PENGARUH KONTEN TUTORIAL KECANTIKAN DALAM VIDEO DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU ATENSI REMAJA DI KABUPATEN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Semakin banyak wanita yang menyadari pentingnya kecantikan, semakin banyak wanita yang ingin belajar merias wajah, serta semakin banyak konten video kecantikan di Instagram dan platform lainnya. Banyak cara yang bisa dilakukan para remaja putri ini untuk menunjang penampilannya, salah satunya dengan menggunakan make up. Faktor ini mempengaruhi remaja, sehingga terjadi perilaku imitasi akibat terpaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten video tutorial kecantikan terhadap perilaku atensi pada imitasi remaja. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer menggunakan angket tertutup, dan data sekunder penelitian ini menggunakan jurnal online, artikel, website, dan buku, menurut penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan WMS (mean weight score). Pengukuran hasil penelitian menggunakan skala Likert. Hasil penelitian membuktikan bahwa konten video tutorial kecantikan pada perilaku imitasi remaja telah terbentuk dengan sangat baik, dan pengaruhnya kuat. Kesimpulannya kualitas konten video tutorial kecantikan berpengaruh signifikan terhadap perilaku atensi remaja. Semakin tinggi kualitas konten video tutorial kecantikan maka semakin tinggi pula minat remaja dalam memperhatikan peniruan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Citra Aditia Bakti.
Hanifawati, T., Ritonga, U. S., & Puspitasari, E. E. (2019). Popularitas merek di sosial media: Analisis pengaruh waktu, konten, dan interaksi merek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(April), 9–26. https://pdfs.semanticscholar.org/5348/551a3f5d56951187daea3d019a409ea1a854.pdf
Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). Pustaka Ilmu.
Jogiyanto, H. (2014). Metode Penelitian Bisnis (6th ed.). BPFE UGM.
Nanditya Putra, B., Eriska, R., Utami, W., & Ikrom, M. (2023). Efektifitas teknik kursi kosong untuk meningkatkan percaya diri remaja putri dalam permasalahan body image. Muhafadzah, 2(1), 38–42. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v2i1.577
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar (2nd ed.). Wade Group.
Rajab, M. (2014). Dakwah dan tantangannya dalam media teknologi komunikasi. Dakwah Tabligh, 15(1), 69–90.
Rukajat, A. (2014). Penelitian Pendekatan Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Setyani, A., & Mulawarman, M. (2020). Keefektifan pendekatan behavior menggunakan teknik token economy untuk meningkatkan atensi belajar siswa kelas Viii di SMP N 29 Semarang. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 152. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6573
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi ke-d). Penertbit Alfabeta.
Susanti, S., & Nurtania, Y. (2017). Model perilaku komunikasi Komunitas Hong dalam melestarikan permainan dan mainan tradisional sunda. Komuniti, 9(2), 126–145.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Wawancara:
Andani, Dea. Responden. Wawancara Mengenai konten video kecantikan di Instagram. 21 Desember 2022
Fitriani, Dita. Responden. Wawancara Mengenai konten video kecantikan di Instagram. 21 Desember 2022
Rahmawati, Putri. Responden. Wawancara Mengenai Mengenai konten video kecantikan di Instagram. 23 Desember 2022