KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH UMKM
Main Article Content
Abstract
Dalam dunia bisnis dan pemasaran, komunikasi menjadi pondasi dasar bagi setiap pelaku, bukan hanya dalam hal penjualan produk dan jasa, komunikasi juga berperan dalam menjaga hubungan baik dengan nasabah baru dan nasabah lama. Sangat penting bagi Marketing Officer dapat menguasai kompetensi komunikasi interpersonal dalam pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui indikator apa saja yang dimainkan dalam kompetensi komunikasi interpersonal Marketing Officer di PT. Sarana Sumut Ventura, dan faktor tertentu dimungkinkan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Metode yang digunakan ialah metode Kualitatif. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa kompetensi komunikasi Interpersonal officer marketing memiliki hubungan dengan teori yang dikemukakan oleh Spitzherg Cupac dalam Devito (1997) dengan indikator motivasi, pengetahuan dan skill.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Alfikalia, m. 2009. Faktor-faktor Pendukung Kompetensi Komunikasi Interpersonal. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 6, No 1, 1-118: Universitas Paramadina, Jakarta.
Bahtiar. 2021. Dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor usaha mikro, kecil dan menengah serta solusinya. Jakarta: info singkat.
Canary D.J & Cody M.J. 1993. Interpersonal Communication. A Goals-Based Approach. New York: St. Martin’s Press.
Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Devito, J. A. 1997. Human Communication. New York: Harper Collinc Colege Publisher.
Griffin, j. 2005. Sutomer Loyalty : Menumbuhkan Dann Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Airlangga.
Hartley, P. 1999. Interpersonal Communication, 2nd ed. London: Routledge
Hasibuan, M. S. 2005. Dasar-dasar perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, P. 2008. Marketing Management " Analysis, Planning, Implementation and control". New Jersey: Prentice Hall International.
Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Edisi Ke-e). Prenadamedia Group.
Lupiyoadi, R. 2003. Manajemen Pemasaran Jasa.
Morreale, S. P., & Pearson, J. C. (2008). Why communication education is important: The centrality of the discipline in the 21st century. Communication Education, 57(2), 224–240. https://doi.org/10.1080/03634520701861713
Mulyana, Deddy. 2000 . Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, adedi. 2001. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha. 2017. Kualitas Komunikasi Interpersonal Costumer Service dalam meingkatkan Loyalitas Nasbaah Bank Mega. eJournal Ilmu Komunikasi, 163-177.
Nurudin. 2010. Pengaruh Persepsi Kompetensi guru dan persepsi komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Komunikasi, ISSN: 2715-721.
Patimah, S., Priyono, B. S., & Rasyid, W. (2016). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan usaha benih Padi Cigeulis di Balai Induk Padi dan Palawija di Kabupaten Kepahing Provinsi Bengkulu. Agrisep, 15(2), 203–212.
Romadona. 2016. Kompetensi Komunikasi Interpersonal Peneliti Berdasarkan Tipologi Kepribadian. Jurnal Pekomnas, Vol. 1 No 2, 167 - 176.
Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Selviana, M. n. 2017. Kompetensi komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam meningkatkan pelayanan kepada pemustaka. jurnal komunikasi KAREBA, Vol. 6 No.1 : Universitas Hasanudin.
Simamora, B. 2005. Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia
Spitzberg, B. H., & Cupach, W. R. 2002. Interpersonal skills. In M. L. Knapp & J. A. Daly (Eds.), Handbook of interpersonal communication. Thousand Oaks, CA: Sage.
Spitzberg, B.H., & Cupach.W.R. 1984. Interpersonal Communications Competence. Baverly Hills. CA: Sage.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: AFABETA.
Suranto, A.W . 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Thoha, M. 1990. Kepemimpinan dan manajemen (suatu pendekatan perilaku). Sinar Baru: Bandung
Tjiptono, F. 2008. Service Management : Mewujudkan layanan prima. yogyakarta: CV. Andi Offset.
Wood, J. T. 2010. Interpersonal Communication Everyday Encounters. Sixth Edition. Boston: Wadswort.