Transformasi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Putus Sekolah

Authors

  • Safiudin UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Ilzamudin Ma’mur UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Shobri UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Utami Syifa Masfu'ah UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.10670

Keywords:

Motivasi Belajar, Pesantren, Siswa Putus Sekolah,, Transformasi

Abstract

Salah satu penyebab utama putus sekolah adalah lemahnya dan hilangnya motivasi belajar siswa sehingga mengabaikan tugas utamanya. Meningkatnya siswa putus sekolah di Indonesia selama lima tahun terakhir memberikan dampak negatif terhadap indeks pembangunan manusia sehingga perlu pendekatan alternatif menyelamatkan ancaman masa depannya. Pondok pesantren memiliki fungsi sosial dan pendidikan yang lebih fleksibel dan cenderung mudah bertransformasi memberikan manfaat secara langsung. Tujuan penelitian untuk mengetahui transformasi pendidikan pesantren meningkatkan motivasi belajar siswa putus sekolah. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Pengambilan data bersumber literature dengan sepuluh tahun terakhir. Teknik analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren sebagai fungsi sosial lembaga pendidikan Islam yang memiliki kemandirian dan peran serta membangun lingkungan masyarakat sekitar melalui karakter, keagamaan dan keterampilan. Transformasi pondok pesantren meningkatkan kualitas dan keberhasiannya dengan formalisasi pendidikan, profesionalisme dan kepemimpinan.  Pondok pesantren sebagai motivator pendidikan dengan memberikan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengajaran dan praktek akhlaq Islami dan pembentukan karakter muslim. Upaya pesantren meningkatkan motivasi belajar siswa putus sekolah yaitu fasilitas pembelajaran, metode pembelajaran, guru pendamping kreatif, manajemen kelas dan pelibatan orang tua.  Implikasi penelitian semakin baik transformasi sosial dan pendidikan pondok pesantren maka akan meningkatkan motivasi belajar dan menurunkan siswa putus sekolah. Implikasi penelitian semakin baik transformasi pendidikan pondok pesantren, maka akan semakin baik meningkatkan motivasi belajar siswa putus sekolah

References

Al Amin, A. Z. M. (2022). Model Transformasi Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Di Pp. Darul Dakwah Mojokerto). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(2), 37–58. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.2.421.37-58

Amaly, A. M., Rizal, A. S., & Supriadi, U. (2020). The existence kiai of the islamic boarding school in the community.

ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 5(1), 14–30. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v5i1.14-30

Amelia, R. F., Aulia, S. N., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Karya Wisata terhadap Motivasi Belajar IPS di SD. Journal on Education, 5(1), 400–406. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.629

Andy. (2022). Kepemimpinan Kiai Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 70–85. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27603

Anwar, R. N. (2021). Pola Keberhasilan Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren (Literature Review). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 11(2), 178 – 188. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.73

Asmiati, A., Sumardi, L., Ismail, M., & Alqadri, B. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan Studi Anak Pada Masyarakat Nelayan di Desa Seruni Mumbul Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 786–793. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.645

Awwaliyah, N., & Rofi’ah, S. (2021). Madrasah Sebagai Sistem Sosial Perspektif Talcott Parsons. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 56–71. https://doi.org/10.19105/rjpai.v2i1.4337

Baharun, H., Huda, M., & Nada, S. Q. (2023). Leadership Learning for Students Through Strengthening Organizational Empowerment in Islamic Boarding Schools. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 122. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.1438

Balkis, M. (2018). Academic amotivation and intention to school dropout: the mediation role of academic achievement and absenteeism. Asia Pacific Journal of Education, 38(2), 257–270. https://doi.org/10.1080/02188791.2018.1460258

Bashori, B., & Aprima, S. G. (2019). Analisis Kebijakan Program Wajib Belajar 12 Tahun Di Provinsi Lampung. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 18–28. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3324

BPS. (2022). Statistik Pendidikan (Issue February).

Chairia, P., Sinaga, R. M., & Rufaidah, E. (2020). Analysis of the Cause Dropping Out School Children at The Primary School Age at Marga Kaya Village. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), IV(Iii), 2454–6186. www.rsisinternational.org

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mix Methods Approaches (Fourth). SAGE.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46–52. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Doll, J. J., Eslami, Z., & Walters, L. (2013). Understanding why students drop out of high school, According to their own reports: Are they pushed or pulled, Or do they fall out? a comparative analysis of seven nationally representative studies. SAGE Open, 3(4), 1–15. https://doi.org/10.1177/2158244013503834

Efendy, R., Rahman, A., & Karim, A. R. (2023). Scientific Transformation of Islamic Boarding Schools through Role of Alums the Islamic Education Study Program. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(2), 355. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.349

Fan, W., & Wolters, C. A. (2014). School motivation and high school dropout: The mediating role of educational expectation. British Journal of Educational Psychology, 84(1), 22–39. https://doi.org/10.1111/bjep.12002

Fatmaliana, A. (2022). Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Kelas VII. Journal of Technology and Literacy in Education, 1(3), 168–174.

