STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN PAKANSARI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR
Keywords:
strategy, performance, satisfaction, employees, societyAbstract
Dalam mereformasi pelayanan publik, kita perlu mengenali permasalahan pelayanan yang ada. Sebab, Kantor Kelurahan Pekansari memiliki keterbatasan memberikan pelayanan pada masyarakat. Untuk mendapatkan pelayanan dan menyelesaikan segala persoalan yang dihadapi oleh masyarakat akan dapat diselesaikan. Kekecewaan masyarakat terhadap pelayanan menyebabkan masyarakat tidak puas. Tujuan penelitian ini adalah : Mengetahui Strategi Pemerintah Kelurahan Pakansari Terhadap kepuasaan masyarakat, Bagaimana Pelaksanaan Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Pakansari terhadap kepuasaan masyarakat, dan jenis pelayanan apa saja yang dilakukan kantor Kelurahan Pakansari untuk kepuasan masyarakat. Penelitian ini metode kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan sampel sebanyak 46 orang, sedangkan analisa data dilakukan melalui model alir, korelasi dan persepsi masyarakat. Penelitian menunjukan 15,2 persen mengikuti diklat, Penelitian menunjukan 15,2 persen membuat rencana kerja sedangkan. Penelitian menunjukan 61,1 persen pelayanan KTP tepat waktu. Penelitian menunjukan 100,0 persen pelayanan KK tepat waktu, Penelitian menunjukan 97,2 persen pelayanan surat keterangan lahir tepat waktu, Penelitian menunjukan 100,0 persen pelayanan ijin usaha tepat waktu. Penelitian menunjukan 88,9 persen pelayanan BPJS tepat waktu, sedangkan 11,1 persen tidak tepat waktu. Penelitian menunjukan 100 persen pelayanan surat pindah tepat waktu. Penelitian menunjukan 86,1 persen pelayanan surat keterangan jual beli tepat waktu.
References
Ambar Teguh dalam Falih Suaedi, 2010. Revitalisasi Administrasi Negara. Graha Ilmu.Yogyakart
Huberman, .A.M, dan Miles M.B. 1992. Qualitative Data Analysis, UI Publisher, Jakarta
Ilyas, Y., 1993, Kinerja (Teori dan Penilaian), Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi. Kesehatan FKM
Muller, 1992. Mengukur Sikap Sosial. Bumi Aksara. Jakarta
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Ketujuh, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pratisto, A, 2004. Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12. PT. Elek Media Komputindo, Jakarta
Prawirosentono, Suryadi. 1991. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE. Pandey, M. I.
Pramuka, Gatot, dkk, 2010. Modul Aplikasi Elektronik Governance: Studi Kasus di Berbagai Daerah. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Statistik, Alfabeta, Bandun
Sedarmayanti, 2016. Manajemen Sumberdaya Manusia. Bandung RefikaAditama
Tjiptono, Fendy, 1996. Management Jassa, Yoyakarta:Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Governansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ADMINISTRTAIE.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ADMINISTRTIE.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.