PENGARUH KONTEN TUTORIAL KECANTIKAN DALAM VIDEO DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU ATENSI REMAJA DI KABUPATEN BOGOR

Main Article Content

Syafira Fitri Latifa
Muhammad Lutfie
Agustini

Abstract

Semakin banyak wanita yang menyadari pentingnya kecantikan, semakin banyak wanita yang ingin belajar merias wajah, serta semakin banyak konten video kecantikan di Instagram dan platform lainnya. Banyak cara yang bisa dilakukan para remaja putri ini untuk menunjang penampilannya, salah satunya dengan menggunakan make up. Faktor ini mempengaruhi remaja, sehingga terjadi perilaku imitasi akibat terpaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten video tutorial kecantikan terhadap perilaku atensi pada imitasi remaja. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer menggunakan angket tertutup, dan data sekunder penelitian ini menggunakan jurnal online, artikel, website, dan buku, menurut penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan WMS (mean weight score). Pengukuran hasil penelitian menggunakan skala Likert. Hasil penelitian membuktikan bahwa konten video tutorial kecantikan pada perilaku imitasi remaja telah terbentuk dengan sangat baik, dan pengaruhnya kuat. Kesimpulannya kualitas konten video tutorial kecantikan berpengaruh signifikan terhadap perilaku atensi remaja. Semakin tinggi kualitas konten video tutorial kecantikan maka semakin tinggi pula minat remaja dalam memperhatikan peniruan.

Article Details

How to Cite
Latifa, S. F., Lutfie, M., & Agustini. (2023). PENGARUH KONTEN TUTORIAL KECANTIKAN DALAM VIDEO DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU ATENSI REMAJA DI KABUPATEN BOGOR . JURNAL KOMUNIKATIO, 9(1), 49–58. https://doi.org/10.30997/jk.v9i1.7969
Section
Articles

References

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Citra Aditia Bakti.

Hanifawati, T., Ritonga, U. S., & Puspitasari, E. E. (2019). Popularitas merek di sosial media: Analisis pengaruh waktu, konten, dan interaksi merek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(April), 9–26. https://pdfs.semanticscholar.org/5348/551a3f5d56951187daea3d019a409ea1a854.pdf

Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). Pustaka Ilmu.

Jogiyanto, H. (2014). Metode Penelitian Bisnis (6th ed.). BPFE UGM.

Nanditya Putra, B., Eriska, R., Utami, W., & Ikrom, M. (2023). Efektifitas teknik kursi kosong untuk meningkatkan percaya diri remaja putri dalam permasalahan body image. Muhafadzah, 2(1), 38–42. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v2i1.577

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar (2nd ed.). Wade Group.

Rajab, M. (2014). Dakwah dan tantangannya dalam media teknologi komunikasi. Dakwah Tabligh, 15(1), 69–90.

Rukajat, A. (2014). Penelitian Pendekatan Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Setyani, A., & Mulawarman, M. (2020). Keefektifan pendekatan behavior menggunakan teknik token economy untuk meningkatkan atensi belajar siswa kelas Viii di SMP N 29 Semarang. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 152. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6573

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi ke-d). Penertbit Alfabeta.

Susanti, S., & Nurtania, Y. (2017). Model perilaku komunikasi Komunitas Hong dalam melestarikan permainan dan mainan tradisional sunda. Komuniti, 9(2), 126–145.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Wawancara:

Andani, Dea. Responden. Wawancara Mengenai konten video kecantikan di Instagram. 21 Desember 2022

Fitriani, Dita. Responden. Wawancara Mengenai konten video kecantikan di Instagram. 21 Desember 2022

Rahmawati, Putri. Responden. Wawancara Mengenai Mengenai konten video kecantikan di Instagram. 23 Desember 2022