Febrianto, R. A., . U., & RC, A. R. (2020). Pengaruh Peran Pendamping dan Motivasi Belajar terhadap Perubahan Perilaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i1.24505

Haryanto, S. (2022). Internalization of Islamic Boarding School Values in an Indonesian Islamic Educational Institution. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6371–6380. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2099

Hidayatullah, N., & Marsidin, S. (2022). Studi Literatur: Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10980–10986.

Hikmawan, M. D., Godjali, M. R., & Indriyany, I. A. (2021). Kiai dan Strukturasi Kekuasaan di Pandeglang, Banten. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 12(1), 88–106. https://doi.org/10.14710/politika.12.1.2021.88-106

Ilyas, M., Zainduddin, Sibuea, A. M., & Zahrila. (2019). Leadership transformation; study of islamic boarding school (DAYAH) in Aceh Province Of Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 22(2), 1–5.

Jallow, A. S. (2023). The Role of Islamic Boarding School Education in Character Formation (Perspective of Islamic Psychology). Al Misykat : Journal of Islamic Psychology, 1(1), 63–72. https://doi.org/10.24269/almisykat.v1i1.6810

KBBI. (2023). Arti Kata Putus Sekolah. KBBI Online. https://kbbi.web.id/putus-sekolah

Kemenag. (2022). Statistik Data Pondok Pesantren. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik?id=36

Khamid, A., Sutrisno, Hariyadi, R., & Zaman, B. (2023). Islamic boarding school, the transformation of Islamic education institution and its strategic role in global era. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, 7(2), 125–138. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v7i2.

Khurriyah, U., & Haryanto, B. (2023). Motivasi Santri Memilih Pondok Pesantren Sebagai Sarana Pembentuk Karakter Islami. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 4, 1–11. https://doi.org/ttps://doi.org/10.21070/adabiyah.v4i0.1656

Magdalena, I., Ardelia, E., Anggestin, T., Ristiana, & Agustin, J. T. (2020). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 238=246.

Maghfirah, D. A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah Tingkat Sma/Smk Negeri Di Kota Mataram. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(3), 215–222.

Mardiana, T., & Hartati, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran , Fasilitas Belajar d an Lingkungan Belajar t erhadap Motivasi Belajar Selama. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 13, 1197–1206.

Margiyanti, I., & Maulia, S. T. (2023). Kebijakan Pendidikan Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun. Jurnal Jupensi, 3(1), 199–208. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/JUPENSI/article/view/1509

Mas’ulah, S. (2019). Pesantren Dalam Perubahan Sosial di Indonesia. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 69–88. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1613

Mendoza-galindo, L., Miranda-gutierrez, C., & Polo-rambal, C. (2023). Reducing school dropout rates: an analysis from the perspective of educational management. Journal of Business and Entrepreneurial January, 7(1), 35–43.

Meyers, R., Pignault, A., & Houssemand, C. (2013). The Role of Motivation and Self-regulation in Dropping Out of School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 89, 270–275. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.845

Mokoagow, S. (2021). Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Elementary Educational Research, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i1.39

Mulyadi, M., Syahid, A., Kafrawi, K., Ilyas, M., & Liriwati, F. Y. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1375. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021

Musaddad, A. (2023). Transformation of Islamic Boarding Schools as Islamic Education Institutions in Indonesia. Journal of Islamic Education Research, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.35719/jier.v4i1.319

Nazmudin. (2021). Pesantren Tradisional Dan Perubahan Sosial Politik Di Banten. Jurnal Hermeneutika, 7(1), 1–18.

Nengsih, M. S., & Dafit, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 476–482. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50551

Prameswari, S. A., Rangkuti, R. K., & Ansani, R. F. (2022). Penyebab Putus Sekolah Anak Pesisir Pantai Di Desa Bagan Kuala. Al-Irsyad, 12(1), 59–71. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12010

Pujiman, Rukayah, & Matsuri. (2021). Penerapan prinsip manajemen kelas dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 124–128. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/47616

Purwanto, E., Yana, K. El, Oktarina, S., & Zainal, A. G. (2021). The Role of Islamic Boarding Schools and Character Building of Santri through Increasing Social Capital and Human Capital for Social Changes in the Community. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 26(1), 625–632. http://ijpsat.ijsht-journals.org

Rahmawati, D. I., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. JOAEP Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 108–123. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/42115

Ramli, M. (2018). Karakteristik Pendidikan Pesantren; Sebuah Potret. Al Falah, 18(1), 89–116.

