Permainan teka teki silang dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kitabab

Main Article Content

Rofiatul Azizah

Abstract

Bahasa Arab memiliki empat keterampilan bahasa. keterampilan menulis (maharah al-kitabah) merupakan salah satu dari empat keterampilan bahasa yang mengungkapkan atau mendeskripsikan isi pikiran dari yang sederhana hingga pada hal yang kompleks. Pada tingkat sekolah dasar indikator pencapaian dalam keterampilan menulis yaitu mampu menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna, mampu menyempurnakan kalimat dari mufrodat, mampu menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia, menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab. Sehingga diperlukan media permainan yang menyenangkan saat kegiatan pembelajaran. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat media pembelajaran bahasa Arab menggunakan permainan teka-teki silang (TTS). Melalui media permainan TTS siswa dapat menuliskan huruf dari sebuah kata bahasa Arab yang terpisah, dengan demikian siswa dapat menuliskan dan mengetahui susunan huruf yang benar dari kata bahasa Arab tersebut. Sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dan menghasilkan suatu produk media pembelajaran yang menarik.

Article Details

How to Cite
Rofiatul Azizah. (2022). Permainan teka teki silang dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kitabab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 116–124. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6119
Section
Articles

References

Amalia, Nur dan Nur Hidayat.2018. AL- BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10 (01). (Online), (https://media.neliti.com), diakses 20 Maret 2020.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khalilullah, M. (2017). Permaianan Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab (Mufrodat). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 22.

Khalilullah, M. (2012). Permainan Teka- Teki Silang sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam , 37 (1), 15-25.

Munir. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana.

Putri Kumala Dewi dan NI Budiana, "Media Pembelajaran BahasaI : Aplikasi Teori Belajar dan StategiPengotimalan Pembelajaran". (Malang: UB Prees, 2018), hlm, 4

Qolbiyah, R. “Permainan Teka Teki Silang Yosiap (Ayo Isi Aku Dengan Lengkap) Untuk Pembelajaran Menulis Pada Siswa Madrasah Ibtida’iyah”, 2020, Hal 149-150