ANALISIS MARJIN PEMASARAN KOPI DI DESA KOPIDIL KECAMATAN KABOLA KABUPATEN ALOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jagi.v8i1.5369Abstract
Salah satu aspek pemasaran yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan arus barang dari produsen ke konsumen adalah saluran pemasaran. Saluran pemasaran juga menentukan marjin keuntungan yang diterima oleh para petani, semakin panjang alur pemasaran semakin banyak lembaga pemasaran yang menikmati marjin keuntungan dari petani dan konsumen, oleh karena itu dilakukan penelitian tentang analisis marjin pemasaran kopi di desa Kopidil. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan wawancara langsung pada 63 petani responden dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian Saluran pemasaran kopi di Desa Kopidil diketahui bahwa terdapat 3 saluran pemasaran kopi yang dilakukan yaitu : Saluran I : Petani– konsumen, Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul – Konsumen dan Saluran III : Petani– Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen dan Marjin pemasaran kopi di Desa Kopidil untuk Saluran Pemasaran II adalah Rp. 95.636,36 sedangkan pada saluran pemasaran III marjin pemasarannya adalah Rp. 396.000. Dengan demikian terdapat selisih marjin pada saluran pemasaran II dengan marjin pada saluran pemasaran III sebesar Rp. 300.363,64/kg.
References
Adi, A.F.R., YOESTINI, Y., 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang).
Agustina, R., Raharjo, B.B., 2015. Faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi usia produktif (25-54 tahun). Unnes Journal of Public Health 4.
BPS Alor. 2019. Alor Dalam Angka 2018. BPS Kabupaten Alor. Dinas Perkebunan Kabupaten Alor. 2018
Ferdinand, A., 2014. Metode Penelitian Manajemen edisi kelima. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.
Latuan, E., Maure, G., Kamaleng, M., 2021. MARJIN PEMASARAN KELAPA DI DESA PAILELANG KECAMATAN ALOR BARAT DAYA. Partner 26, 1562–1570.
Sholikhah, A., 2021. PENGARUH KARAKTER INDIVIDU DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD JOMBANG (Studi Pada Pegawai ASN).
Sopamena, J.F., 2020. Women and Onion Farming in Lakor Island, Southwest Maluku Regency. SOCA (Jurnal Sosial Ekonomi) Vol 14, 265–274.
Widiastuti, N., Harisudin, M., 2013. Saluran dan marjin pemasaran jagung di Kabupaten Grobogan. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 9.
Zainura, U., Kusnadi, N., Burhanuddin, B., 2016. Perilaku Kewirausahaan Petani Kopi Arabika Gayo di Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Jurnal Penyuluhan 12, 126–143.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL AGRIBISAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal AgribiSains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work