HUBUNGAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (KASUS PADA SMK WIKRAMA KOTA BOGOR)
Main Article Content
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan secara bertahap telah
mengubah komunikasi pembelajaran konvensional ke sistem pembelajaran dengan e-learning yang
memanfaatkan jaringan internet. Penerapan sistem e-learning dalam komuniasi pembelajaran diduga
dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui
pelaksanaan komunikasi pembelajaran menggunakan sistem e-learning, (2) untuk mengetahui
motivasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini didesaion
menggunakan metode asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Wikrama Kota Bogor, sampel
ditetapkan sebanyak 83 siswa dengan teknik sampling acak sederhana dan analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dilaksanakan dengan metode komunikasi pembelajaran
yang bervariasi, efisien, mudah dipahami dan menarik, (2) motivasi belajar siswa dengan komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning adalah tinggi, serta (3) terdapat hubungan yang nyata
antara komunikasi pembelajaran sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, E-learning, Motivasi Belajar.
mengubah komunikasi pembelajaran konvensional ke sistem pembelajaran dengan e-learning yang
memanfaatkan jaringan internet. Penerapan sistem e-learning dalam komuniasi pembelajaran diduga
dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui
pelaksanaan komunikasi pembelajaran menggunakan sistem e-learning, (2) untuk mengetahui
motivasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini didesaion
menggunakan metode asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Wikrama Kota Bogor, sampel
ditetapkan sebanyak 83 siswa dengan teknik sampling acak sederhana dan analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning dilaksanakan dengan metode komunikasi pembelajaran
yang bervariasi, efisien, mudah dipahami dan menarik, (2) motivasi belajar siswa dengan komunikasi
pembelajaran menggunakan sistem e-learning adalah tinggi, serta (3) terdapat hubungan yang nyata
antara komunikasi pembelajaran sistem e-learning dengan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, E-learning, Motivasi Belajar.
Article Details
How to Cite
Prayogi, R., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2017). HUBUNGAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (KASUS PADA SMK WIKRAMA KOTA BOGOR). JURNAL KOMUNIKATIO, 1(2). https://doi.org/10.30997/jk.v1i2.174
Section
Articles
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Hanum, N. S. 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Study Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3. No. 1 : 9295.
Mulyana, Deddy. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Prawiradilaga, D. S, dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. Yogyakarta: Kencana.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Prespektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bima Aksara. http://www.smkwikrama.net (23/03/2015 19:42).
Mulyana, Deddy. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Prawiradilaga, D. S, dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. Yogyakarta: Kencana.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Prespektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bima Aksara. http://www.smkwikrama.net (23/03/2015 19:42).