Analisis Hubungan Literasi Halal Dengan Konsumsi Makanan Siap Saji

Main Article Content

Yasfi Robiatul Adawiyah
Neng Windayani
Ade Yeti Nuryantini
Tri Wahyu Agustin
Chaerul Rochman

Abstract

Literasi halal menjadi kemampuan bagi konsumen yang akan menjadikan konsumen terlindungin dan terjamin secara Kesehatan dan finansial. Kemampuan ini berdasar atas kemampuan bagi seseorang dalam membedakan barang halal dan haram tergantung pada seberapa paham akan pengetahuan hukum islam itu sendiri  Konsumsi fast food di Indonesia, baik di perkotaan maupun pedesaan, mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi alternatif bagi orang-orang sibuk, konsumtif, malas memasak, dan mencari kemudahan. Meskipun fast food praktis, kecenderungan mengonsumsinya dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan, risiko kanker, dan masalah kesehatan lainnya. . Di tengah maraknya jajanan fast food yang tersebar di sekitar lingkungan sekolah, penting untuk menjelajahi apakah tingkat literasi halal siswa memiliki korelasi dengan pola konsumsi jajanan fast food (cepat saji). Jenis penelitian ini digunakan untuk menjelaskan hasil survei terkait variabel independen dan dependen dengan menampilkan data dalam bentuk numerik dan menganalisisnya. Berdasarkan hasil pengujian korelasi dan regresi didapatkan hasil “Terdapat hubungan antara literasi hahal dan konsumi jajanan fast food” atau dengan kata lain “skor literasi halal mempengaruhi/ berpengaruh terhadap konsumsi makanan Fast food”.

Article Details

How to Cite
Adawiyah, Y. R. ., Windayani, N., Nuryantini, A. Y. ., Agustin , T. W., & Rochman, C. . (2024). Analisis Hubungan Literasi Halal Dengan Konsumsi Makanan Siap Saji . Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30997/jiph.v6i1.11579
Section
Articles

References

Afifah, Liyana Putri, Suyatno Suyatno, Ronny Aruben, and Apoina Kartini. (2017) “Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Fast Food Pada Remaja Obesitas Di SMA Theresiana 1 Semarang Tahun 2017.” JOUR. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e- Journal) 5, no. 4: 706–13.

Al Farisi, M. S. (2020). Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta: Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 60–75.

Armadani, Dwi Indah. (2017). “Hubungan Antara Konsumsi Fast Food, Aktivitas Fisik, Dan Status Gizi (Secara Genetik) Dengan Gizi Lebih (Studi Pada Siswa Kelas Vii, Viii, Dan Ix Di Mts. Budi Dharma, Wonokromo, Surabaya).” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 5, no. 3.

Aziz, M. (2017). Perspektif Maqashid Al- Syariah dalam penyelenggaraan Jamina produk halal di Indonesia pasca berlakunya Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 78–94.

Briliana, Vita dan Mursito. 2016. Exploring antecedents and consequences if Indonesian Muslim youths attitude towards halal cosmetic products: A case study in Jakarta. On Journal Elsevier. Vol. 22. PP: 176-184.

Chairunnisyah, S. (2017). Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Kosmetika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1– 23.

Fitri, Z. E., & Jumiono, A. (2021). Sertifikasi Halal Produk Olahan Pangan. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.30997/jiph.v3i2.9676

Jumiono, A. (2022). Identifikasi Titik Kritis Kehalalan Bahan Hewani dan Produk Turunan Hewan. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 4(2), 51–58. https://doi.org/10.30997/jiph.v4i2.9909

Lin, N., dan Lin, B. 2017. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Manageent Studies, p. 121-132.

Nuraini Nuraini, (2021): “Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Makanan Cepat Saji Pada Mahasiswa Di Institusi Kesehatan Helvetia Medan,” JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan) 6, no. 3. 278–84.

Triasih, D., Heryanti, B. R., & Kridasaksana, D. (2017). Kajian Tentang Perlindungan Hukum bagi Konsumen Terhadap Produk Makanan Bersertifikat Halal. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(2), 214–225.

Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET

Vristiyana, V. M. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada Industri Makanan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 85–