MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TILAWAH AL-QUR’AN BAGI CALON PESERTA DIDIK MUSABAQOH TILAWATIL QUR`AN

Authors

  • Afriska Pertiwi Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1083

Keywords:

education, learners, management, race reading koran, reading the Quran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan dan pelatihan tilawah al-Qur’an bagi calon peserta didik musabaqah tilawatil Qur`an di pondok pesantren al-Qur’an M. Thoha Al-fasyni Bogor. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan berusaha melaksanakan pengkajian deskriptif yang akan dituangkan dalam bentuk laporan dan uraian. Adapun jenis penelitiannya dengan mengambil studi kasus di pondok pesantren al-Qur`an M. Thoha Al-fasyni kota Bogor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan metode terpola, dalam manajemen pendidikan dan pelatihan tilawah al-Qur`an bagi calon peserta didik musabaqah tilawatil Qur`an, metode ini diterapkan dengan pertemuan guru dan para peserta didik untuk mempraktekan apa yang telah guru sampaikan dan contohkan, dalam setiap kali pertemuan sehingga mampu memperoleh pola lagu tilawah dengan baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pihak pondok pesantren terutama berkaitan dengan manajemen pendidikan dan pelatihan tilawah al-Qur`an, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihanya. Dan agar hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan prestasi peserta didik dalam setiap perlombaan musabaqah tilawatil Qur`an di berbagai tempat.

Kata kunci: manajemen pelatihan, manajemen pendidikan, musabaqah tilawatil Qur`an, peserta didik, tilawah Al-Qur`an.

 

AL-QUR`AN READING EDUCATION MANAGEMENT FOR PROSPECTIVE STUDENTS READING RACE AL-QUR’AN

ABSTRACT


The purpose of this study was to determine how the recitation of the Qur'an management education for prospective students boarding school race koran reading the Koran Muhammad Al-Fasyni Thoha Bogor. This research method is using qualitative research with descriptive trying to carry out an assessment to be formulated in the form of reports and descriptions. The type of research by taking a case study in a boarding school Al-Quran muhammad Thoha fasyni city of Bogor. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Results of the analysis in this study shows the method patterned, in education management is reading the Quran for prospective learners race reading the Quran, the method is applied to meeting the teacher with the students to practice what the teachers say and demonstrated, in every meeting so as to obtain the pattern of the song reading well. The results of this study can be used by the boarding school related to education management reading the Quran, in an effort to improve the quality of education of reading the Quran. And so it can be evidenced by the increase achievement didikdalam participants race each race recitation of the Qur'an in various places.

Author Biography

Afriska Pertiwi, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo persada.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Ciputat Mega Mall.

Manullang. (2009). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mujamil, Q. (2015). Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Penerbit Erlangga.

Ropikoh. (2014). Metode Pembelajaran Tilawatil Qur`an dalam Menghasilkan Qori Internasional. Skripsi: Bogor.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2018-07-09

How to Cite

Pertiwi, A. (2018). MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TILAWAH AL-QUR’AN BAGI CALON PESERTA DIDIK MUSABAQOH TILAWATIL QUR`AN. TADBIR MUWAHHID, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1083
Abstract viewed = 431 times