PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DI MADRASAH ALIYAH

Baharudin Salam, Mustholah Ma’ufur, Sobrul Laeli

Abstract


Guru merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam sistem pendidikan dan kinerja guru merupakan hasil pencapaian dari seorang guru yang menentukan kualitas pendidikan tersebut. Guru dalam menghasilkan kinerjanya tidak akan terlepas dari budaya kerja yang diterapkan di suatu lembaga pendidikan. Maka dari itu, budaya kerja akan mempengaruhi kinerja guru.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara budaya kerja terhadap kinerja guru bersertifikasi dalam PBM (proses belajar mengajar). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional fungsional. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus. Penelitian ini dilakukan di MA Daarul ‘Uluum Lido Cigombong Bogor dengan respondennya adalah tujuh belas guru bersertifikasi. Adapun teknik pengambilan data adalah kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas ahli dan uji validitas. Realibilitas data menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakani adalah uji normalitas dan uji linearitas. Untuk uji hipotesis dilakukan dengan regresi linier sederhana. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan signifikansi persamaan regresi dengan hasil nilai thitung  4,631 dan ttabel dengan pada taraf kesalahan 5% dk = 17-1 = 16  adalah 1,746 pada taraf 5%. Dengan demikian thitung> ttabel (4,631 > 1,746) sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya kerja terhadap kinerja guru bersertifikasi. Koefisien determinasi yaitu 0,7672 = 0,588 dengan demikian kinerja guru dalam proses belajar mengajar sebesar 58,8% dipengaruhi oleh budaya kerja, sedangkan 41,2% kinerja guru bersertifikasi dipengaruhi faktor lain. 

KATA KUNCI: budaya kerja, kinerja guru bersertifikasi.

 

THE INFLUENCE OF WORK CULTURE TOWARD TEACHER CERTIFIED PERFORMANCE IN TEACHING AND LEARNING IN MADRASAH ALIYAH


ABSTRACT

Teacher is the most important element in the system of education and teacher performance is the achievement of a teacher that determines the quality of the education. In producing the performance will not be separated from the culture that is applied in an educational institution. Hence, the work culture will affect the performance of teacher. This study aims to find out is there any influence between the work culture on the performance of certified teachers in the learning process. This study uses a quantitative approach to the functional correlation type. The sample in this study used a sample of saturated or census. This research was conducted in MA Daarul ‘Uluum Lido Cigombong Bogor with seventeen respondents are certified teachers. The data collection techniques of research were questionnaires, interviews, observation and documentation. The validity of the data using expert validity and test validity. Data reliability using Cronbach's Alpha technique. Test requirements analysis in this study is a test for normality and linearity test. To test the hypothesis using simple linear regression. The final results of this study demonstrate the significance of the regression equation with the results tcount 4.631 and ttable with the standard error of 5% dk = 17-2 = 16 was 1,746 at 5% level. Thus tcount > ttable (4,631 > 1,746) so that H0 is rejected, meaning that a significant difference between the work culture on the performance of certified teachers in the learning process. The coefficient of determination is 0.7672 = 0.588 thus the performance of teachers in the learning process 58,8% influenced by the culture of work, while 41.2% interest in entrepreneurship learning is influenced by other factors.



Keywords


certified teacher performance, work culture.

Full Text:

PDF

References


Arifin Z. 2012. Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Barnawi dan M Arifin. 2012. kinerja guru profsional instrumen pembinaan, peningkatan dan penilaian. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Darodjat TA. 2015. Pentingnya budaya kerja tinggi dan kuat absolute. Rineka Aditama, Bandung.

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. 2012. Pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru: pembinaan dan pengembangan profesi guru buku 2. Diakses dari www.slideshare.net/purdiyanto/penilaian-kinerjaguru-pkg pada tanggal 28 Desember 2016 pukul 11.03 WIB.

Kunandar. 2007. Guru profesional: implementasi KTSP dan sukses dalam sertifikasi guru. Edisi revisi ke-7. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Mangkunegara AP. 2013. Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ndraha T. 2005. Teori budaya organisasi. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Supardi. 2012. Aplikasi statistika dalam penelitian. Ufuk Press, Jakarta.

Triguno. 2000. Budaya kerja (falsafah, tantangan, lingkungan yang kondusif, kualitas dan pemecahan masalah). Golden Terayon Press, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30997/jtm.v1i1.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TADBIR MUWAHHID

P-ISSN 2579-4876      E-ISSN 2579-3470

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently, Tadbir Muwahhid indexed by:   

          

 

 

 

 

 

 

View My Stats

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.