Strategi Sekolah Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Kota Jambi

Authors

  • Nadia Universitas Jambi
  • Suratno Universitas Jambi
  • Yantoro Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.10594

Keywords:

Strategi Sekolah, Kedisiplinan, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi yang digunakan oleh sekolah dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Jambi. Kedisiplinan siswa adalah aspek penting dalam pendidikan yang memengaruhi prestasi belajar dan suasana sekolah secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi konkret yang diterapkan oleh sekolah-sekolah di Kota Jambi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di Kota Jambi menerapkan sejumlah strategi, termasuk penerapan aturan sekolah yang jelas dan konsisten, pembinaan karakter melalui pendekatan pendidikan moral, pengawasan yang ketat terhadap perilaku siswa, serta melibatkan orangtua dan masyarakat dalam pembentukan kedisiplinan siswa.

References

Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berpradaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akmaluddin & Haqqi. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswa Disekolah Dasar Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar. Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal Of Education Science. Vol 5 No.2.

Al-Mighwar M. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ansari, Hafi. (1983). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Arumsari, N. R. (2017). Penerapan Perencanaan, Pengorganisasian, Actuating, dan Pengawasan di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi Bisnis Kontemporer, 3(2), 90–104.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri . 2014 . Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo,W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo.

Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1983,hlm 670.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: Alumni.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jihad, Asep. Dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali, 2014. Manajemen Pendidikan; Konsep & Prinsip pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia (Lemhanas).1997. Jakarta: Departemen dalam Negeri.

Nugraha, Gilang (2015) Panduan Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Dasar. Jakarta: CV Trans Info Medika.

Nugraha, W. A. (2015). Hubungan Kedisiplinan Belajar Di Sekolah Dan Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se- Gugus I Sumberagung Jetis Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. UNY.

Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Trigenda Karya, Jakarta,1994, hlm. 70-80.

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Rizkita, K., & Saputra, B. R. (2020). Bentuk penguatan pendidikan karakter pada peserta didik dengan penerapan reward dan punishment. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 69–73. https://doi.org/10.24036/pedagog i.v20i2.663.

Soemarmo. 1998. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan tata Tertib Sekolah. Jakarta: Mini Jaya Abadi.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Nadia, Suratno, & Yantoro. (2023). Strategi Sekolah Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Kota Jambi. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 339–352. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.10594