ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KAKAO PABRIK MINI CHOKATO

Main Article Content

Nia Rosiana
Febby Arya Bintama

Abstract

Pabrik Mini Chokato merupakan salah satu industri di Kota Payakumbuh yang telah mampu memproduksi berbagai macam produk lanjutan dari kakao. Pabrik Mini Chokato saat ini produksi pabrik masih dalam skala kecil, sehingga permintaan produk dengan skala besar pabrik belum dapat mengimbanginnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis keadaan bauran pemaaran produk olahan kakao, mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan, dan merumuskan alternatif strategi bagi kegiatan pemasaran produk Pabrik Mini Chokato. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi strategi. Alat analisis yang digunakan adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan AHP. Hasil analisis matriks IFE Pabrik Mini Chokato memiliki empat kekuatan dan lima kelemahan, dan pada matriks EFE Pabrik Mini chokato memiliki lima peluang dan empat ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks IE, Pabrik Mini Chokato berada pada posisi tumbuh dan bina. Berdasarkan analisis matriks SWOT didapatkan enam alternatif strategi. Prioritas strategi yang dihasilkan dari analisis hirarki proses adalah merencanakan volume produksi yang lebih optimal agar total biaya produksi efisien sehingga meminimalkan resiko dan harga dapat bersaing di pasar.

Article Details

How to Cite
Nia Rosiana, & Arya Bintama, F. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KAKAO PABRIK MINI CHOKATO. JURNAL AGRIBISAINS, 9(1), 15–27. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AGB/article/view/6485
Section
Articles

References

Asmarantaka RW, Atmakusuma J, Muflikh YN, Rosiana N. 2017. Konsep pemasaran agribisnis: pendekatan ekonomi dan manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia. 5 (2): 151-172

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Statistik Kakao Indonesia 2020 [internet]. [diunduh 2022 Oktober 16]Tersediapada:https://www.bpsgo.id/publication/2021/11/30/a553dc1b3648d2f5cdad1789/statistik-kakao-indonesia-2020.html

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Kakao Indonesia 2019 [internet]. [diunduh 2021 Oktober 07]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/publication/2020/12/02/2ac5a729f43e5f6b666e482d/statistik-kakao-indonesia-2019.html

David, F. R. 2009. Strategic management, 12th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

[FAO] Food And Agriculture. 2020. Land Use Agriculture. http://www.fao.org/faostat/. Diakses tanggal 21 April 2022.

Gautama BH. 2019. Dampak penerapan kebijakan penerapan kebijakan bea keluar terhadap ekspor kakao Indonesia. Jurnal Pertanian. 11(2): 81-85.

[Kemenperin]. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2018. Analisis Perkembangan Industri Edisi III-2018. Jakarta Selatan: PUSDATIN KEMENPERIN.

Kotler P, Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran Ed ke-12. Jakarta (ID): Erlangga.

Madani AC, Rosiana N. 2022. Strategi bisnis restoran vegetarian Bite N Chat pada kondisi pandemi covid 19 dalam meningkatkan pasar konsumen. Forum Agribisnis (Agribusiness Forum). 12 (1): 23-34.

Meilia, IF. 2020. Analisis Perkembangan Kakao dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Biji Kakao di Indonesia [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Murtiningrum, Bantacu T. 2016. Review: Potensi dan arah penegmbangan agroindustri berbasis kakao di provinsi Papua Barat. AGROINTEK. 10 (1): 1-11.

Rosiana N. 2020. Dinamika pola pemasaran kopi pada wilayah sentra produksi utama di Indonesia. Jurnal Agrosains dan Teknologi. 5(1): 1-10.

Syafri E, Rahmaddiansyah, Romano. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Produk Coklat (Studi Kasus Pada Usaha Cilet Coklat di Kota Banda Aceh). Journal of Departemen Agribusiness, Faculty of Agriculture University Syiah Kuala Vol. 5, No. 4.

Satrawati. 2018. Strategi Pemasaran Biji Kakao dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Salu Paremang Selatan Kec. Kamanre Kab. Luwu) [skripsi]. Luwu (ID) : IAIN PALOPO.

Sugiarti Y, Rosiana N. 2020. Preferensi konsumen dalam mengonsumsi produk nugget olahan ampas tahu di Bogor dan implikasinya terhadap strategi pemasaran (studi kasus produk nugget okara). Jurnal Bisnis Tani. 6(1): 1-15.