PENGARUH SOSIAL MEDIA KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR

Main Article Content

DR Pratama
Ike Atikah Ratnamulyani
Maria Fitriah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) bagaimana pengaruh sosial media komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam membangun motivasi belajar (2) seberapa besar pengaruh sosial media komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam membangun motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey dan analisis korelasional dengan bantuan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Villa Mutiara Lido Blok F Bogor serta sampel pada penelitian ini sebanyak 35 responden, yaitu anak dari umur 10 sampai 17 tahun, yang menggunakan Blackberry Massengger sebagai alat komunikasi dengan ibu. Penelitian ini menunjukan bahwa sosial media komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan dan kesamaan, sementara motivasi belajar dipengaruhi oleh keberhasilan, kebutuhan, harapan, penghargaan, kegiatan dalam belajar, dan lingkungan belajar. Untuk besaran pengaruh diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,239 yang berada di level rendah, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi diantara kedua variabel X (sosial media komunikasi interpersonal) dan variabel Y (motivasi belajar) memiliki hubungan yang rendah dan menunjukan hubungan negatif.
Kata Kunci : sosial media, komunikasi interpersonal, motivasi belajar

Article Details

How to Cite
Pratama, D., Ratnamulyani, I. A., & Fitriah, M. (2017). PENGARUH SOSIAL MEDIA KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR. URNAL OMUNIKATIO, 1(2). https://doi.org/10.30997/jk.v1i2.180
Section
Articles

References

Sumber Buku :
Baron A. Robert, Byrne Donn. 2004. Psikologi Sosial, Jakarta (ID) : Erlangga.
Bowlby. 1969. Attachment Theory . France (FR) : Taylor and Francis. Budyatna, Muhammad. Ganiem Mona Leila. 2014. Teori Komunikasi Antarpribadi , Jakarta (ID) : Kencana Prenada Media Group.
Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif, Jakarta (ID) : Kencana.
Devito. A Joseph. 2010. Komunikasi Interpersonal. Tanggerang (ID): Kasrisma Publishing.
Gunarsa D, Singgih. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta (ID) : Gunung Mulya Jack, Fraenklen. Wallen E, Norman. 2008. How to Design and Evalute Researche in Education. New York (US): Mc Graw-Hill Inc.
Kaplan, A. Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Buiness Horizon (UKA): Indiana University. Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak. Bandung (ID): Mandar Maju.
Maslow, Abraham. 1957. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta (ID) : Pustaka Binaman Pressindo.
Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.
Puspokusumo, Aryanti. 2011. Metode Penelitian Public Relatios Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta (ID): Rajawali Pers.
Rakhmat, Jallaludin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung (ID) : Remaja Rosdakarya. Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta (ID) : Raja Grafindo Persada.
Singarimbun, Masri. Effendi Sofian. 2011. Metode Penelitian Survey. Jakarta (ID) : Pustaka LP3ES.
Singgih, Santoso. 2005. Statistik Dengan SPSS, Jakarta (ID) : Elex Media Komputindo Sugiyono. 2012. Pengantar. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung (ID) : Alfabeta.
Suryabrata, Sumardi. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Thoha, Miftah. 2009. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta (ID) : Rajawali Pers.
Uno, H. Hamzah B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta (ID) : Bumi Aksara. Zukifli. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung (ID) : Remaja Rosdakarya

Sumber Skripsi :
134 DR Pratama, IA Ratnamulyani, M Fitriah Pengaruh Sosial Media
Gusliza, Novia. 2013. Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukit Tinggi. [SKRIPSI]. Bandung (ID): FIP UNP skripsi : Program Studi Administrasi Pendidikan.
Rusmadi, Rushela Heldayani. 2013. Hubungan Antara Motivasi Mahasiswa Komunikasi Strata Satu dengan Perilaku Kecanduan dalam Menggunakan Fitur Blackberry Messengger di Bogor. [SKRIPSI]. Bogor (ID) : Universitas Djuanda Bogor.
Sudrajat, Harry. Zein, Duddy. Gemiharto, Ilham. 2012. Komunikasi Antarpribadi Pengguna Blackberry Dalam Pemenuhan Kebutuhan Hubungan Antarpribadi Pelajar SMA Negeri 15 Bandung. [SKRIPSI]. Bandung (ID) : Universitas Padjdjaran.
Sultoni, Ahmad. 2013.Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. [SKRIPSI]. Semarang (ID):: Universitas Negeri Semarang.
Sholichah, Mar’atus. 2012. Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. [skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sumber Internet :
http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_Mess enger (diakses pada tanggal 2 Pebruari 2015). http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial (diakses pada tanggal 23 Januari 2015).
http://tekno.kompas.com/read/2014/09/30/ 1304471/blackberry.umumkan.jumlah.peng guna. aktif.bbm (diakses pada tanggal 3 Pebruari 2015).
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendte k/aplikasi/14/12/09/ngbo88-79-persenpemilik-ponsel-pintar-penggunaemblackberry-messenger (diakses pada tanggal 3 Pebruari 2015). http://www.romelteamedia.com/2014/04/me dia-sosial-pengertiankarakteristik.html (diakses pada tanggal 23 Januari 2015). http://www.uptekno.com/2013/09/sejarahlahirnya-blackberry-messenger.html (diakses pada tanggal 26 Januari 2015).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>