PARTISIPASI MAHASISWA MEMBANGUN DESA DALAM PENINGKATAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN - SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

Authors

  • Mahmud Danil Universitas Djuanda
  • Muhammad Luthfie Universitas Djuanda

Keywords:

Pemerintah Daerah, Teori Max Weber, Partisipasi

Abstract

Program Perguruan Tinggi Membangun Desa Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh LLDikti Wilayah IV merupakan komponen integral dari pelibatan mahasiswa di luar lingkungan kampus, khususnya melalui penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata Membangun Desa/Tematik. KKN Tematik adalah modalitas pendidikan yang bertujuan memberikan mahasiswa pengalaman belajar yang imersif dalam lingkungan masyarakat di luar lingkungan kampus. Keterlibatan langsung dengan komunitas lokal ini memfasilitasi identifikasi keunggulan dan penyelesaian permasalahan, dengan tujuan utama untuk mendorong pengembangan keunggulan desa/wilayah dan merumuskan solusi komprehensif terhadap tantangan yang ada di wilayah tersebut. Tujuan utama dari upaya ini adalah untuk memberdayakan mahasiswa agar berkontribusi dalam pembentukan ekosistem desa yang inovatif, khususnya di bidang bisnis dan kewirausahaan. Dengan memanfaatkan pendekatan deskriptif kualitatif, studi ini bertujuan untuk memahami secara komprehensif dinamika, persepsi, dan konsekuensi keterlibatan mahasiswa dalam program tersebut. Pengumpulan data, yang mencakup wawancara mendalam dan analisis dokumen, dilakukan di antara mahasiswa yang berpartisipasi dalam berbagai aspek inisiatif. Temuan penelitian ini menjelaskan beragam bentuk keterlibatan mahasiswa menjelaskan hambatan yang dihadapi dan manfaat yang dirasakan dari partisipasi program. Berakar pada kerangka teoritis Max Weber, keterlibatan ini mencakup berbagai dimensi, termasuk partisipasi gagasan, sumber daya, dan upaya, yang semuanya disalurkan untuk mewujudkan indikator-indikator program utama, terutama pengentasan kemiskinan dan penanganan isu-isu seperti stunting.

References

………. 2006. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya. Gitamedia Pres.

Hamzah, Sri Nuryatin, S. Kel., M.Si. "KKN Tematik Desa Membangun KKNT Desa Membangun Demi Pencapaian SDGs (Suistainable Development Goals)."

Miles, Mathew B.A., dan Michael H. 1992. Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Media Group, Jakarta.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mills, J. C. H., dan Mills, A. J. 2000. Handbook Of Organizational Culture and Climate. Sage, California.

Mulawarman, Christoper Desmawangga. "Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa Program Studi Administrasi Negara Dalam Organisasi Kemahasiswaan Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas." Ejournal Ilmu Administrasi, 2013.

Pradnyani, Ni Wayan, Dra. Lulup Endah Tripalupi, M.Pd., dan Dr. Iyus Akhmad Haris, M.Pd. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dalam Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tahun 2014/2015."

Robbins, Stephen P., dan Judge, Timothy A. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Keduabelas. Salemba Empat, Jakarta.

Salsabila, Maya Sajidah, dan Agus Machfud Fauzi. "Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Kasus Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri)." Jurnal Pariwisata Terapan.

Saprudin, S., Rosyaty, T., & Syukron, A. (2019). Relationship between Organizational Culture and Locus of Control with Bogor Regency Employee Performance. International Review of Management and Marketing, 9(4), 143.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung.

Supraja, Muhammad. "Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 1 No.2, November 2012. Alfred Schutz: Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber”.

Suyanto, Bagong, & Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Danil, M., & Luthfie, M. (2024). PARTISIPASI MAHASISWA MEMBANGUN DESA DALAM PENINGKATAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN - SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 7(1), 15–24. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/13515
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)