PENGELOLAAN MODEL PEMBINAAN TAHFIZ ALQURAN

Main Article Content

Hasan Bisri
Muhammad Bagus Abdillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang proses pembinaan tahfiz Al-Quran dan evaluasi pembinaan tahfiz Al-Quran yang diterapkan di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Quran Bina Madani Ciawi Bogor.  Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus bentuk intrinsic case study. Sumber data pada penelitian kasus ini meliputi subyek utama yaitu para ustadz atau guru tahfiz yang memegang halaqah Al-Quran, santri, ustadz pengasuh pondok, sejumlah guru serta pengurus Yayasan Bina Duta Madani. Data penelitian dikumpulkan melalui multimetode yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Proses analisis meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui model pembinaan tahfiz di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Quran Bina Madani Putra Ciawi Bogor dilakukan dengan cara talqin, tasmi’, muroja’ah, dan ta’lim tajwid dan tahsin. Program evaluasi hafalan bagi para santri dilakukan secara intensif. Evaluasi ini mencakup evaluasi harian, mingguan, bulanan, triwulan, dan semester. Kegiatan ini melibatkan musyrif halaqah dan mencatat perkembangannya dalam kasyfu mutaba’ah yaumiyah serta melaporkannya kepada pengasuh dan yayasan. Hasil pencapaian hafalan ke-itqan-an para santri jika dilihat dari tingkat rata-rata belum sesuai harapan.

Kata kunci: Alquran, Bina Madani, model, pembinaan, tahfiz.

 

MANAGEMENT OF TAHFIZ ALQURAN GUIDANCE MODEL

ABSTRACT

This study aims to obtain data about the process of fostering tahfiz Al-Quran and evaluation tahfiz Al-Quran development that is applied in Boarding School of Tahfiz Al-Quran Bina Madani Ciawi Bogor. The research approach uses qualitative approach of case study type of intrinsic case study form. Sources of data in this case study include the main subject of priecher or Alquran teachers who hold halaqah Al-Quran, students, priecher caregiver cottage, a number of teachers and administrators Bina Duta Madani Foundation. Research data collected through multimetode that is interview, observation, and documentation. Data analysis using Miles and Huberman analysis model. The analysis process includes data collection, data reduction, data display, and verification. Based on the results of research known tahfiz coaching model was done by talqin, tasmi ', muroja'ah, and ta'lim tajwid and tahsin. The rote evaluation program for student is conducted intensively. This evaluation includes daily, weekly, monthly, quarterly, and semester evaluations. This activity involves musyrif halaqah and notes its progress in kasyfu mutaba'ah yaumiyah and reports it to caregivers and foundations. The results of the achievement of memorization of the santri if it is seen from the average level has not been as expected.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Hasan Bisri, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Muhammad Bagus Abdillah, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Abdurrazak, Y. b. (2004). Cara Mudah Menghafal Al Quran. Jakarta: Sabilia Press.

Abdurrochman, M. (2010). Analisis Efektifitas Metode Tahfidz Al-Quran. Bogor: Universitas Djuanda.

Ali, M. (1991). Ta’limul Muta’allim versi Imam Zarkasyi. Ponorogo: Tri Murti.

Al-Mubarakfuri, S. (2012). Tafsir Ibu Katsir. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.

As-Shiddieqqy, M. H. (2009). Ilmu-ilmu Alquran. Jakarta: Bulan Bintang.

Attulaimat, A. M. (2000). Halaqah Al-Quraniah. Jeddah: Dar Nur Al Maktabah.

Badwilan, A. S. (2012). Kisah-kisah Inspiratif Para Penghafal Al-Quran. Solo: Wacana Ilmiah Press.

Bisri, H. (2013). Evaluasi Program Kader Dakwah Dalam Pencapaiaan Visi Kampus Bertauhid Universitas Djuanda Bogor. Jakarta: UNJ.

Chalik, C. A. (2007). Ulumul Quran. Jakarta: Diadit Media.

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2008). KUBI Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Hidayatullah. (2010). Memoar Penghafal Al Quran. Depok: Tauhid Media Center.

Husein, S. A. (2003). Aktualisasi Nilai Nilai Al Quran dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

LPMA. (2011). Profil Lembaga Tahfidz Al-Quran di Nusantara. Jakarta: LPMA.

Munir, M. (2005). Ilmu dan Seni Qiroatil Quran. Semarang: Binawan Pustaka Iltizam.

Musrif. (2014, Januari 15). Program Tahfidz Bina Madani. (B. Abdillah, Pewawancara)

Nizar, S. A. (2008). Sejarah dan Dinamika Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana Prenada.

Qomar, M. (2005). Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi . Jakarta: Erlangga.

Sa'dullah. (2008). Sembilan Cara Praktis Menghafal Al Quran. Jakarta: Gema Insani.

Smith, M. K. (2009). Teori Pembelajaran dan Pengajaran. (A. Q. Shaleh, Penerj.) Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Syarbani, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Widoyoko, S. E. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zuhairini. (2000). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.