HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI RANCAMAYA GOLF DAN COUNTRY CLUB DI KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jk.v1i1.117Abstract
Penelitian ini memusatkan perhatian pada hubungan komunikasi interpersonal petugas reservasi golf dengan pelanggan pada saat melakukan reservasi. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kekuatan kredibilitas petugas reservasi golf di Rancamaya Golf and Country Club, (2) untuk mengetahui kepuasan pelanggan di Rancamaya Golf and Country Club, dan (3) untuk mengetahui hubungan kredibilitas petugas reservasi dengan kepuasan pelanggan Rancamay Golf and Country Club. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kekuatan kredibilitas petugas reservasi dalam komunikasi interpersonal untuk kategori ethos, pathos, logos, dan kompetensi termasuk kategori sangat baik. (2) Kepuasan Pelanggan dinilai berdasarkan keandalan, empati, dan daya tanggap dinilai sangat baik. (3) Kekuatan kredibilitas petugas reservasi dalam komunikasi interpersonal berhubungan positifdan signifikasi dengan kepuasan pelanggan Rancamaya Golf and Country Club dengan korelasi sebesar 0,79211, termasuk dalam kategori kuat. Kata Kunci: Kekuatan Kredibilitas Komunikator, Kepuasan Pelanggan.References
Cangara H. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.
Kotler P dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat. Tjiptono F. 2004. Manajemen Jasa, Andi. Yogyakarta. ______________. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Venus A. 2004. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Wells WD dan Prensky D. 1996. Consumer Behaviour. New York: John Wiley & Sons
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.
Kotler P dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat. Tjiptono F. 2004. Manajemen Jasa, Andi. Yogyakarta. ______________. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Venus A. 2004. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Wells WD dan Prensky D. 1996. Consumer Behaviour. New York: John Wiley & Sons
Downloads
Published
2017-03-21
How to Cite
Nuraeni, N., Sukarelawati, S., & Fitriah, M. (2017). HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI RANCAMAYA GOLF DAN COUNTRY CLUB DI KABUPATEN BOGOR. JURNAL KOMUNIKATIO, 1(1). https://doi.org/10.30997/jk.v1i1.117
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work