlqi_Mtcntfivaho0&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=False, Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Virtual, Penulis Dr. St. Wardah Hanafie Das, M.Pd.I Dan Dr.Abdul Halik, M.Pd.I, Diunduh Pada Hari Rabu, 14 Desember 2022 Pukul 10.11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Umriyatin, Ojat Darojat , Sri Dewi Nirmala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work