STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MULTILEVEL MARKETING ORIFLAME TERHADAP KEPERCAYAAN DISTRIBUTOR SEBAGAI MITRA USAHA

Main Article Content

R. Rohana
Agustini Agustini
Ike Atikah Ratnamulyani

Abstract

Oriflame merupakan perusahaan multilevel marketing kosmetik yang bertahan cukup lama di Indonesia, yaitu sekitar 20 tahun. Tetapi semakin banyaknya perusahaan multilevel marketing yang mengembangkan sayapnya pada bidang kosmetik, maka pesaing Oriflame akan semakin bertambah. Oriflame menawarkan beberapa cara untuk tetap memberikan kepercayaan kepada setiap distributornya, hal inilah yang membuat bisnis Oriflame menjadi begitu unik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha di Taman Topi Square Bogor. Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Oriflame melalui jaringan distributor untuk keberhasilan pemasaran produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran Oriflame yang merupakan ujung tombak terciptanya kualitas kepercayaan mitra usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame berpengaruh terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha dengan tingkat pengaruh sedang yang korelasinya sebesar 26,32%.
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Distributor, MLM Oriflame.

Article Details

How to Cite
Rohana, R., Agustini, A., & Ratnamulyani, I. A. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MULTILEVEL MARKETING ORIFLAME TERHADAP KEPERCAYAAN DISTRIBUTOR SEBAGAI MITRA USAHA. JURNAL KOMUNIKATIO, 1(2). https://doi.org/10.30997/jk.v1i2.169
Section
Articles

References

Ardianto E. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif : Bandung (ID): Simbiosa.
Bloom, PN dan Louise NB. 2006. Strategi Pemasaran Produk Edisi Terjemahan. Jakarta (ID): Prestasi Pustaka.
Dantes N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta (ID): Andi.
Effendy O. 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung (ID) : Rosda Karya.
Hermawan A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta (ID): Erlangga. Iriantara Y. 2004. Community Relations. Bandung (ID) : Rosdakarya. Jenu WT. 2013. Stop Promotion Start Communication. Jakarta (ID) : Elex Media Computindo.
Kennedy JE, RD Soemanagara. 2006. Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta (ID) : PT. Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia). Kotler dan Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ke Sembilan. Jakarta (ID) : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler P dan Keller KL.2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. Jakarta (ID): PT. Indeks.
Littlejhon SW. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta (ID) : Salemba Humanika Mahmud M. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta (ID) : Cakra Ilmu
Mulyana D. 2008. Ilmu Komunikasi, Bandung (ID) : Rosdakarya.
Novirina SI. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame.[SKRIPSI]. Semarang (ID): Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Prisgunanto I. 2006. Komunikasi Pemasaran Startegi & Taktik. Bogor (ID) : Ghalia Indonesia Ramadhani P. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Jasa dan Produk Bank X Bagian Custemer Services Terhadap Kepuasan Nasabah. [SKRIPDI]. Bogor (ID) : FISIP Universitas Djuanda Bogor.
Rahmadhani A. 2011. Strategi Komunikasi Perusahaan Oriflame Dalam Merekrut Customer Di Kota Makassar. Makassar (ID) : Komunikasi FISIP Universitas Hasanudin Makassar.
Ruslan R. 2010. Metode Penelitian Public Relation & Komunikasi. Jakarta (ID) : Rajawali Pers.
Tjiptono F. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta (ID) : Andi.
Uyanto S. 2006. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta (ID) : Graha Ilmu. Winardi. 1989. Strategi Pemasaran: Marketing Startegy. Bandung (ID) : Mandar Maju.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3