Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XII Agama MAN 1 Gresik

Main Article Content

Hilmiyatus Sholihah
Hisbullah Huda
Khoirun Nisa
Nur Alfin Nafidzatur Rifqiyah
Ajeng Alyatus Syafa’ah

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Agama di MAN 1 Gresik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan mengimplementasikan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran. Dengan mengimplementasikan model Jigsaw ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Agama MAN 1 Gresik yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Agama MAN 1 Gresik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I  ketuntasan belajar siswa sebesar 12,12 % meningkat menjadi 69,69% pada siklus II.

Article Details

How to Cite
Sholihah, H., Huda , H. ., Nisa, K. ., Alfin Nafidzatur Rifqiyah, N. ., & Alyatus Syafa’ah, A. (2023). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XII Agama MAN 1 Gresik. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 63–75. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.7108
Section
Articles

References

Abdullah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 34–38.

Akmalia, A., & Cahyani, N. D. (2021). Strategi Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, 1, 432–444.

Al-arabiyat, T., Kajian, J., Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Jigsaw Learning Di Kelas X MA Al-Khairaat Buntulia., Pendidikan, I., & Arab, B. (2022). 1 , 2 , 3. 2(2), 155–167.

Bamu, S. A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Jigsaw Learning Di Kelas X MA Al-Khairaat Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1201. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1201-1206.2021

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Lubis, N. A., & Hasrul Harahap. (2014). Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW. Jurnal As-Salam,1(1), 67–84.

MIKRAYANTI, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 33–39. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.355

Mustamiin, M. Z. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS di Tinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1, 65–76.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Syaifullah, M. (2017). Pembelajaran Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab (Qowa’Id) Mahasiswa Perbankan Syari’Ah Iaim Nu Metro Lampung Tahun 2017. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(2), 177–208. https://doi.org/10.21274/ls.2017.9.2.177-208

ZAINAB, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Berbicara Siswa Kelas XI Man 2 Kota Bima. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 4(2), 1–14. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i2.346