KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH UMKM

Main Article Content

Sukarelawati Sukarelawati
Dinda Rizkiya
Desi Hasbiyah

Abstract

Dalam dunia bisnis dan pemasaran, komunikasi menjadi pondasi dasar bagi setiap pelaku, bukan hanya dalam hal penjualan produk dan jasa, komunikasi juga berperan dalam menjaga hubungan baik dengan nasabah baru dan nasabah lama. Sangat penting bagi Marketing Officer  dapat menguasai kompetensi komunikasi interpersonal dalam pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui indikator apa saja yang dimainkan dalam kompetensi komunikasi interpersonal Marketing Officer di PT. Sarana Sumut Ventura, dan faktor tertentu dimungkinkan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Metode yang digunakan ialah metode Kualitatif. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa kompetensi komunikasi Interpersonal officer marketing memiliki hubungan dengan teori yang dikemukakan oleh Spitzherg Cupac dalam Devito (1997) dengan indikator motivasi, pengetahuan dan skill.

Article Details

How to Cite
Sukarelawati, S., Rizkiya, D., & Hasbiyah, D. (2023). KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH UMKM. JURNAL KOMUNIKATIO, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.30997/jk.v9i1.7655
Section
Articles

References

Alfikalia, m. 2009. Faktor-faktor Pendukung Kompetensi Komunikasi Interpersonal. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 6, No 1, 1-118: Universitas Paramadina, Jakarta.

Bahtiar. 2021. Dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor usaha mikro, kecil dan menengah serta solusinya. Jakarta: info singkat.

Canary D.J & Cody M.J. 1993. Interpersonal Communication. A Goals-Based Approach. New York: St. Martin’s Press.

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Devito, J. A. 1997. Human Communication. New York: Harper Collinc Colege Publisher.

Griffin, j. 2005. Sutomer Loyalty : Menumbuhkan Dann Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Airlangga.

Hartley, P. 1999. Interpersonal Communication, 2nd ed. London: Routledge

Hasibuan, M. S. 2005. Dasar-dasar perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P. 2008. Marketing Management " Analysis, Planning, Implementation and control". New Jersey: Prentice Hall International.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Edisi Ke-e). Prenadamedia Group.

Lupiyoadi, R. 2003. Manajemen Pemasaran Jasa.

Morreale, S. P., & Pearson, J. C. (2008). Why communication education is important: The centrality of the discipline in the 21st century. Communication Education, 57(2), 224–240. https://doi.org/10.1080/03634520701861713

Mulyana, Deddy. 2000 . Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, adedi. 2001. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha. 2017. Kualitas Komunikasi Interpersonal Costumer Service dalam meingkatkan Loyalitas Nasbaah Bank Mega. eJournal Ilmu Komunikasi, 163-177.

Nurudin. 2010. Pengaruh Persepsi Kompetensi guru dan persepsi komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Komunikasi, ISSN: 2715-721.

Patimah, S., Priyono, B. S., & Rasyid, W. (2016). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan usaha benih Padi Cigeulis di Balai Induk Padi dan Palawija di Kabupaten Kepahing Provinsi Bengkulu. Agrisep, 15(2), 203–212.

Romadona. 2016. Kompetensi Komunikasi Interpersonal Peneliti Berdasarkan Tipologi Kepribadian. Jurnal Pekomnas, Vol. 1 No 2, 167 - 176.

Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Selviana, M. n. 2017. Kompetensi komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam meningkatkan pelayanan kepada pemustaka. jurnal komunikasi KAREBA, Vol. 6 No.1 : Universitas Hasanudin.

Simamora, B. 2005. Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia

Spitzberg, B. H., & Cupach, W. R. 2002. Interpersonal skills. In M. L. Knapp & J. A. Daly (Eds.), Handbook of interpersonal communication. Thousand Oaks, CA: Sage.

Spitzberg, B.H., & Cupach.W.R. 1984. Interpersonal Communications Competence. Baverly Hills. CA: Sage.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: AFABETA.

Suranto, A.W . 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Thoha, M. 1990. Kepemimpinan dan manajemen (suatu pendekatan perilaku). Sinar Baru: Bandung

Tjiptono, F. 2008. Service Management : Mewujudkan layanan prima. yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wood, J. T. 2010. Interpersonal Communication Everyday Encounters. Sixth Edition. Boston: Wadswort.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>