Kepemimpinan Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Bermartabat Di Era Revolusi Industri (4.0) Dan Society 5.0

Authors

  • Lailatul Rifqoh Izzati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Ekhsan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Zaki Mubarok UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ulfa Nur Khasanah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Indah Aminatuz Zuhriyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.10518

Keywords:

Kepemimpinan, Sumber Daya Manusia, Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Abstract

Revolusi industri 4.0 ialah suatu kemajuan dalam industry manufaktur dengan menciptakan teknologi digital yang serba canggih dengan penerapan Sistem Fisika Ciber (CPS) dan terus berkembang sehingga menyebabkan otomatisasi dalam kehidupan sehari-hari seperti dengan adanya Internet of Things, Robot, Artificial Intelligence, Big Data dan lain-lain untuk memudahkan segala aktivitas pekerjaan manusia. Seiring perkembangan zaman berkembang kembali menjadi Era society 5.0 yang merupakan satu terobosan konsep masyarakat dan teknologi sehingga masyarakat hidup berdampingan bersama kecanggihan teknologi yang dibangun atas pengembangan dari society 4.0 serta bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, di mana setiap individu akan menikmati hidup secara maksimal dengan kecanggihan teknologi. Hal tersebut merupakan tantangan generasi milenial saat ini. Perubahan-perubahan ini tidak menutup kemungkinan kompetensi layanan pendidikan akan mengalami revolusi yang diancam digantikan oleh tenaga mesin. Maka dari itu supaya mampu bersaing SDM Pendidikan harus lebih ditingkatkan kompetensi yang dimilikinya. Dalam upaya pengembangan SDM tidak jauh dari peran seorang pemimpin untuk peningkatan kualitas dan kemampuan kerja pegawainya. SDM berkualitas yang dibutuhkan diperoleh melalui proses kepemimpinan yang berkualitas sebagai pengelola dalam mempersiapkan dan mengembangkan kualitas SDM yang sesuai dengan transformasi sosial.

References

Abidin, Hasibuan Bey Nurul. “Strategi Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdm) Generasi Milenial Dan Generasi Z Dalam Menghadapi Persaingan Global Era 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Manajemen 1, no. 1 (2022).

Adiawaty, S. “Kompetensi Praktisi Sdm Menghadapi Era Indusri 4.0.” Jurnal Manajemen Bisnis 22, no. 2 (2019).

Al., Hardani et. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group, 2020.

Ardi, Jahyadi. “Analisis Peran Kepemimpinan Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Era Transformasi Digital.” Universitas Muhammadiyah Makassar. ., 2021.

Hijriah. “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lingkup Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamuju Utara.” Jurnal Katalogis 4, no. 5 (2016).

Ketchen J., D. E. B. , A. D. G. , G. A. L. G., T. Strategy. Mcgrawwhill: Irwin, 2009.

Mamik. Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama, 2015.

Rezkya, Monovatra Predy, Dkk. Generasi Milenial Yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 Dan Revolusi Industri 4.0) Di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. . Semarang: Universitas Negeri Semarang (Unnes). , 2009.

Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Tahar Achmad, dkk. “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0.” 6, no. 2 (n.d.).

Zuhriyah, I. A. D. “Pengembangan Inovasi Berbasis E-Leaening Dalam Pembelajaran Pendidikan Agan Islam Di Era Industry (4.0).” Tarbiyah Islamiyah 7, no. 1 (2022).

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Izzati, L. R., Muhammad Ekhsan, Muhammad Zaki Mubarok, Ulfa Nur Khasanah, & Indah Aminatuz Zuhriyah. (2023). Kepemimpinan Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Bermartabat Di Era Revolusi Industri (4.0) Dan Society 5.0. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 263–278. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.10518
Abstract viewed = 54 times