Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri

Main Article Content

AISYAH RAHMANI
Indi Hik Salistia
Najwa Hizriani

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran tentang Bahasa Arab yang digunakan disalah satu pondok pesantren yang ada di Lombok, yakni pondok pesantren Nurul Hakim, Kediri. Metode yang kami gunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan teknik observasi dari salah satu alumni pondok pesantren Nurul Hakim, Kediri. Kemudian hasil yang kami dapatkan adalah tidak jauh perbedaannya dari pondok-pondok pesantren tradisional atau modern lainnya, yang mewajibkan para santri untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab. Pondok pesantren Nurul Hakim lebih mengedepankan berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab daripada mempelajari gramatikal dalam Bahasa Arab seperti Nahwu dan Shorof. Melalui mufrodat,  hiwar dan pembelajaran yang lainnya menjadi alat untuk mereka gunakan dalam berkomunikasi setiap hari. Ketika mereka berbicara menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, justru hal tersebut akan menyebabkan mereka  mendapatkan sanki yang berlaku di pondok pesantren tersebut namun masih banyak ternyata yang menggunakan bahasa daerah di belakang para mudabbir/mudabbiroh, namun mereka tetap dikenakan sanki karena ada yang selalu mengawasi mereka setiap hari.


Kata kunci: Bahasa Arab, Metode Pembelajaran dan Pesantren Nurul Hakim

Article Details

How to Cite
RAHMANI, A., Salistia, I. H., & Hizriani, N. . (2023). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.7100
Section
Articles

References

Arsyad, M. Husni.2019. Metode-metode pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.Vol.7 No 1

Asyi`ari, M. 2018. Metode, Sistem Dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab Yang Inovatif. Insitut Agama Islam Negeri ( IAIN ), Sulawesi Tengah. Vol.20 No.02

As`ari, Diah Rahmawati. Strategi Dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Mahasiswa Magister Keguruan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang.

Baroroh, R. Umi dan Rahmawati Fauziyah Nur. 2020. Metode-metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Resptif. UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, Indonesia. Vol.9, No.2

Kusuma, Alam Budi.2018. Pendekatan Dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol.1 No 1

Maskur Abu dan Anto Puji. 2018. Metode Pembelajaran Bahasa Asing Arab Di Pondok Pesantren Moderen ( Studi Kasus Dipondok Pesantren Roudlotul Qurro Cirebon ). Faktultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 01 No.1

Nurkholis.2017. Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Tradisional. Insitut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Metro. Vol10 No.02

Rokhhmatulloh, Nur. 2017. Metode Pembelajaran Bahasa arab. Universitas Yudharta Pasuruan. Vol.8. No.1

Rozak, Abd. 2018. Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren di Rangkasbitung Banten. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia. Jurnal of Arabic Studies.

Tolinggi, Syindi Oktaviani R. 2020. Model Pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Salafi dan Khalafi : Studi Perbandingan terhadap Pesantren Salafiyah Syafi`iyah Pohuwanto dan Pesantren Hubolo Tapa.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia. Jurnal Bahasa. Vol.5 No.1