Pendidikan Pelestarian Lingkungan Hidup Berbasis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Budaya Hidup Sehat di Pondok Pesantren

Authors

  • Kholid Abdul Aziz Universitas PTIQ Jakarta
  • EE Junaedi Sastradiharja Universitas PTIQ Jakarta
  • Agus Tasbih Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.11626

Keywords:

Pelestarian Lingkungan Hidup, Budaya Hidup Sehat, Pesantren Tahfizh.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan pelestarian lingkungan hidup. Lingkungan hidup mempunyai peran yang sangat positif dalam meningkatkan budaya hidup sehat pada santri tingkat SMP di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Kabupaten Bogor, melalui kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan hidup. kegiatannya adalah gerakan konservasi lingkungan (mempertahankan dan melestarikan) alam secara bijak. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Kabupaten Bogor. Pertama, Dalam meningkatkan budaya hidup sehat santri tingkat SMP, Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Kabupaten Bogor. Membentuk kesadaran kepada santri dalam membuang sampah dan membentuk pasukan khusus palang merah tahfizh dalam hal kesehatan. Setiap santri diwajibkan untuk berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Kedua, Dalam Strategi implementasi pendidikan pelestarian lingkungan hidup berbasis Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Kabupaten Bogor. Membentuk pasukan pelesetarian lingkungan hidup untuk dilibatkan dalam kegiatan penanaman pohon, dan menjaga lingkungan hidup yang ada sekitar pesantren. Ketiga, Pendidikan pelestarian lingkungan hidup memiliki peran yang sangat positif dalam meningkatkan budaya hidup sehat pada santri tingkat SMP di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Kabupaten Bogor, dengan adanya lingkungan yang sehat dan bersih itu sangat berpengaruh pada kesehatan santri dan meningkat semangat santri dalam menghapalkan Al-Qur'an.

 

References

Abdillah, Mujiono. Agama Ramah Lingkungan Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Paramadina, 2001.

Abdullah, Muhammad. “Urgensi Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Al-Qur’an”, Jurnal PILAR, Vol. 13 No. 1 Tahun 2022.

Anam, Khairul. “Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Persfektif Islam”, dalam Jurnal Sagacious, Vol. 3. No. 1. 2016.

Arifudin, Andi “Pentingnya Memelihara Kebersihan dan Keamanan Lingkungan Secara Partisivatif demi Meningkatkan Gotong Royong dan Kualitas Hidup Warga”, Jurnal Ilmiah Pena. Vol. 1. No. 1, Tahun 2018

Darsita, Yanti., et al. Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata, Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia, Vol. 2. No. 1. 2015.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES, 1985.

Fanjari, Ahmad Syauqi. Nilai Kesehtan dalam Syari’at Islam, Jakarta: Pustka Ilmi, 2007.

Fitriani, Sinta. Promosi Kesehatan, Jakarta: Sarana Bangun Pustaka, 2011.

Ghazali, Bahri. Lingkungan Hidup dalam Pemahaman Islam, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.

Hamzah, Syukri. Pendidikan Lingkungan Sekelumit Wawasan Pengantar, Bandung: PT Rafika Aditama, 2013.

Harun, Salman. Mutiara Al-Qur’an Aktualisasi Pesan Al-Qur’an dalam Kehidupan, Jakarta : PT. Logos, 1999.

Hashman, Ade. Rahasia Kesehatan Rasulullah, Jakarta: Noura book, 2012.

Hidayati, Nur Peni. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sesuai Ajaran Islam Siswa Kelas V MI Maarif Dukuh, Jurnal Elementary, Vol. 7. No. 1. 2019.

Husein, Harun. Lingkungan Hidup, Masalah Pengelolaan dan Penegakan Hukumnya, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Ibrahim, Sulaiman. Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Al- Qur’an: Kajian Tafsir Maudu’iy, Jurnal Ilmiah Al-Jauhari (JIAJ) Vol. 1. No 1. 2016.

Iskandar, Arifudin Andi. Pentingnya Memelihara Kebersihan dan Keamanan Lingkungan Secara Partisivatif Demi Meningkatkan Gotong Royong dan Kualitas Hidup Warga, Jurnal Ilmiah Pena. Vol. 1. No. 1. 2018.

Istianah, “Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Hadis”, Jurnal RIWAYAH, Vol. 1 No. 2 Tahun 2015

Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Nasution, Ade Saputra. “Edukasi PHBS di Tatanan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perilaku Sehat”. Jurnal Abdidas, Vol. 1. No. 2. 2020.

Proverawati, Rahmawati. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.

Ramli, Nadjamudin. Islam ramah Lingkungan Konsep dan Strategi Islam dalam Pengelolaan, Pemeliharan dan Penylamatan Lingkungan, Jakarta: Grafindo Khazanak Ilmu, 2007.

Robbi, Da’i Moh. Pendidikan Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Islam (Keseimbangan Ekosistem Perspektif Hadist), Jurnal Al-Ibtida’, Vol. 4. No. 2. 2016.

Soemiratslamet, Juli. Kesehatan Lingkungan, Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press, 2000.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi, Imam. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya, Bandung: Alumni, 2003.

Qardawi, Yusuf. Islam Agama Ramah Lingkungan (Ri’ayatul al-Bi’ah fi Syari’ati al-Islam) diterj. Abdullah Hakam Syah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001

Zaini, Hasan. “Pesantren dan Perilaku Hidup Bersih”, dalam Jurnal el-Hekam, Vol. 1, No. 1. 2016.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Abdul Aziz, K., Sastradiharja, E. J., & Tasbih, A. . (2024). Pendidikan Pelestarian Lingkungan Hidup Berbasis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Budaya Hidup Sehat di Pondok Pesantren . TADBIR MUWAHHID, 8(1), 16–29. https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.11626
Abstract viewed = 1 times