Pengaruh Metode Permainan Tebak Kata Terhadap Peningkatan Maharah Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Pada Peserta Didik Kelas VIII A Dan VIII B Excellent MTs Unggulan PP. Amantul Ummah Pacet, Mojokerto)

Main Article Content

muchammad ichwan

Abstract

Keterampilan berbicara (maharah kalam) merupakan salah satu keterampilan yang sulit dicapai oleh peserta didik karna berbagai macam faktor yang dihadapi saat proses belajar mengajar. Metode Permainan Tebak Kata menuntut. peserta. didik  untuk aktif, inovatif serta dilakukan secara menyenangkan sehingga memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa.Arab. Tujuan  dari penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil pembelajaran.maharah kalam bahasa. Arab sebelum penggunaan metode permainan. tebak kata pada kelas VIII MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto.(2) mengetahui hasil pembelajaran maharah kalam bahasa. Arab.dengan menggunakan. Metode.permainan tebak kata pada kelas VIII MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto.(3) mengetahui pengaruh metode permainan tebak kata untuk meningkatkan maharah kalam dalam pembelajaran Arab pada kelas VIII MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Metode yang. digunakan. dalam penelitian ini. adalah. pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi. Eksperimental yang pengumpulan datanya  menggunakan. teknik tes, dokumentasi, dan. Observasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat  peningkatan kemampuan berbicara (maharah kalam) secara signifikan menggunakan metode permainan tebak kata. Hal tersebut. bisa diperhatikan dari peningkatan nilai.. rata-rata post- test kelas eksperimen. Sebesar. 15,1% dari nilai. yang diperoleh  saat pre-test.

Article Details

How to Cite
muchammad ichwan. (2023). Pengaruh Metode Permainan Tebak Kata Terhadap Peningkatan Maharah Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Pada Peserta Didik Kelas VIII A Dan VIII B Excellent MTs Unggulan PP. Amantul Ummah Pacet, Mojokerto). Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 125–137. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.5071
Section
Articles

References

Alfauzan, Ibrahim. Idhoat Liamulili Al Lughah Al Arabiyah Li Ghoiri Al Nathiqina Biha. Riyadh: Al Mamlakah Al Arobiyyah Assu'udiyah, 2010.

Alwasilah, Chaedar. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Fakhrurrozi Aziz dan Erta Mahyudin . "Pembelajaran Bahasa Arab ." Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementrian Agama Ri , 2012: 239.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Muliawan, Jasa Ungguh. 45 Model Pembelajaran Spektakuler . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Nasution, Sakholid. Pengantar Linguistik Bahasa Arab. Sidoarjo: CV Lisan Arabi, 2017.

Nurbayan, Yayan. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Zein Al-Bayan, 2008.

Rin-rin Rosmayanti dan Nanang Kosim. "Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Bahasa Arab Melalui Cooperative Learning Tipe Tebek Kata ." Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education, 2018: 32.

Rosni Samah dan Mohd Fauzi Abdul Hamid. "Aktiviti Pengajaran Kemahiran Bertutur Bahasa Arab Dalam Kalangan Jurulatih Debat." jurnal language studies, 2013: 101.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Penerbit Afabeta, 2013.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa . Kamus Bahasa Indonesia . Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.