Implementasi Penggunaan Media Gambar dalam Memahami Isim Isyarah di Kelas 5 SD Insan Kamil Bogor

Authors

  • Didin Syamsudin Didin
  • Siti Salma Nadhira Aulia Hidayat Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i2.7992

Keywords:

Implementasi, Isim Isyarah, Media Gambar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media gambar dalam pembelajaran nahwu terutama dalam pembahasan isim isyarah disekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengenal isim isyarah lebih dalam serta untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dalam memahami isim isyarah dapat efektif digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis isi dan observasi langsung. Analisis isi digunakan dalam mengumpulkan data dari penelitian-penelitian terdahulu dengan menelaah, memahami serta menyimpulkan isi penelitian tersebut secara mendalam. Sedangkan observasi langsung dilakukan untuk mengamati secara langsung bagaimana implementasi penggunaan media gambar di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media gambar dalam memahami isim isyarah ini sangat efektif untuk digunakan di kelas V SD Insan Kamil Bogor. Selain efektif, media gambar juga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.

References

Abudzar Al Qifari. 2022. “Nakirah Dan Ma’rifah Fii Al-Qur’an.” ALAUDDIN: Jurnal Shaut Al-’Arabiyah 10. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/29432/15101.

Al-Azhariy, Wahyu. 2019. Juz 1 Trilogi Ilmu Alat المبسوط. Pustaka Bait Syariah Indonesia.

Andriani, Asna. 2015. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” TA’ALLUM 3. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/article/view/335/269.

Fidri, Muhammad, Muhammad Suib, Domi Saputra, and Nurhayati. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal As-Said 2.

Furoidah, Asni. 2020. “Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Fusha: Arabic Language Education Journal 2.

Haris, Abdul. 2013. Tanya Jawab Gramatika Bahasa Arab. ed. Moh. Syifa’ul Hisan. STAIN Jember Press.

Kusbandhono, Erryk. 2012. Ilmu Nahwu Dasar: Cara Mudah Memahami Ilmu Nahwu. Pustaka Al-Kayyis.

Mu’minin, Iman Saiful. Kamus Ilmu Nahwu & Sharaf.

Mukmin, Muhammad. 2021. “Ikhtilaf Al-I’rab Dalam Al-Qur’an Surah Al-Insan Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Tsanawiyah.” TATSQIFIY: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2.

Primaningtyas, Mega. 2018. “Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 1.

Razin, Abu, and Ummu Razin. 2017. Ilmu Sharafuntuk Pemula.

Salim, Latifah. 2017. “Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Bahasa Arab.” Diwan 3. https://web.archive.org/web/20180419001222id_/http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/diwan/article/viewFile/2928/pdf.

Sholeh, Badrus. 2017. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Kelas 4 MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan.” Studi Arab 8. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-Arab/article/view/1755/1385.

Taubah, Miftachul. 2019. “Maharah Dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 10.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Didin, D. S., & Nadhira Aulia Hidayat, S. S. (2024). Implementasi Penggunaan Media Gambar dalam Memahami Isim Isyarah di Kelas 5 SD Insan Kamil Bogor. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 103–112. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i2.7992
Abstract viewed = 0 times