MOTIF MEDIA PEMBELAJARAN BUKU TEKS BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memusatkan perhatian pada hubungan antara media pembelajaran dengan
keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui motif media pembelajaran di SMA
Taruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor, (2) mengetahui keterampilan siswa di SMA Taruna Andigha
dan SMA Amaliah Bogor, (3) mengetahui hubungan antara motif media pembelajaran dengan
keterampilan siswa di SMA Taruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor. Jenis penelitian yang digunakan
adaah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)
kekuatan motif media pembelajaran adalah menimbulkan motivasi belajar siswa, metode mengajat
bervariasi, interaktif siswa dan guru, dan adanya demonstrasi termasuk pada kategori kurang baik. (2)
Keterampilan siswa dinilai berdasarkan beberapa kriteria seperti banyak gagasan, keluwesan danal
memecahkan masalah, mencetuskan gagasan asli, menguraikan ssesuatu dengan rinci, menghasilkan
karya yang bermanfaat bagi individu dan lingkungan dinilai baik, (3) kekuatan motif media
pembelajaran dengan keterampilan siswa memiliki hubungan yang tidak begitu besar.
Kata Kunci : Media komunikasi massa, media pembelajaran, keterampilan siswa
Article Details
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Efendy, Onong. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung (ID): Remaja Rodakarya.
Karmana, Oman. 2008. BIOLOGI. Bandung (ID) : Grafindo Media Pratama.
Litlejohn Stephen W. dan Foss Karen A. 2009. Encyclopedia of communication theory. USA (USA) : SAGE Publication, Inc.
Mayer, Richard E. 2001. Multimedia Learning. Cambridge (AU): Cambridge University Press.
Morisan. 2010. Komunikasi Massa. Bogor (ID): Ghalia Indonesia Mulyana, Dedi. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung (ID): Remaja Rodakarya
Rhodes, 1990. The Phi Delta Kappan (An Analysis of Creativity). USA : Sagepub, Inc. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung (ID): CV. Alfabet.
Susilana, Rudi & Riyana, Cepi. 2004. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Penilaian). Bandung (ID): CV. Wacana Prima.
Gangguly, S. 2004. Communication Media, Systems and Strategy. USA (USA) : Sagepub, Inc.
King, Patricia M & Van Hecke, Jones R. 2000, Using Skill Theory to Recognize How Students Build and Rebuild Understanding, Making Conections, P-7.
Liz Banse.2012. Seeing is Believeng. Resource media.
www.bos.kemdibud.go.id/home/about diakses pada 15 maret 2015 pada puku 9:46.
www.wikipedia.org/wiki/skill diakses pada 9 maret 2015 pada pukul 9.20