ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KAKAO PABRIK MINI CHOKATO
Main Article Content
Abstract
Pabrik Mini Chokato merupakan salah satu industri di Kota Payakumbuh yang telah mampu memproduksi berbagai macam produk lanjutan dari kakao. Pabrik Mini Chokato saat ini produksi pabrik masih dalam skala kecil, sehingga permintaan produk dengan skala besar pabrik belum dapat mengimbanginnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis keadaan bauran pemaaran produk olahan kakao, mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan, dan merumuskan alternatif strategi bagi kegiatan pemasaran produk Pabrik Mini Chokato. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi strategi. Alat analisis yang digunakan adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan AHP. Hasil analisis matriks IFE Pabrik Mini Chokato memiliki empat kekuatan dan lima kelemahan, dan pada matriks EFE Pabrik Mini chokato memiliki lima peluang dan empat ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks IE, Pabrik Mini Chokato berada pada posisi tumbuh dan bina. Berdasarkan analisis matriks SWOT didapatkan enam alternatif strategi. Prioritas strategi yang dihasilkan dari analisis hirarki proses adalah merencanakan volume produksi yang lebih optimal agar total biaya produksi efisien sehingga meminimalkan resiko dan harga dapat bersaing di pasar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal AgribiSains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Asmarantaka RW, Atmakusuma J, Muflikh YN, Rosiana N. 2017. Konsep pemasaran agribisnis: pendekatan ekonomi dan manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia. 5 (2): 151-172
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Statistik Kakao Indonesia 2020 [internet]. [diunduh 2022 Oktober 16]Tersediapada:https://www.bpsgo.id/publication/2021/11/30/a553dc1b3648d2f5cdad1789/statistik-kakao-indonesia-2020.html
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Kakao Indonesia 2019 [internet]. [diunduh 2021 Oktober 07]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/publication/2020/12/02/2ac5a729f43e5f6b666e482d/statistik-kakao-indonesia-2019.html
David, F. R. 2009. Strategic management, 12th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
[FAO] Food And Agriculture. 2020. Land Use Agriculture. http://www.fao.org/faostat/. Diakses tanggal 21 April 2022.
Gautama BH. 2019. Dampak penerapan kebijakan penerapan kebijakan bea keluar terhadap ekspor kakao Indonesia. Jurnal Pertanian. 11(2): 81-85.
[Kemenperin]. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2018. Analisis Perkembangan Industri Edisi III-2018. Jakarta Selatan: PUSDATIN KEMENPERIN.
Kotler P, Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran Ed ke-12. Jakarta (ID): Erlangga.
Madani AC, Rosiana N. 2022. Strategi bisnis restoran vegetarian Bite N Chat pada kondisi pandemi covid 19 dalam meningkatkan pasar konsumen. Forum Agribisnis (Agribusiness Forum). 12 (1): 23-34.
Meilia, IF. 2020. Analisis Perkembangan Kakao dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Biji Kakao di Indonesia [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Murtiningrum, Bantacu T. 2016. Review: Potensi dan arah penegmbangan agroindustri berbasis kakao di provinsi Papua Barat. AGROINTEK. 10 (1): 1-11.
Rosiana N. 2020. Dinamika pola pemasaran kopi pada wilayah sentra produksi utama di Indonesia. Jurnal Agrosains dan Teknologi. 5(1): 1-10.
Syafri E, Rahmaddiansyah, Romano. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Produk Coklat (Studi Kasus Pada Usaha Cilet Coklat di Kota Banda Aceh). Journal of Departemen Agribusiness, Faculty of Agriculture University Syiah Kuala Vol. 5, No. 4.
Satrawati. 2018. Strategi Pemasaran Biji Kakao dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Salu Paremang Selatan Kec. Kamanre Kab. Luwu) [skripsi]. Luwu (ID) : IAIN PALOPO.
Sugiarti Y, Rosiana N. 2020. Preferensi konsumen dalam mengonsumsi produk nugget olahan ampas tahu di Bogor dan implikasinya terhadap strategi pemasaran (studi kasus produk nugget okara). Jurnal Bisnis Tani. 6(1): 1-15.