DIFERENSIASI DALAM BRANDING DESA WISATA ALAM KAMPUNG PAPALIDAN CIBOLANG MELALUI INSTAGRAM

Main Article Content

Desi Hasbiyah
Rahmayanti
Agustini

Abstract

Setiap usaha tentu menginginkan brand miliknya diketahui oleh masyarakat luas dengan cara menawarkan produk atau jasanya kepada khalayak, tak terkecuali sebuah desa wisata. Di era digital ini, semakin banyak pelaku bisnis yang melakukan branding di media sosial, tidak terkecuali bagi Desa Wisata Kampung Papalidan Cibolang yang memperkenalkan potensi desa wisatanya melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diferensiasi dalam branding desa wisata alam kampung papalidadan Cibolang melalui Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Data tersebut direduksi kemudian disajikan dalam bentuk narasi dan dibuat kesimpulan untuk memaparkan hasil temuan. Desa Wisata Kampung Papalidan Cibolang melakukan branding melalui fitur akun Instagram @kampung.papalidan dengan mengunggah postingan terkait kegiatan di Desa Wisata Kampung Papalidan Cibolang, fasilitas yang ada di sana, hingga paket-paket wisata yang ditawarkan. Tidak hanya itu, Desa Wisata Kampung Papalidan Cibolang juga menampilkan keunikan potensi desa wisatanya sehingga dapat membuat Desa Wisata Kampung Papalidan Cibolang lebih diketahui khalayak luas, dan menarik followers untuk mengunjungi Desa Wisata Kampung Papalidan Cibolang.

Article Details

How to Cite
Hasbiyah, D., Rahmayanti, & Agustini. (2023). DIFERENSIASI DALAM BRANDING DESA WISATA ALAM KAMPUNG PAPALIDAN CIBOLANG MELALUI INSTAGRAM. JURNAL KOMUNIKATIO, 9(2), 99–107. https://doi.org/10.30997/jk.v9i2.10441
Section
Articles

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Dzikry, Mas. (2022). 6 Kelebihan dan Kekurangan Instagram bagi Pengguna. https://masdzikry.com/kelebihan-dankekurangan-instagram/. (Diakses 10 November 2022).

Effendy, Onong Uchjana. (2015). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hariyanto, Didik. (2021). Buku Ajar Ilmu Komunikasi. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Kurniawan, Kanada. (2021). Apa Itu Branding. https://projasaweb.com/branding/. (Diakses 16 Desember 2022).

S. Muhammad Nur, Hadi Suyono, Sumaryanto. (2020). Panduan Pengembangan Desa Wisata. Yogyakarta: Fatimah Azzahrah.

Sikumbang, Ahmad Tamrin. (2017) Teori Komunikasi (Pendekatan, Kerangka Analisis dan Perspektif). Analytica Islamica, 6 (1), 79-80.

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thabroni, Gamal. (2021) Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam. https://serupa.id/metodepenelitian-deskriptif/. (Diakses 10 Desember 2022).

Tjiptono, Fandy. (2014) Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: PT. Andi Offset.

Widokarti Joko Rizkie, Priansa Donni Juni. (2019) Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Industri Pariwisata. Bandung: Alfabeta.