PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Authors

  • Asep Sopian Sauri Universitas Djuanda Bogor
  • Widyasari Widyasari Universitas Djuanda Bogor
  • Afridha Sesrita Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160

Keywords:

influence, leadership and performancde of teachers.

Abstract

Rendahnya kapasitas guru dan kualitas guru disebabkan beberapa faktor, diantaranya yaitu rendahnya level dari pendidikan guru. Guru yang tidak memahami secara mendalam substansi ilmu keguruan, mayoritas guru menjalankan profesinya hanya sebatas dengan rutinitas mengajar biasa, tanpa memperhatikan nilai-nilai pendidikan bagi peserta didik. Kepemimpinan kepala sekolah membawa imbas terhadap kapasitas serta dapat mengembangkan kualitas guru serta meningkatkan kompetensi-kompetensi guru, sehingga berdampak positif dalam proses pembelajaran. Salah satu tindakan yang di implementasikan dalam memajukan pendidikan yang terdapat di Indonesia yaitu dengan membina kepala sekolah yang tak hanya berkompeten dalam satu bidang tapi berkompeten dibidang lainnya. Penelitian ini memiliki dampak kepemimpinan kepala sekolah kepada kinerja guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasi fungsional. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, serta kuesioner. Teknik analisis data dibantu dengan menggunakan SPSS 21. Penelitian ini menampakkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan bagi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Aspek yang berperan dalam kepemimpinan kepala sekolah serta cara kerja guru yaitu dengan  keinginan serta pemahaman guru akan perbaikan kinerjanya dan gurupun siap dibimbing demi terciptanya bobot pendidikan yang berkapasitas tinggi. Kepala sekolah mendukung peran serta guru dalam aktivitas KKG

Kata kunci: kepemimpinan, kinerja guru, pengaruh.

 

EFFECT OF PRINCIPAL LEADERSHIP TO TEACHER PERFORMANCE

ABSTRACT

The low performances of teacher and the quality of teachers due to several factors, including the low level of teacher education, teachers who do not deeply understand the substance of science teacher, the majority of the teachers run the profession is limited to regular teaching routines without paying attented to the educational values for learners. Leadership of a principal can have of effect on performance as welling as to improvisation of the professionalism of teacher and then improve teacher competencies in ordered to have a positive of impact in the learning of process. One from the government's steps in advancing educations in Indonesia is by fostering principals who are nohing only competent in one field but competent in other fields. This research aims to determited the influence of principals from leadership on teacher performance. This research uses quantitative approach and type of functional correlation research. Data were collected through observation techniques, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques assisted by using SPSS21. This results showing that there is influence between principal leadership and the teacher performance. Aspects that play a roling in the leaderships of at principal and the performanced of teacher that is with the desire and awareness of teachers will improve performance and gurupun ready in guidance for the creation of quality education quality. The principal supports teacher participation in KKG activities.


Author Biographies

Asep Sopian Sauri, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Widyasari Widyasari, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Afridha Sesrita, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif ,dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.( 2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen Nomor14 tahun 2005

Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Additional Files

Published

2018-07-09

How to Cite

Sauri, A. S., Widyasari, W., & Sesrita, A. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. TADBIR MUWAHHID, 2(1), 73–86. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160
Abstract viewed = 1083 times