Analisis Materi Sintaksis dalam Kitab Jurumiyah bagi Pemula di Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda

Main Article Content

Tiara Atikah
Maman Abdurrahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mampu mengetahui materi dalam kitab jurumiyah yang diajarkan pada pemula di pondok pesantren Tarbiyatul Huda; 2) Mampu mengetahui kesesuaian materi dalam kitab jurumiyah bagi pemula di pondok pesantren Tarbiyatul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian observasional melalui wawancara tentang penelitian deskriptif, sumber data primer berasal dari guru atau pengajar di pondok pesantren Tarbiyatul Huda. Dan penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam memperoleh data yaitu dengan observasi langsung dan wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pemadatan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Maka hasil penelitian ini menunjukkan: Bahwa materi dalam kitab jurumiyah ini terdiri dari beberapa bab yaitu: dua puluh enam bab, diantaranya: bab Kalam, bab i'rab, bab ma'rifatu 'alamatil I'rab, bab fashlun , af' bab al, bab marfu'atil asma, bab fa'il, dan seterusnya. Namun dari beberapa bab tersebut, ada tiga bab yang lebih fokus disampaikan kepada para pemula, yaitu: Bab Kalam, Bab I’rab, dan Bab Ma’rifatul ‘alamatil I’rab. Kemudian, kesesuaian materi dalam kitab jurumiyah bagi pemula dapat disimpulkan cocok, sehingga materi dalam kitab jurumiyah bisa digunakan sebagai bahan ajar bagi pemula.

Article Details

How to Cite
Atikah, T., & Maman Abdurrahman. (2023). Analisis Materi Sintaksis dalam Kitab Jurumiyah bagi Pemula di Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 76–87. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8629
Section
Articles

References

Abidah, Z., Rohman, M. H., & Fahmi, D. (2022). PENDAMPINGAN MAJELIS AL-FIKR MELALUI PROGRAM KITAB JURUMIYAH. 02, 18–27.

Aliyah. (2018). "Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning", At-Ta’rib, 6.1, 1–25.

Amirudin, A. A. (2022). Analisis Materi dan Pembelajaran Dalam Kitab Nahwu Jawan Magetan. Jurnal Ihtimam, 5(2), 88–103. https://doi.org/10.36668/jih.v5i2.410.

Andi Holilulloh, Mujawir Sayyid Mujawir Sakran, and Wail As-Sayyid. (2020). ‘Analisis Materi Dan Metode Sintaksis Arab Dalam Kitab An-Nahwu Al-Wadhih’. Al-Fathin, 3.2, 126–38.

Cahyani, A., & Hanani, N. (2022). Problematika Pembelajaran Kitab Jurumiyah Dalam Memahami Ilmu Nahwu Bagi Santri Ulul Albab Manisrenggo Kediri. Jurnal Al-Makrifat, 7(1), 100–120.

Gunawan, H., Suhartini, A., Nurshobah, A., & Rifa’i, I. (2020). Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah Dalam Kitab Al-Jurumiyah. Dialog, 41(2), 237–248. https://doi.org/10.47655/dialog.v41i2.305

Harahap, L., & Zainuddin, D. (2023). Model Pembelajaran Kitab Al-Jurumiyah di Pondok Pesantren. Journal on Education, 5(3), 9990–9999. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1879

Holimi, M. (2022). Implementasi kitab jurumiyah pada santri kelas 4 madrasah diniyah sunan kalijogo jabung. Muhadasah, 4(2), 63–73.

Isnainiyah. (2019). Pengembangan Kitab Matan Al-Jurumiyah Dengan Pendekatan Induktif Untuk Siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Prociding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III, 3(1), 1–20.

Making & Hamsinar. (2017) “"فعالية استعملا متن الاجرومية لتعليم علم النحو فى معهد دار القرأن التقوىجمفوى, Al-Ishlah, XV.2.

Mu’izzuddin, M. (2019). Implementasi Metode Qiyasiyah terhadap Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Al-Jurumiyah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(01), 93. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1608

Murtafiah, N. H. (2021). Efektivitas penerapan Metode Sorogan Kitab Al Jurumiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. An Nida, 1(1), 18–25.

Nadine Martin and others. (2022) ”Neuroscience and Biobehavioral Reviews Language Learning in Aphasia : A Narrative Review and Critical Analysis of the Literature with Implications for Language Therapy”, Elsevier, 141. 9

Rachman, M. T., Rahim, F., & Mardiana, D. (2022). JURNAL PENDIDIKAN ISLAM Urgensi Penerapan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran Materi Keislaman Perspektif Behavioristik : Studi pada SMA ‘ Aisyiyah Boarding School Malang. 13(2), 57–65.

Solihin, I., D. A. N. A. (2017). Strategi Pembelajaran Nahwu Di Pesantren Ciloa Garut. Jurnal Al-Tsaqafa, 14, 372.