Raztiani, H., & Permana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 433–440.

Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673

Riswan, A., Evelin, K., & Lumintang, J. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.

Rita, Mohamad Muspawi, & Sahrizal Vahlepi. (2021). Motivation Analysis of Students Selecting Al-Kinanah Jambi Islamic Boarding School As an Arabic Learning Institution. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(2), 79–91. https://doi.org/10.47006/ijierm.v3i2.54

Roji’in, K. (2020). Peranan Pondok Pesantren Roudlotur Ridwan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam Melalui Life Skill Pada Program LKSA Di Lampung Timur. UIN Raden Intan.

Roman, N. V., Davidse, P. E., Human-Hendricks, A., Butler-Kruger, L., & Sonn, I. K. (2022). School Dropout: Intentions, Motivations and Self-Efficacy of a Sample of South Africa Youth. Youth, 2(2), 126–137. https://doi.org/10.3390/youth2020010

Sabil, N. F., & Diantoro, F. (2021). Sistem Pendidikan Nasional Di Pondok Pesantren. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 209–230. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2134

Sari, N. P., Muhammad, H., & Aini, N. (2023). Leadership Style and Work Motivation: Driving Performance of Islamic Boarding School. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 14(2), 220–234. https://doi.org/10.30739/darussalam.v14i2.1945

Sarkowi, S. (2023). Model of Transformational Leadership in Campus Based on Salaf Islamic Boarding School. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 01(01), 782–790.

https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5613%0Ahttps://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/download/5613/2102

Shodiq, M. (2023). Pondok Pesantren Sebagai Sistem Sosial dalam Perspektif Talcott Parsons. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 43–52.

Siswanto, S., & Aini, C. (2019). Integration of Islamic Boarding School Values on Developing Character Education at School. WESTECH, 1–10. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2283980

Suherman. (2022). Multimedia Learning Sources for Experienced Teachers to Support Their Teaching and Learning Processes in the Secondary Education. Eurasian Journal of Educational Research, 101, 237–252. https://doi.org/10.14689/ejer.2022.101.014

Suradi, A. (2018). Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Pesantren terhadap Penanaman Jiwa Keikhlasan Santri. At-Ta’dib, 13(1), 49–66. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.197-218

Syafaah, D., & Dewi, I. S. (2019). TANTANGAN Pesantren Salaf Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Globalisasi. Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 576–584.

Syahid, N. (2021). Transformation Islamic Education In Indonesia. Journal Intellectual Sufism Research (JISR), 3(2), 27–34. https://doi.org/10.52032/jisr.v3i2.99

Syaifullah. (2023). Teacher-Student Relationship : Reflection On The Quality Of Character Education In Islamic ( Case Study At Nurul Wafa Islamic Boarding School, Demung-Besuki) Syaifullah. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 01(01), 695–704.

Triono, A., Maghfiroh, A., Salimah, M., & Huda, R. (2022). Transformasi Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi: Adaptasi Kurikulum yang Berwawasan Global. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 72–81. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.10405

Ulum, M. (2020). Modernisasi Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren). Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 98–109. http://tdjpai.iaiq.ac.id/index.php/pai/article/view/8

Unneputty, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 15(2), 97–107. http://eprints.unm.ac.id/13216/

Utami, W. N., & Rosyid, A. (2020). Identifikasi faktor penyebab siswa putus sekolah di tingkat sekolah dasar wilayah duri kepa. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–12.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.

Warsito, E. (2022). Character Education Construction For Students At The Islamic Boarding School (A Case Study At Khoirul Huda Surabaya College Student Islamic Boarding School). Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 21–29. https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.276

Widiasanti, I., Abdul, A. V., Nirwana, A., & Arlita, A. Della. (2023). Ancaman Melawan Putus Sekolah Dengan Dilema Kualitas Pendidikan Indonesia. 7(3), 2118–2126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i3.5228

Yaniawati, P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan. Universitas Pasundan.

Zaenurrosyid, A., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Pondok Pesantren Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati. Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 7(1), 55–71. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i1.133

Zuhri, F., & Amin, M. (2022). Parents’ Motivation In Entering Their Children To Islamic Boarding School. At-Tarbiyat, 05(01), 71–83. https://doi.org/htps://doi.org/10.37758/jat.v5i1.388

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Safiudin, Ilzamudin Ma’mur, Shobri, & Utami Syifa Masfu’ah. (2023). Transformasi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Putus Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 353–379. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.10670
Abstract viewed = 31 times