ANALISIS MARJIN PEMASARAN KOPI DI DESA KOPIDIL KECAMATAN KABOLA KABUPATEN ALOR

Main Article Content

Emirensiana Latuan

Abstract

Salah satu aspek pemasaran yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan arus barang dari produsen ke konsumen adalah saluran pemasaran.  Saluran pemasaran  juga menentukan marjin keuntungan yang diterima oleh para petani, semakin panjang alur pemasaran semakin banyak lembaga pemasaran  yang  menikmati marjin keuntungan dari petani dan konsumen, oleh karena itu dilakukan penelitian tentang analisis marjin pemasaran kopi di desa Kopidil. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan wawancara langsung pada 63 petani responden dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian Saluran pemasaran kopi di Desa Kopidil diketahui bahwa terdapat 3 saluran pemasaran kopi yang dilakukan yaitu : Saluran I : Petani– konsumen, Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul – Konsumen dan Saluran III : Petani– Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen dan Marjin pemasaran kopi di Desa Kopidil untuk Saluran Pemasaran II  adalah Rp. 95.636,36 sedangkan pada saluran pemasaran III marjin pemasarannya adalah Rp. 396.000. Dengan demikian terdapat selisih marjin pada saluran pemasaran II dengan marjin pada saluran pemasaran III sebesar Rp. 300.363,64/kg.

Article Details

How to Cite
Latuan, E. (2022). ANALISIS MARJIN PEMASARAN KOPI DI DESA KOPIDIL KECAMATAN KABOLA KABUPATEN ALOR. JURNAL AGRIBISAINS, 8(1), 40–45. https://doi.org/10.30997/jagi.v8i1.5369
Section
Articles

References

Adi, A.F.R., YOESTINI, Y., 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang).

Agustina, R., Raharjo, B.B., 2015. Faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi usia produktif (25-54 tahun). Unnes Journal of Public Health 4.

BPS Alor. 2019. Alor Dalam Angka 2018. BPS Kabupaten Alor. Dinas Perkebunan Kabupaten Alor. 2018

Ferdinand, A., 2014. Metode Penelitian Manajemen edisi kelima. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.

Latuan, E., Maure, G., Kamaleng, M., 2021. MARJIN PEMASARAN KELAPA DI DESA PAILELANG KECAMATAN ALOR BARAT DAYA. Partner 26, 1562–1570.

Sholikhah, A., 2021. PENGARUH KARAKTER INDIVIDU DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD JOMBANG (Studi Pada Pegawai ASN).

Sopamena, J.F., 2020. Women and Onion Farming in Lakor Island, Southwest Maluku Regency. SOCA (Jurnal Sosial Ekonomi) Vol 14, 265–274.

Widiastuti, N., Harisudin, M., 2013. Saluran dan marjin pemasaran jagung di Kabupaten Grobogan. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 9.

Zainura, U., Kusnadi, N., Burhanuddin, B., 2016. Perilaku Kewirausahaan Petani Kopi Arabika Gayo di Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Jurnal Penyuluhan 12, 126–143.