Metode Muhaddatsah pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Main Article Content

Naja Alwi An-Najaa

Abstract





Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman dan hafalan mufradat dari mahasiswa bahasa dan sastra arab UIN Tulungagung pada mata kuliah kalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Objek yang dikaji adalah di UIN Tulungagung. Teknik yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam menerapkan metode muhaddatsah, dosen memberikan materi tentang hiwar (dialog), kemudian  mahasiswa membuat kelompok atau pasangan sebagai partner untuk berdiskusi terlebih dahulu membuat atau menghafal percakapan dan ekspresi dialognya, selanjutnya dipraktikkan oleh mahasiswa di luar kelas, seperti: di halaman kampus, perpustakaan, dan lain-lain. (2) Berbagai problematika yang dihadapi oleh mahasiswa adalah minimnya pemahaman dan hafalan mufradat dari mahasiswa, selain itu diantara dari mereka ada juga yang berasal dari sekolah umum yang sama sekali belum paham tentang bahasa arab, (3) Adapun solusi untuk mengatasi problematika tersebut yaitu disaat mata kuliah kalam, dosen selalu mengajak mahasiswa untuk belajar praktik di luar kelas. Kemudian mahasiswa dituntut untuk menghafal sekaligus memperbanyak pembendaharaan mufradat, dan belajar membuat kalimat sesuai dengan gramatikal bahasa arab.





Article Details

How to Cite
An-Najaa, N. A. (2023). Metode Muhaddatsah pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 102–111. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8929
Section
Articles

References

Julianti, Susilawati, D. R. M. (2022). Penggunaan Metode Dialog (Muhawaroh) dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII di MTs Daarul Ma’arif Purwakarta. Kalamuna, 3(2).

Kaharuddin, K. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1).

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2).

Khoiriyah, H. (2019). Metode Qirā’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Menengah. Shaut Al Arabiyyah, 7(2).

Mustofa, M. A. (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2).

Mutia. (2020). Pembelajaran Akselerasi. FITRAH, 2(2).

Rokhhmatulloh, N. (2017). STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Metode Pembelajaran Bahasa Arab. 8(1).

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Sofia Agustina, E. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1).