Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam di Ma'had Aly Ar-Rasyid Wonogiri: Tinjauan Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Media Akses Ilmu Agama

Main Article Content

achmad mustofa
Moh. Abdul Kholiq Hasan

Abstract





Pendidikan Islam di Ma'had Aly Ar-Rasyid Wonogiri memiliki perhatian khusus terhadap pembelajaran Bahasa Arab sebagai sarana untuk mempelajari dan memahami ajaran agama Islam. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan peran Bahasa Arab dalam pendidikan Islam di Ma'had Aly Ar-Rasyid Wonogiri, dengan penekanan pada pembelajaran Bahasa Arab sebagai media akses ilmu agama.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Arab memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan Islam di Ma'had Aly Ar-Rasyid Wonogiri. Pertama, Bahasa Arab menjadi jembatan antara para santri dengan sumber-sumber ajaran agama Islam.Kedua, Bahasa Arab membantu para santri dalam memahami dan menginterpretasikan teks-teks agama.Ketiga, Bahasa Arab berperan sebagai media komunikasi dalam praktik keagamaan. Para santri dapat menggunakan Bahasa Arab dalam melaksanakan ibadah, berdoa, dan berdzikir, sehingga memperkuat ikatan spiritual mereka dengan agama. Selain itu, pembelajaran Bahasa Arab juga membantu para santri dalam berinteraksi dengan komunitas Muslim global dan mengakses pengetahuan agama yang diproduksi dalam bahasa Arab di seluruh dunia.





Article Details

How to Cite
mustofa, achmad, & Moh. Abdul Kholiq Hasan. (2023). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam di Ma’had Aly Ar-Rasyid Wonogiri: Tinjauan Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Media Akses Ilmu Agama. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 88–94. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8642
Section
Articles

References

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kauntitatif. In Aswaja Pressindo.

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.39-56

Awaluddin, A. F. (2022). HUBUNGAN ANTARA PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. 3(2), 70–87.

Cahya Edi Setyawan, & Khairul Anwar. (2020). Peran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Sebagai Urgensitas Mengahadapi Revolusi Industri 4.0. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.571

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K, M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitattif. Syakir Media Press.

Salim, L. (2015). Peranan Bahasa Arab Terhadap Ilmu Pengetahuan. Adabiyah, 15(2), 168–176.

Wangsadanureja, M. (2017). Peran bahasa arab dalam memahami pendidikan agama islam dengan pendekatan berfikir. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 33–48.