Permainan teka teki silang dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kitabab

Main Article Content

Rofiatul Azizah

Abstract

Bahasa Arab memiliki empat keterampilan bahasa. keterampilan menulis (maharah al-kitabah) merupakan salah satu dari empat keterampilan bahasa yang mengungkapkan atau mendeskripsikan isi pikiran dari yang sederhana hingga pada hal yang kompleks. Pada tingkat sekolah dasar indikator pencapaian dalam keterampilan menulis yaitu mampu menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna, mampu menyempurnakan kalimat dari mufrodat, mampu menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia, menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab. Sehingga diperlukan media permainan yang menyenangkan saat kegiatan pembelajaran. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat media pembelajaran bahasa Arab menggunakan permainan teka-teki silang (TTS). Melalui media permainan TTS siswa dapat menuliskan huruf dari sebuah kata bahasa Arab yang terpisah, dengan demikian siswa dapat menuliskan dan mengetahui susunan huruf yang benar dari kata bahasa Arab tersebut. Sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dan menghasilkan suatu produk media pembelajaran yang menarik.

Article Details

How to Cite
Rofiatul Azizah. (2022). Permainan teka teki silang dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kitabab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 117–129. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/6119
Section
Articles

References

Amalia, Nur dan Nur Hidayat.2018. ALBIDAYAH: Jurnal Pendidikan

Dasar Islam, 10 (01). (Online),

(https://media.neliti.com),

diakses 20 Maret 2020.

Arsyad, Azhar. 2007. Media

Pembelajaran. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Khalilullah, M. (2017). Permaianan Teka

Teki Silang Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Arab

(Mufrodat). Jurnal Pemikiran

Islam, 37(1), 22.

Khalilullah, M. (2012). Permainan TekaTeki Silang sebagai Media dalam

Pembelajaran Bahasa Arab

(Mufradat). Jurnal Pemikiran

Islam , 37 (1), 15-25.

Munir. (2017). Perencanaan Sistem

Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta:

Kencana.

Putri Kumala Dewi dan NI Budiana, "Media

Pembelajaran BahasaI : Aplikasi Teori

Belajar dan StategiPengotimalan

Pembelajaran". (Malang: UB Prees,

, hlm, 4

Qolbiyah, R. “PERMAINAN TEKA

TEKI SILANG YOSIAP (AYO ISI AKU

DENGAN LENGKAP) UNTUK

PEMBELAJARAN MENULIS PADA

SISWA MADRASAH

IBTIDA’IYAH”, 2020, hal 149-150