PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DI MADRASAH ALIYAH

Baharudin Salam, Mustholah Ma’ufur

Abstract


Guru merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam sistem pendidikan dan kinerja guru merupakan hasil pencapaian dari seorang guru yang menentukan kualitas pendidikan tersebut. Guru dalam menghasilkan kinerjanya tidak akan terlepas dari budaya kerja yang diterapkan di suatu lembaga pendidikan. Maka dari itu, budaya kerja akan mempengaruhi kinerja guru.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara budaya kerja terhadap kinerja guru bersertifikasi dalam PBM (proses belajar mengajar). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional fungsional. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus. Penelitian ini dilakukan di MA Daarul ‘Uluum Lido Cigombong Bogor dengan respondennya adalah tujuh belas guru bersertifikasi. Adapun teknik pengambilan data adalah kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas ahli dan uji validitas. Realibilitas data menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakani adalah uji normalitas dan uji linearitas. Untuk uji hipotesis dilakukan dengan regresi linier sederhana. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan signifikansi persamaan regresi dengan hasil nilai thitung  4,631 dan ttabel dengan pada taraf kesalahan 5% dk = 17-1 = 16  adalah 1,746 pada taraf 5%. Dengan demikian thitung> ttabel (4,631 > 1,746) sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya kerja terhadap kinerja guru bersertifikasi. Koefisien determinasi yaitu 0,7672 = 0,588 dengan demikian kinerja guru dalam proses belajar mengajar sebesar 58,8% dipengaruhi oleh budaya kerja, sedangkan 41,2% kinerja guru bersertifikasi dipengaruhi faktor lain. 

 


Keywords


budaya kerja, kinerja guru bersertifikasi

Full Text:

PDF

References


Arifin Z. 2012. Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Barnawi dan M Arifin. 2012. kinerja guru profsional instrumen pembinaan, peningkatan dan penilaian. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Darodjat TA. 2015. Pentingnya budaya kerja tinggi dan kuat absolute. Rineka Aditama, Bandung.

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. 2012. Pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru: pembinaan dan pengembangan profesi guru buku 2. Diakses dari www.slideshare.net/purdiyanto/penilaian-kinerjaguru-pkg pada tanggal 28 Desember 2016 pukul 11.03 WIB.

Kunandar. 2007. Guru profesional: implementasi KTSP dan sukses dalam sertifikasi guru. Edisi revisi ke-7. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Mangkunegara AP. 2013. Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ndraha T. 2005. Teori budaya organisasi. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Supardi. 2012. Aplikasi statistika dalam penelitian. Ufuk Press, Jakarta.

Triguno. 2000. Budaya kerja (falsafah, tantangan, lingkungan yang kondusif, kualitas dan pemecahan masalah). Golden Terayon Press, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2579-4876

E-ISSN 2579-3470