Strategi Sekolah Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.10594Keywords:
Strategi Sekolah, Kedisiplinan, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Penelitian ini membahas mengenai strategi yang digunakan oleh sekolah dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Jambi. Kedisiplinan siswa adalah aspek penting dalam pendidikan yang memengaruhi prestasi belajar dan suasana sekolah secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi konkret yang diterapkan oleh sekolah-sekolah di Kota Jambi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di Kota Jambi menerapkan sejumlah strategi, termasuk penerapan aturan sekolah yang jelas dan konsisten, pembinaan karakter melalui pendekatan pendidikan moral, pengawasan yang ketat terhadap perilaku siswa, serta melibatkan orangtua dan masyarakat dalam pembentukan kedisiplinan siswa.
References
Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berpradaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Akmaluddin & Haqqi. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswa Disekolah Dasar Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar. Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal Of Education Science. Vol 5 No.2.
Al-Mighwar M. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ansari, Hafi. (1983). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Arumsari, N. R. (2017). Penerapan Perencanaan, Pengorganisasian, Actuating, dan Pengawasan di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi Bisnis Kontemporer, 3(2), 90–104.
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri . 2014 . Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulo,W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo.
Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1983,hlm 670.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: Alumni.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jihad, Asep. Dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kurniadin, Didin dan Imam Machali, 2014. Manajemen Pendidikan; Konsep & Prinsip pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia (Lemhanas).1997. Jakarta: Departemen dalam Negeri.
Nugraha, Gilang (2015) Panduan Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Dasar. Jakarta: CV Trans Info Medika.
Nugraha, W. A. (2015). Hubungan Kedisiplinan Belajar Di Sekolah Dan Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se- Gugus I Sumberagung Jetis Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. UNY.
Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Trigenda Karya, Jakarta,1994, hlm. 70-80.
Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Rizkita, K., & Saputra, B. R. (2020). Bentuk penguatan pendidikan karakter pada peserta didik dengan penerapan reward dan punishment. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 69–73. https://doi.org/10.24036/pedagog i.v20i2.663.
Soemarmo. 1998. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan tata Tertib Sekolah. Jakarta: Mini Jaya Abadi.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadia, Suratno, Yantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work